ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 6 Pro – Lebih Menarik?

Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 6 Pro 5G - Header

Gadgetren – Setelah diperkenalkan secara global beberapa waktu lalu, TECNO POVA 6 Pro kini tersedia di Indonesia melalui berbagai saluran penjualan dengan banderol harga Rp3.299.000.

Sama seperti saudaranya, ponsel menengah tersebut pun mengemas berbagai keunggulan yang membuatnya cukup layak untuk dipertimbangkan. Kita secara khusus bisa mempertimbangkannya jika memerlukan perangkat untuk bermain game dengan harga terjangkau.

Di atas kertas, spesifikasi dan dukungan yang diusung oleh TECNO POVA 6 Pro tergolong sangat tinggi. Kita dapat melihatnya secara menyeluruh sebagai kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan TECNO POVA 6 Pro

1. Konfigurasi Memori Menarik

Hadir bersama MediaTek Dimensity 6080 (6nm) berkecepatan hingga 2,4GHz, TECNO POVA 6 Pro dilengkapi dengan dukungan mesin yang menarik. Perangkat tersebut soalnya juga mengemas RAM maupun media penyimpanan berkapasitas sangat besar.

Meskipun di Indonesia hanya tersedia dalam varian tunggal, perangkat tersebut menawarkan RAM berkapasitas 12GB. Kita pun masih dapat mengekspansinya dengan tambahan memori hingga 12GB jika masih merasa kurang.

Menggenapi kemampuannya, TECNO POVA 6 Pro juga dilengkapi media internal berkapasitas 256GB. Terdapat slot kartu MicroSD terdedikasi yang dapat digunakan untuk memperluasnya jika kehabisan ruang penyimpanan.

2. Layar Beranimasi Tinggi

Sebagai sebuah ponsel gaming, TECNO POVA 6 Pro hadir dengan dukungan layar beranimasi tinggi yang dapat diatur mengikuti setelan konten. Perangkat tersebut bisa menangani pengaturan refresh rate hingga 120Hz.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 6 Pro 5G - Layar

Layar TECNO POVA 6 Pro di sisi lain juga sudah memakai panel AMOLED yang mendukung tingkat kecerahan hingga 1.300nits. Resolusinya Full HD+ (2436 x 1080 piksel) dengan luas mencapai 6,78 inci.

Untuk memastikan kenyamanan saat bermain, layar TECNO POVA 6 Pro mendukung peredupan PWM 2160Hz untuk mengurangi kedipan yang dapat membuat mata cepat lelah. Perangkat tersebut di sisi lain juga sudah mengemas sertifikasi TÜV Rheinland untuk Cahaya Biru Rendah.

Tidak cukup sampai di situ, TECNO POVA 6 Pro juga hadir dengan teknologi pemindai sidik jari tertanam di layar. Tak hanya dapat memudahkan kita mengakses perangkat tetapi juga membuatnya terlihat semakin premium.

3. Baterai Besar Ditunjang Pengisian Modern

Saat membahas seri TECNO POVA, kita tidak boleh melewatkan sektor daya yang digunakannya. TECNO POVA 6 Pro juga demikian. Perangkat baru tersebut dilengkapi dengan baterai dan teknologi penunjang yang sangat baik.

Baterai perangkat tersebut berkapasitas sebesar 6.000mAh. Dalam klaimnya, mampu membuat ponsel bertahan hingga selama 31 jam untuk melakukan panggilan telepon, 11 jam bermain game, atau 14 jam untuk streaming video.

Menemani baterainya, turut hadir dukungan pengisian daya 70W Ultra Charge. Teknologi ini memungkinkan perangkat terisi dari kapasitas 1 hingga 50 persen hanya dalam kurun waktu sekitar 20 menit.

Yang tak kalah menarik, teknologi pengisian pada TECNO POVA 6 Pro juga mendukung fitur Bypass Charge yang memungkinkan arus diteruskan langsung ke mesin sehingga kesehatan baterai tetap terjaga dan perangkat tidak mudah overheating saat dipakai bermain game.

Selain itu, terdapat STS Secure Battery Technology yang akan mencegah terjadinya korsleting di bagian dalam. TECNO POVA 6 Pro juga mempunyai fitur Waterproof Charging Mode untuk menghindari pengisian saat kondisi basah.

Seperti kebanyakan ponsel di masa sekarang, baterai TECNO POVA 6 Pro juga diklaim mampu bertahan untuk pemakaian jangka panjang. Kesehatannya tidak akan berkurang dari 80 persen setelah 1.600 kali siklus pengisian atau setara dengan penggunaan selama 6 tahun.

4. Bodi Menarik Tahan Percikan Air dan Debu

Jika sedang mencari perangkat terjangkau dengan desain khas ponsel gaming yang futuristik, TECNO POVA 6 Pro kemungkinan bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Bodinya dibalut Dynamic-Tech Design yang menampilkan kesan mecha.

Tersedia dalam warna Comet Green (Hijau) dan Meteorite Grey (Hitam), bodi TECNO POVA 6 Pro juga tergolong tipis meskipun di dalamnya tertanam baterai berkapasitas besar. Perangkat tersebut hanya mempunyai ketebalan hingga 7,88mm.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO POVA 6 Pro 5G - Dynamic-Light

Pada bagian punggungnya, terdapat 210 LED mikro yang dipasang mengikuti pola bernama Dynamic-Eye Design. Deretan lampu ini dapat menampilkan berbagai efek cahaya untuk notifikasi pesan atau panggilan masuk, mode bermain game, hingga pengisian daya sekaligus mempercantik bodi perangkat.

Bodi TECNO POVA 6 Pro di sisi lain juga mendukung fitur tahan percikan air dan debu yang mana sudah tersertifikasi dengan IP53. Jadi, perangkat bisa digunakan secara lebih aman untuk berbagai kondisi.

5. Fitur Lengkap

Dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, TECNO POVA 6 Pro mempunyai fitur yang cukup lengkap. Perangkat tersebut tidak hanya memuat berbagai dukungan esensial seperti USB Type-C, jack audio 3,5mm, hingga NFC (Near Field Communication).

Perangkat tersebut di antaranya sudah dilengkapi dengan speaker ganda yang dapat memberikan pengalaman audio lebih baik untuk mendengarkan musik hingga bermain game. Sebagai penunjangnya, terdapat teknologi Dolby Atmos untuk menghasilkan suara yang terdengar lebih natural.

Fitur Infrared Remote Control juga hadir sebagai pelengkap dalam TECNO POVA 6 Pro. Kita dapat memakainya untuk mengontrol berbagai macam perangkat elektronik mulai dari televisi, Set Top Box, hingga AC.

Saat diperlukan, TECNO POVA 6 Pro juga dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain mulai dari ponsel hingga aksesori. Ponsel tersebut sudah mendukung teknologi 10W Reverse Charging.

Kekurangan TECNO POVA 6 Pro

1. Jaminan Pembaruan Dipertanyakan

Sayangnya, jaminan pembaruan untuk TECNO POVA 6 Pro tidak diungkapkan secara gamblang oleh perusahaannya. Kita pun tidak bisa tahu apakah perangkat tersebut layak untuk pemakaian jangka panjang atau tidak.

Kalaupun sama dengan versi standar, jaminan pembaruan untuk TECNO POVA 6 Pro bakalan sangat terbatas. Saudaranya hanya akan memperoleh dua kali pembaruan mayor dengan peningkatan keamanan selama 24 bulan.

2. Tidak Terlihat Membawa Lapisan Pelindung Layar

Meskipun menawarkan dukungan layar yang sangat menarik, lapisan pelindungnya perlu dipertanyakan. Tidak terlihat jelas apakah perangkat tersebut sudah dilengkapi kaca yang terbukti kuat seperti Corning Gorilla Glass atau Panda Glass.

Untungnya, paket penjualan TECNO POVA 6 Pro terbilang sangat lengkap. Kita juga akan memperoleh tambahan screen guard yang sudah langsung diaplikasikan. Jadi, kita tidak perlu membelinya secara terpisah.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.