ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Samsung Rilis Smart TV Neo QLED 8K Generasi 2024, Harganya Ratusan Juta Rupiah

Samsung Rilis Smart TV Neo QLED 8K Generasi 2024, Harganya Ratusan Juta Rupiah

Gadgetren – Dalam ajang Unbox & Discover, Samsung Electronics Indonesia telah merilis generasi baru dari smart TV Neo QLED 8K dengan prosesor NQ8 AI Gen3.

Neo QLED 8K baru ini menawarkan dua model mencakup QN900D dan QN800D dengan ukuran 85″, 75″, dan 65″. Saat ini yang sudah bisa dibeli di Indonesia baru yang ukuran 85″ melalui Samsung.com/id dengan harga Rp132.599.000.

Melalui generasi baru Neo QLED 8K ini, Samsung memberikan penyegaran teknologi kecerdasan buatan atau AI untuk dapat memberikan pengalaman menonton TV di rumah lebih memuaskan dan mudah.

Neo QLED 8K generasi baru ini disebut akan menghadirkan konten pada layarnya yang lebih tajam dan hidup. Hal ini dikarenakan ditenagai prosesor NQ8 AI Gen3 yang secara bawaan dibekali Neural Processing Unit (NPU).

Dengan dukungan akselerasi AI, membuat Neo QLED 8K  baru ini dapat bekerja dengan  kecepatan dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Ketajaman gambar yang memanjakan mata akan dirasakan pengguna berkat dukungan jumlah neural network yang naik delapan kali lipat dari 64 menjadi 512.

Resolusi layar pada Neo QLED 8K baru ini akan mampu menampilkan kualitas gambar hingga setara 8K dengan dukungan fitur 8K AI Upscaling Pro sehingga pengguna dapat menyaksikan beragam hiburan favorit mereka dengan gambar yang jernih dan detail.

Untuk menghadirkan tontonan program TV olahraga lebih hidup, Neo QLED 8K ini juga didukung AI Motion Enhancer Pro yang akan membuat pergerakan cepat menjadi lebih halus dan jelas.

Kemudian juga dapat menampilkan kedalaman gambar yang lebih nyata dengan Real Depth Enhancer Pro sehingga penonton dapat ikut merasakan ke dalam setiap adegan.

NQ8-AI-Gen-3.

Disamping dukungan AI, Neo QLED 8K  generasi baru ini menggunakan sistem audio yang juga  diakselerasi oleh suara AI sehingga suara yang keluar dapat terdengar jelas. Dengan Active Voice Amplifier Pro, penonton akan dapat mendengarkan suara dialog yang terpisah dari noise yang terdengar di latar belakang.

Kemudian juga menyediakan fitur Object Tracking Sound Pro untuk memperkaya pengalaman audio dengan menyelaraskan suara dengan adegan di layar. Lalu fitur Adaptive Sound Pro untuk menyesuaikan audio secara cerdas dengan konten dan akustik ruangan sehingga suara yang dikeluarkan terdengar benar-benar kaya dan nyata.

Tak hanya itu, Neo QLED 8K generasi baru ini dapat digunakan untuk bermain game yang didukung fitur AI Auto Game Mode yang akan aktif selama sesi gaming untuk mengoptimalkan visual dan audio lebih seru.

Pengguna juga dapat menyesuaikan gambar untuk setiap adegan berdasarkan preferensi mereka dengan AI Customization Mode. Sesi gaming maupun menonton hiburan dapat berlangsung lama tanpa khawatir boros daya dengan AI Energy Mode.

 Samsung-TV-tahun-2024

Sama seperti Samsung TV lainnya, Neo QLED 8K baru ini juga dapat terhubung ke ekosistem pintar Samsung melalui SmartThings Hub. Untuk menghubungkannya, pengguna cukup mendekatkan handphone mereka ke TV untuk mengaktifkan Mobile Smart Connect yang dapat mengubah perangkat handphone menjadi remote universal untuk TV dan perangkat rumah tangga yang terhubung lainnya.

Selain itu, pengguna juga dapat menikmati Virtual Gamepad menggunakan handphone mereka sebagai pengontrol game dengan user interface (UI) yang dapat disesuaikan dan haptic feedback yang memungkinkan permainan menjadi lebih menyenangkan.

Tampilan antarmuka Neo QLED 8K generasi baru menggunakan Samsung Tizen OS yang dapat menyediakan beragam aplikasi, channel TV, Samsung TV Plus untuk menghadirkan beragam film, dan gaming hub.

Ditambah lagi tersedia widget terbaru Daily Board yang memungkinkan tampilan Tizen OS menjadi dasbor yang dipersonalisasi untuk memantau status rumah, feed kamera, penggunaan energi, informasi cuaca, dan banyak lagi.

Ditambah lagi tersedia platform Samsung Daily+ yang dapat menjadi smart home terpadu  untuk menyatukan beragam aplikasi yang dikategorikan ke dalam SmartThings, Health, dan Workspace untuk memudahkan pengguna beraktivitas.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.