ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengubah Dark Mode Telegram Agar Tampilan Hitam

Gadgtren – Dark Mode akan membuat tampilan aplikasi memiliki latar belakang hitam atau gelap sehingga dapat membantu penglihatan dalam kondisi redup atau malam hari.

Berkat latar belakang yang hitam atau gelap, mata akan lebih nyaman ketika membuka aplikasi atau konten karena layar tidak terlalu terang. Telegram pun sudah menyediakan fitur Dark Mode secara bawaan yang bisa diaktifkan oleh penggunanya.

Bisa dibilang kamu dapat dengan mudah mengubah tampilan Light Mode ke Dark Mode Telegram atau sebaliknya karena hanya cukup menekan tombol Bulan Sabit dan Bintang pada bagian kanan atas Profile Name.

Cara Mengubah Dark Mode Telegram

  1. Buka aplikasi Telegram.
  2. Login akun Telegram jika belum.
  3. Kamu akan masuk ke halaman Chats yang merupakan halaman utama.
  4. Tekan tombol More berikon tiga garis di bagian kiri atas.
  5. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Dark Mode berikon Bulan Sabit dan Bintang di bagian kanan atas Profile Name.

Pada saat fitur Dark Mode aktif, latar belakang aplikasi akan menjadi gelap atau hitam sehingga membuat kamu dapat menikmati konten di dalamnya dengan nyaman ketika kondisi lingkungan sekitar sedang redup atau malam hari.

Selain mengaktifkan fitur Dark Mode secara manual, kamu juga bisa mengaktifkan tampilan ini secara otomatis sesuai pada jam tertentu atau mengikuti pengaturan dari sistem ponsel.

Atur Jadwal Dark Mode Otomatis

  1. Pada halaman Chats, tekan tombol More berikon tiga garis di bagian kiri atas.
  2. Pada menu pop-up yang muncul, tekan tombol Settings.
  3. Klik menu Chat Settings.
  4. Gulir dan klik menu Auto-Night Mode.
  5. Lalu kamu dihadapkan pada menu Disabled, Scheduled, Adaptive, dan System Default.
  6. Pilih Adaptive agar Dark Mode akan aktif pada jam tertentu.

Apabila kamu memilih menu Schedule, maka dapat menentukan waktu kapan saja untuk Dark Mode aktif dan kembali lagi ke Light Mode. Sedangkan System Default akan membuat tampilan pada Telegram akan mengikuti pengaturan dari sistem ponsel.

Tidak semua kondisi bagus untuk menggunakan Dark Mode sehingga kamu dapat mematikannya dengan menekan tombol Matahari agar tampilan latar belakang menjadi putih.

Fitur ini tentunya sangat bermanfaat bagi kamu yang merasa pusing apabila menggunakan Light Mode akibat tampilan latar belakang warna putih yang terang ketika melihatnya pada lingkungan malam hari atau redup.

Menurut saya sendiri, fitur Dark Mode ini memang baik untuk dihadirkan pada semua aplikasi, terutama aplikasi yang memang digunakan untuk interaksi yang lama, seperti Telegram, WhatsApp, LINE, dan lainnya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar