ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan File Sampah Xiaomi Biar Penyimpanan Lega!

Gadgetren – Salah satu langkah yang bisa dikerjakan saat perlu mengosongkan ruang penyimpanan internal pada berbagai ponsel buatan Xiaomi adalah membersihkan penumpukan file sampah.

Kalau dibiarkan secara terus-menerus, file sampah soalnya bisa tanpa kita sadari memenuhi memori internal. Penyimpanan pun bisa menjadi terasa sesak meski foto, video, aplikasi, dan data lainnya hanya sedikit.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita pun dapat membersihkan file sampah secara berkala. Kita dalam hal ini bisa melakukannya dengan memanfaatkan fitur bawaan ponsel Xiaomi tanpa bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

Cara Membersihkan File Sampah Xiaomi

  • Buka aplikasi Security.
  • Ketuk menu Cleaner.
  • Biarkan aplikasi memindai berkas yang bisa dibersihkan.
  • Pilih berkas sampah yang ingin dihapus.
  • Tekan tombol Clean up untuk mulai menghapus.

Sama seperti kebanyakan ponsel Android, perangkat buatan Xiaomi juga dilengkapi dengan fitur pembersih yang disebut dengan Cleaner. Kita secara khusus dapat menemukannya sebagai bagian dari aplikasi Security.

Fitur Cleaner ini tersedia baik pada antarmuka MIUI maupun HyperOS. Kita pun dapat memakainya untuk menghapus file sampah dari cache, berkas yang sudah usang, paket instalasi aplikasi, data sisa, hingga cache memori.

Sayangnya fungsi fitur Cleaner bawaan ponsel Xiaomi memang dibatasi, misalnya tidak dapat digunakan untuk menghapus berbagai berkas pada tong sampah aplikasi Gallery. Padahal terkadang juga dapat menghabiskan ruang penyimpanan cukup besar.

Menghapus Tong Sampah Gallery

  • Masuk ke aplikasi Gallery.
  • Buka tab Albums.
  • Cari bagian Organize photos.
  • Ketuk menu Deleted items.
  • Ketuk tombol Clear trash (ikon tong sampah).
  • Konfirmasi dengan mengetuk tombol Delete.

Bagi kamu yang belum tahu, foto atau video yang kita hapus dari Gallery ponsel Xiaomi tidak akan langsung menghilang secara permanen. Berkas-berkas tersebut hanya akan dipindahkan ke dalam tong sampah.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi mulai dari berkas yang tidak sengaja ikut terhapus hingga foto dan video yang ternyata masih diperlukan di kemudian hari. Jadi, kita nanti masih bisa memulihkannya dengan lebih mudah.

Meskipun penyimpanan berkas di tong sampah hanya dilakukan selama kurang dari 30 hari, media internal ponsel sayangnya masih bisa penuh karena hal ini. Kita pun perlu menghapusnya secara manual apabila ingin mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih luas.

Selain tidak dapat menghapus berkas di tong sampah, fungsi Cleaner di sisi lain juga tidak dapat digunakan untuk membersihkan berkas dalam kategori file lainnya. Kita makanya memerlukan beberapa langkah khusus yang perlu ditempuh secara manual.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar