ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Peralatan Elektronik

Review XPPen Artist Pro 24 (Gen2) – Puas Banget Buat Menggambar

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

  • Rating
4.5

Kesimpulan

XPPen Artist Pro 24 (Gen2) adalah pen display berlayar besar yang sangat mumpuni dengan resolusi tinggi dan sudah Calman Verified, dipadukan dengan refresh rate tinggi yang membuat goresan stylus tampil sangat halus dan presisi.

Yang Disukai

  • Layar besar berefresh rate tinggi
  • Permukaan layar enak buat menggambar
  • Stylus ganda dengan berbagai level tekanan
  • Stand layar mudah diubah
  • Aksesoris pendamping lengkap

Yang Tidak Disukai

  • Agak berat

Gadgetren – Jika kamu bekerja atau memiliki hobi di bidang seni digital, produk terbaru dari XPPen yaitu pen display Artist Pro 24 (Gen2) pasti akan menarik perhatianmu.

Perangkat ini menawarkan keunggulan utama berupa layar 24 inci yang sudah Calman Verified dan mendukung refresh rate 165Hz, sesuatu yang disebut-sebut belum pernah ada sebelumnya di dunia.

Didesain khusus oleh XPPen, Artist Pro 24 (Gen2) hadir untuk mendukung produktivitas para digital artist yang mengutamakan kinerja tinggi.

Desain

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Artist Pro 24 (Gen2) hadir dengan desain premium dan balutan warna hitam yang elegan di seluruh sisinya. Perangkat ini tampak jauh lebih bersih dibandingkan pendahulunya yang dipenuhi berbagai tombol.

Desainnya dilengkapi dengan fitur-fitur yang menjadikannya perangkat ultimate bagi para digital artist. Salah satunya adalah klip ganda untuk stylus yang dapat ditempatkan di atas perangkat, memudahkan pengguna untuk menyimpan dua stylus yang disediakan.

Perlu dicatat bahwa perangkat ini cukup besar, hal yang wajar mengingat jenisnya. Dengan ukuran total 63,8 x 40,8 x 4,4 cm dan berat 7,3 kg, kamu perlu memastikan meja kerjanya cukup memadai jika ingin menggunakan perangkat ini.

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Di bagian belakang perangkat ini terdapat stand ACS02 yang memungkinkan perangkat berdiri dengan sudut fleksibel antara 16° hingga 72°. Stand ini terasa sangat kokoh sehingga saya tidak khawatir akan mudah patah atau goyang.

Menariknya stand ini bisa disesuaikan dengan mudah hanya menggunakan satu tangan. Namun untuk keamanan ekstra, kamu bisa menggunakan tangan yang lain untuk memastikan perangkat tetap stabil. Untuk mencegah perangkat tergeser, di bagian bawahnya terdapat kaki yang terbuat dari material karet anti selip.

Di bagian belakang perangkat ini terdapat berbagai port yang memungkinkan kamu untuk menghubungkannya dengan komputer, laptop, atau handphone. Dengan dukungan tiga jenis konektivitas yakni USB-C, DisplayPort, dan HDMI, perangkat ini menawarkan fleksibilitas sesuai kebutuhanmu.

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Tak perlu khawatir tentang kabel, karena XPPen sudah menyediakan semuanya jadi kamu tidak perlu membeli kabel terpisah. Perlu dicatat, jika kamu menghubungkan perangkat ini ke komputer menggunakan HDMI atau DisplayPort, kamu juga harus menghubungkan port USB tambahan agar semua fitur dapat berfungsi.

Menariknya, di bagian belakang perangkat ini juga terdapat headphone jack yang memungkinkan kamu menyambungkan headphone kabel untuk menikmati musik.

Bagi kamu yang menginginkan meja kerja yang rapi, Artist Pro 24 (Gen2) dilengkapi dengan panel yang dapat dipasang untuk menutup koneksi kabel di bagian belakang sehingga tampilan meja kerja akan lebih teratur.

Untuk pengoperasian perangkat ini, terdapat dua tombol di bagian atas yakni tombol power dan tombol pengatur volume yang juga berfungsi untuk mengatur jalur input layar. Selain itu ada lampu indikator yang menunjukkan status perangkat.

Agar tetap nyaman digunakan dalam waktu lama, XPPen merancang perangkat ini tanpa kipas. Sebagai gantinya aliran udara vertikal digunakan untuk manajemen suhu sehingga perangkat tetap dingin dan tidak berisik. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus saat menggambar tanpa gangguan suara dari kipas.

Layar

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Sebagai pen display, Artist Pro 24 (Gen2) tentu harus dibekali teknologi layar yang memukau dan XPPen tidak mengecewakan dalam hal ini. Perangkat ini hadir dengan layar 23,8 inci beresolusi 2.5K QHD (2560 x 1440 piksel) yang mampu menampilkan gambar dengan detail yang tajam.

Layar ini mendukung 99% sRGB, 99% Adobe RGB, dan 94% Display P3, serta sudah Calman Verified dengan akurasi warna Delta E<1 di sRGB. Dengan kemampuan menampilkan 16,7 juta warna dan kecerahan hingga 250cd/m², layar ini sangat nyaman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Saya pribadi biasanya mengatur kecerahan perangkat ini di level 80%, dan itu sudah lebih dari cukup. Jika kamu butuh mengkalibrasi warna, XPPen telah menyediakan aplikasi XPPen ColorMaster yang bisa kamu unduh secara gratis.

Keunggulan lain dari layar ini adalah refresh rate tinggi hingga 165 Hz, yang membuat animasi tampil sangat halus. Selain itu, kecepatan respons saat menggunakan stylus juga terasa lebih cepat dibandingkan dengan layar yang hanya memiliki refresh rate 60 Hz.

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Selama menggunakan perangkat ini untuk menggambar, saya merasakan mata tidak cepat lelah sehingga memungkinkan saya untuk menggambar dalam waktu yang lama tanpa gangguan.

Hal lain yang saya sukai dari layar ini adalah permukaannya yang halus, yang XPPen sebut sebagai desain One Paper. Ketika menggambar rasanya sangat mirip seperti menggambar di atas kertas asli.

Kualitas ini tercapai berkat penggunaan teknologi kaca AG Nano Etched dan lapisan AF Coating, yang tidak hanya mengurangi pantulan cahaya tetapi juga membuat layar lebih tahan terhadap noda sidik jari.

Selain itu berkat layar laminated, jarak antara ujung stylus dan kursor di layar sangat minim meningkatkan akurasi saat menggambar. Bezel di sekeliling layar juga memberikan ruang lebih untuk menggambar dengan nyaman, bahkan di area ujung layar.

Stylus + Wireless Shortcut Remote

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Tentunya membahas pen display tidak lengkap tanpa mengulas stylusnya. Artist Pro 24 (Gen2) hadir dengan dua jenis stylus yaitu X3 Pro Smart Chip Stylus dan X3 Pro Slim Stylus di mana keduanya ditenagai oleh chip X3 Pro dan bebas baterai.

X3 Pro Smart Chip Stylus memiliki bentuk yang mengingatkan saya pada kuas kaligrafi dengan ujung yang sedikit lebih besar. Stylus ini dilengkapi dengan dua tombol yang secara default berfungsi sebagai klik kanan dan klik dua kali layaknya tombol pada mouse.

Di bagian belakang stylus, terdapat tombol ekstra yang secara bawaan berfungsi sebagai penghapus. Fitur ini sangat praktis karena memungkinkan kita bisa menghapus objek yang tidak diinginkan saat menggambar tanpa perlu repot mengklik berbagai menu.

Yang menarik, setiap tombol pada stylus ini bisa diubah melalui aplikasi Pentablet. Misalnya tombol-tombol tersebut bisa diatur untuk menjalankan kombinasi tombol keyboard tertentu atau bahkan membuka aplikasi lain sesuai kebutuhan pengguna.

Bagian tempat jari memegang stylus ini dilapisi material silikon yang terasa nyaman di tangan sehingga menggambar di atas layar Artist Pro 24 (Gen2) menjadi pengalaman yang memuaskan.

Dengan stylus ini, saya bisa menggambar pada sudut kemiringan hingga 60° dan memanfaatkan 16.384 tingkat tekanan. Hal ini memungkinkan setiap goresan pada layar terlihat berbeda tergantung pada seberapa kuat tekanan yang saya berikan dan sudut kemiringan stylus sehingga sensasinya sangat mirip seperti menggambar dengan kuas asli.

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Saat saya menguji stylus ini dengan membuat berbagai jenis garis baik lurus maupun melengkung, hasilnya sangat memuaskan. Setiap garis bisa tampil tipis atau tebal sesuai dengan tekanan yang diberikan dan semuanya terlihat mulus tanpa putus-putus. Liukan garis juga tampil halus, memberikan kontrol yang presisi saat menggambar.

Untuk X3 Pro Smart Chip Stylus, XPPen juga menyediakan ujung stylus berbahan felt, yang memberikan sensasi berbeda dibandingkan ujung dengan material standar.

Mengganti ujung stylus ini pun sangat mudah berkat lubang khusus yang disediakan di dalam pen case. Cukup masukkan ujung stylus ke dalam lubang, lalu tarik dengan sedikit kemiringan untuk melepaskannya.

Pen case ini juga memiliki fungsi praktis lainnya yaitu sebagai tempat penyimpanan untuk kedua stylus dan berbagai aksesori seperti ujung stylus cadangan, dongle Bluetooth, pengganti tutup tombol stylus, serta dapat berfungsi sebagai stand untuk stylus.

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Stylus kedua yang tersedia pada perangkat ini adalah X3 Pro Slim Stylus, yang memiliki bentuk dan ujung lebih ramping, mirip dengan sebuah pensil. Stylus ini juga dilengkapi dengan tempat penyimpanan ujung stylus untuk memudahkan penggantian.

Jika diinginkan tombol pada stylus ini bisa dilepas. Meskipun memiliki fitur yang mirip dengan X3 Pro Smart Chip Stylus, stylus ini tidak memiliki tombol penghapus di bagian belakang.

Kedua stylus ini sangat menyenangkan untuk digunakan menggambar namun memberikan sensasi yang berbeda saat digenggam. Selama menggunakan stylus ini, perangkat Artist Pro 24 (Gen2) terasa kokoh dan stabil.

Dalam proses menggambar menggunakan pen display, stylus saja tentu tidak cukup, terutama ketika ingin memperbesar kanvas atau mengubah ukuran brush dengan cepat. Untuk mempermudah hal tersebut, XPPen menyediakan Wireless Shortcut Remote.

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

Remote ini ditenagai oleh baterai tanam yang diklaim mampu bertahan hingga 300 jam penggunaan dan dapat diisi ulang melalui port USB Type-C. Ada tiga cara untuk menghubungkan Wireless Shortcut Remote ini ke komputer yakni menggunakan kabel, melalui dongle Bluetooth, atau langsung dengan koneksi Bluetooth.

Jika ingin menggunakan koneksi Bluetooth di komputer dengan Windows 11, ada langkah khusus yang perlu dilakukan. Kamu harus mengaktifkan opsi “Advanced” di “Bluetooth Device Discovery,” yang bisa ditemukan di pengaturan “Bluetooth & Devices,” lalu lanjut ke “View More Devices.”

Setelah itu untuk menghubungkan Wireless Shortcut Remote via Bluetooth, cukup tekan tombol tengah pada lingkaran besar selama 6 detik lalu hubungkan perangkat seperti biasa. Remote ini sesuai namanya memudahkan kita menjalankan berbagai pintasan melalui 10 tombol dan satu tombol putar.

Tombol putar ini dapat digunakan untuk memperbesar atau memutar kanvas, mengubah ukuran kuas, dan menggulir layar yang fungsinya bisa diganti-ganti dengan memencet tombol yang ada di tengahnya. Memutar tombol ini terasa sangat memuaskan dengan feedback klik setiap 1/24 putaran.

Sementara itu 10 tombol lainnya di perangkat ini memiliki fungsi shortcut umum untuk aplikasi menggambar, seperti undo, redo, hingga menyimpan file. Semua tombol ini bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan, memberikan fleksibilitas maksimal saat menggambar.

Kesimpulan

XPPen Artist Pro 24 (Gen2)

XPPen Artist Pro 24 (Gen2) adalah pen display berlayar besar yang sangat mumpuni dengan resolusi tinggi dan sudah Calman Verified, dipadukan dengan refresh rate tinggi yang membuat goresan stylus tampil sangat halus dan presisi.

Pengalaman menggambar di perangkat ini terasa nyaman berkat stylus ganda yang disediakan. Perangkat ini mampu merekam input stylus dengan sangat baik pada berbagai tingkat tekanan dan sudut kemiringan, memberikan hasil yang akurat dan natural.

Selain itu perangkat ini dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan proses menggambar seperti remote shortcut untuk akses cepat, pen case multifungsi, dan stand yang mudah diatur untuk kenyamanan penggunaan. Saat ini Artist Pro 24 (Gen2) varian 165Hz dijual seharga Rp13.900.000 dan untuk varian 4K dijual seharga Rp19.999.000.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar