ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Ini Keunggulan Canva for Education, Beda Dari Versi Lainnya

Keunggulan Canva for Education Header

Gadgetren – Sejak diciptakan tahun 2012, Canva secara perlahan telah menjelma menjadi salah satu platform dan layanan yang memudahkan penggunanya dalam membuat desain grafis secara cepat tanpa memerlukan keterampilan teknis yang mendalam.

Dibandingkan Adobe Illustrator atau Corel Draw yang membutuhkan kemampuan desain grafis tingkat lanjut, bisa dibilang Canva dapat digunakan oleh orang awam sekalipun untuk menciptakan berbagai desain menarik karena sudah disediakan berbagai tools dan aset yang dapat mempermudah pembuatan karya.

Bahkan kini Canva pun telah meluncurkan Canva for Education yang merupakan versi khusus dirancang untuk kebutuhan pendidikan, dimana dapat memberikan akses gratis ke tools desain dan sumber daya premium bagi guru dan siswa.

Keunggulan Canva for Education

Canva for Education dihadirkan dengan tujuan meningkatkan pengalaman pengajaran dan pembelajaran guru terhadap siswa menjadi lebih interaktif, terutama soal urusan pembuatan desain grafis yang berhubungan dengan kegiatan belajar dan mengajar.

Biasanya kamu harus berlangganan terlebih untuk bisa mendapatkan fitur Premium. Namun berbeda dengan Canva for Education yang memberikan akses fitur-fitur premium secara gratis untuk sekolah, guru, dan siswa.

Menariknya lagi pada Canva for Education terdapat beragam template yang berhubungan untuk berbagai kebutuhan pendidikan seperti infografis, presentasi, poster, lembar kerja, laporan, materi pembelajaran, dan masih banyak lagi.

Bahkan guru dan siswa pun dapat berkolaborasi dalam proyek desain secara langsung sehingga memungkinkan kerja sama yang efektif dalam tugas kelompok dan proyek kelas.

Canva for Education Design

Pengguna Canva for Education juga dapat mengakses beragam ikon, ilustrasi, gambar, dan video gratis maupun premium untuk memudahkan dalam membuat desain sehingga dapat membuat desain, materi pembelajaran, presentasi, maupun poster menjadi lebih menarik.

Untuk memudahkan pengelolaan tugas maupun proyek desain siswa dengan guru, Canva for Education dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi Pendidikan seperti Google Classroom, Microsoft Teams, dan lainnya.

Tampilan antarmuka Canva yang sederhana dan bersahabat memudahkan guru serta siswa dalam membuat desain imajinatif tanpa perlu keahlian khusus desain grafis yang mendalam.

Sementara guru juga dapat menyimpan proyek serta materi pembelajarannya di Canva sehingga membuatnya dapat diakses kapan saja oleh guru dan siswa ketika sedang diperlukan dalam aktivitas pembelajaran.

Canva for Education Visual

Banyaknya aset dan tools membuat kreativitas siswa dapat berkembang dengan baik ketika menciptakan desain yang inovatif. Sementara itu, Canva for Education juga memiliki standar keamanan dan privasi yang terjamin sehingga dapat membuat data guru dan siswa tetap aman.

Bagi sekolah, guru, atau siswa yang ingin mencoba platform desain khusus edukasi ini dapat mendaftarkan dirinya pada halaman resmi Canva for Education dan mengikuti instruksi yang diberikan.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.