ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

FAST Rescue – Aplikasi Pertolongan Pertama Untuk Pasien Stroke

FAST-Rescue-Feature

Gadgetren – Tingginya kasus stroke membuat Indonesian Stroke Society (ISS) yang didukung oleh Angels Initiative menghadirkan sebuah aplikasi bernama FAST Rescue.

ISS dan Angels Initiative juga berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dalam mengembangkan aplikasi ini untuk membantu masyarakat mendapatkan pertolongan pertama pra-rumah sakit saat terjadi serangan stroke.

Dr. Adin Nulkhasanah, SpS, MARS selaku Ketua Indonesian Stroke Society menyampaikan bahwa stroke dapat digambarkan sebagai penyakit yang bisa menyerang siapa saja, kapan saja, dan tanpa adanya peringatan.

“Jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh gaya hidup yang buruk ini harus segera ditangani secara tepat guna mengurangi risiko yang tidak diinginkan. Namun, pengetahuan masyarakat Indonesia tentang pentingnya mendapatkan perawatan dan pengobatan stroke yang tepat masih sangat rendah,” ujarnya.

Dr. Temmy Winata selaku Head of Medical, Perwakilan Angels Initiative di Indonesia dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa rumah sakit stroke-ready telah dilengkapi dengan fasilitas penting seperti CT scan, obat-obatan, serta Acute Stroke Team (AST) yang terlatih untuk memberikan perawatan.

AST-Rescue-Launch

“Ketika dirawat di pusat pelayanan stroke yang mengikuti standar perawatan terbaik, pasien dapat memiliki peluang lebih baik untuk bertahan hidup dan menjalani kehidupan yang bebas disabilitas,” ujar dr. Temmy.

Aplikasi ini memiliki beberapa fitur seperti Tombol Panik yang dikembangkan bersama Kementerian Kesehatan dimana kamu akan langsung terhubung dengan petugas operator yang tersedia 24 jam selama seminggu penuh.

Petugas operator akan menyelaraskan lokasi kamu dengan ambulans terdekat sehingga petugas dapat segera menjemput pasien sesuai koordinat lokasi dan membawa pasien langsung ke rumah sakit stroke-ready terdekat.

Daftar-Rumah-Sakit-Stroke-FAST-Rescue.

Dr. Siti Khalimah selaku Sp.KJ, MARS, Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengungkapkan bahwa dengan adanya fitur Tombol Panik, pihaknya ingin memastikan pasien stroke diberikan pertolongan secepat mungkin di rumah sakit yang tepat.

“Perawatan harus dilakukan dengan cepat karena periode Golden Hour merupakan rentang waktu yang krusial, dan jika pasien mendapatkan perawatan yang tepat selama waktu tersebut, risiko cacat permanen dan kematian dapat dikurangi,” terangnya.

Selain fitur Tombol Panik, terdapat juga daftar rumah sakit stroke-ready di Indonesia yang bisa dilihat oleh pengguna. Sementara fitur Cek Gejala FAST disediakan untuk mengenali gejala stroke dan membaca informasi tentang kesehatan. Kamu juga dapat mempelajari seputar penyakit stroke pada menu tips dan artikel.

Aplikasi FAST Rescue pun sudah dilakukan uji coba di lima kota besar meliputi Yogyakarta, Palembang, Jakarta, Medan, dan Bandung. Ke depannya aplikasi ini akan terus dikembangkan secara bertahap untuk wilayah lainnya dengan fitur baru lainnya dijadwalkan bakal tersedia pada awal September 2021 mendatang.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar