ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Wearable

Sasar Pengguna Olahraga Ekstrim, Garmin Rilis Smartwatch Seri fenix 8 di Indonesia

Garmin-fenix-8-Series.

Gadgetren – Garmin Indonesia secara resmi telah merilis smartwatch terbarunya yang bernama seri fenix 8 yang terdiri dari fenix 8 Solar, fenix 8 AMOLED, dan fenix e.

Ketiga smartwatch Garmin terbarunya ini telah bisa dibeli di gerai resmi Garmin terdekat di seluruh Indonesia maupun e-commerce yang menjadi partner resmi Garmin di Tokopedia. Seri fenix 8 merupakan smartwatch yang ditujukan untuk pengguna yang membutuhkan asisten kebugaran tangguh ketika berpetualang maupun olahraga outdoor.

Perangkat wearable ini juga disebut cocok untuk atlet olahraga ekstrim yang membutuhkan fitur-fitur berperforma tinggi dengan bantuan GPS seperti untuk menemani setiap latihan kekuatan pengguna.

Seri fenix 8 hadir dalam beragam strap mulai dari fenix e menggunakan Stainless Steel dan Slate Gray; kemudian fenix 8 AMOLED menawarkan strap Stainless Steel, Whitestone, Titanium, Soft Gold, Carbon Gray, Slate Gray, Spark Orange, dan fenix 8 Solar hadir dengan strap Titanium dan Carbon Gray.

Harga seri fenix 8 dibanderol mulai Rp14 jutaan yang bisa kamu lihat rinciannya di bawah ini:

  • Fenix e 47mm – Rp14.339.000
  • Fenix 8 AMOLED 43mm – Rp17.999.000
  • Fenix 8 AMOLED 47mm – Rp19.999.000
  • Fenix 8 AMOLED 51mm – Rp21.599.000
  • Fenix 8 Solar 47mm – Rp19.799.000
  • Fenix 8 Solar 51mm – Rp21.599.000

Adapun fenix e menjadi model terendah yang menawarkan ketahanan baterai hingga 16 hari pemakaian normal dan dalam mode GPS bisa digunakan hingga 42 jam. Kemudian fenix 8 AMOLED memiliki masa pakai baterai yang lebih tahan lama hingga 29 hari dalam mode smartwatch dan mode GPS hingga 84 jam.

Sedangkan fenix 8 Solar menghadirkan fitur yang lebih canggih dan tahan lama memungkinkan pengisian daya surya generasi ketiga yang diklaim dapat menyerap 50% tenaga surya lebih banyak dari pendahulunya.

 Garmin-Fenix-8-oranye

fenix 8 Solar dalam mode smartwatch disebut bisa digunakan hingga 48 hari dan mode GPS hingga 149 jam. Layar fenix 8 AMOLED dan fenix e sama-sama mengusung panel AMOLED yang mana varian fenix 8 AMOLED memiliki resolusi lebih tinggi dibanding fenix e.

Sementara fenix 8 Solar menggunakan panel Sunlight-visible dan transflective memory-in-pixel (MIP). Semua model seri fenix 8 tahan air dengan kedalaman 10 ATM atau 10 meter.

Selain itu semuanya telah dilengkapi tombol logam anti bocor, pelindung sensor baru di sebelah kanan dan telah diuji dengan standar militer untuk ketahanan panas, guncangan, benturan, dan kelembaban.

Untuk kemampuan menyelam, seri fenix 8 dapat diajak menyelam di air laut dengan kedalaman maksimal 40 meter dan mendukung aktivitas penyelaman scuba. Pengguna juga dapat menikmati fitur untuk melihat peta TopoActive dengan kontur berbagai medan dan mendapatkan akses peta untuk ribuan lapangan golf dan resor ski di seluruh dunia.

Saat menjelajah, pengguna dapat memasukkan jarak pada seri fenix 8 dan bisa mendapatkan rute yang disarankan agar tetap berada di jalur dan tepat waktu dengan rute pulang-pergi yang dinamis. Terdapat fitur LED Flashlight untuk membantu penerangan pengguna agar jarak pandang di kegelapan lebih luas.

 Garmin-Fenix-8-Family-hand.

Pengguna dapat menggunakan Sport-Focused Strength Training, sebuah fitur pelatihan kekuatan yang bisa disesuaikan untuk olahraga tertentu termasuk lari, sepeda, selancar, ski, dan masih banyak lagi.

Fitur-fitur pemantau kesehatan seri fenix 8 ketika latihan tersedia lengkap mulai dari pemantauan detak jantung seharian, Pulse Ox berbasis pergelangan tangan, Body Battery Energy Monitoring, jet lag adviser, pemantauan tidur tingkat lanjut, deteksi tidur siang, dan lainnya.

Perangkat ini juga didukung deteksi kelainan pernapasan pada saat tidur yang menyebabkan henti jantung atau apnea. Semua model seri fenix 8 juga kompatibel dengan aplikasi ECG yang telah disetujui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk membantu merekam irama jantung pengguna dan memeriksa tanda-tanda fibrilasi atrium (AFib) langsung dari pergelangan tangan.

Dengan seri fenix 8, pengguna dapat mengetahui skor training readiness setiap pagi yang dapat membantu menentukan apakah ini hari yang baik untuk berlatih keras atau beristirahat terlebih dahulu.

 Garmin-Fenix-8-oranye-2

Hasil performa latihan secara keseluruhan juga bisa diukur melalui metrik latihan lanjutan seperti endurance score, hill score, VO2 Max, status latihan dan lainnya. Bagi pelari bisa menggunakan fitur PacePro untuk memberikan panduan dalam merencanakan strategi hari-H perlombaan dengan bimbingan kecepatan berbasis GPS untuk jalur atau jarak yang dipilih.

Pengguna juga dapat menikmati fitur Garmin Coach secara gratis saat menjelang lomba lari dengan jarak 5K, 10K maupun 21K. Jam tangan pintar ini juga mendukung olahraga tim seperti sepak bola, basket, dan masih banyak lagi.

Kemudian juga dapat digunakan untuk menemani pengguna berolahraga di gym seperti dapat melacak aktivitas strength, kardio, yoga, dan HIIT. Untuk menemani aktivitas sehari-hari, pengguna seri fenix 8 dapat melakukan panggilan telepon dan menerima dari jam saat terhubung dengan handphone yang kompatibel.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan perintah suara tertentu pada seri fenix 8 seperti perintah “Start running”, “Set timer 5 minutes”, “Turn On Flashlight” dan lainnya yang dapat diaktifkan langsung dari smartwatch dan tanpa perlu koneksi ke handphone.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar