ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengecek Aktivitas Login Instagram Jika Dirasa Mencurigakan

Gadgetren – Aktivitas di Instagram sering kali membuat kita larut di dalamnya dengan berbagai keseruan seperti mengunggah postingan, mendapatkan komentar, hingga diberi tanda like oleh teman pada postingan yang kita unggah.

Menjaga keamanan akun Instagram pun menjadi hal penting agar data dan konten kamu tidak mudah diakses oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain dengan rutin ganti password dan two-factor authentication, kamu juga harus mengecek aktivitas log in secara berkala untuk memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan.

Cara Cek Aktivitas Login Instagram

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu.
  • Buka halaman profil dengan mengetuk ikon di sudut kanan bawah.
  • Ketuk ikon tiga garis di sudut kanan atas.
  • Pilih Accounts Center.
    Accounts-center.
  • Pilih Password and security.
     password-and-security.
  • Pilih Where you’re logged in di bawah.
    where-you-log-in.
  • Lalu lihat apakah ada notifikasi berbahaya yang mencoba masuk ke akun kamu.
     Ig-where-you-log-in
  • Notifikasi alerts biasanya akan muncul di atas.
  • Ketuk notifikasi tersebut jika ada.
  • Pilih it was me jika itu memang perangkat kamu atau pilih it wasn’t me jika bukan perangkat kamu.

Di halaman login alerts, kamu dapat melihat daftar perangkat dan lokasi yang telah digunakan untuk login ke akun Instagram kamu dengan cukup rinci sehingga kamu dapat memastikan apakah login tersebut dilakukan oleh kamu sendiri atau bukan.

Jika menemukan aktivitas yang mencurigakan, kamu dapat mengamankan akun dengan memilih perangkat tersebut dan mengeluarkannya. Jangan lupa juga untuk segera mengganti kata sandi karena ada kemungkinan sudah bocor.

Untuk mencegah terjadinya peretasan akun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Kamu dapat menggunakan Instagram Security Checkup yang membantu untuk melindungi akun dengan memberikan panduan keamanan.

Jika Instagram mendeteksi aktivitas mencurigakan atau potensi ancaman keamanan pada akun, kamu akan diminta untuk melakukan Security Checkup. Kemudian pastikan alamat email dan nomor telepon yang terkait dengan akun Instagram sudah benar dan masih aktif.

Instagram juga dapat meminta kamu memverifikasi email yang terhubung dengan akun dan meminta untuk mengganti kata sandi jika ada tanda-tanda peretasan. Pastikan juga sudah mengaktifkan autentikasi dua faktor sebagai lapisan keamanan ekstra di mana kam harus memasukkan kode yang dikirim saat login.

Untuk mengganti password, gunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online. Selain itu tetap waspada terhadap email phishing yang berpura-pura berasal dari Instagram.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar