ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Masuk Recovery Mode Samsung Buat Atasi Berbagai Masalah!

Gadgetren – Meskipun menjalankan antarmuka One UI buatannya sendiri, berbagai ponsel Samsung juga masih dilengkapi dengan Recovery Mode atau Mode Pemulihan seperti perangkat Android secara umum.

Kita pun dapat memanfaatkannya untuk mengatasi sejumlah masalah yang muncul di ponsel. Sesuai dengan namanya, Recovery Mode pada perangkat Samsung juga berisi berbagai konsol untuk melakukan pemulihan.

Sayangnya, mengakses Recovery Mode bisa berbeda-beda untuk setiap model perangkat. Kita yang menggunakan ponsel dengan antarmuka One UI generasi baru pun dapat melakukannya dengan langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung

  • Matikan ponsel dengan metode yang diketahui.
  • Pastikan ponsel sudah benar-benar mati.
  • Hubungkan ponsel ke laptop atau komputer menggunakan kabel USB.
  • Tekan bersama-sama tombol Volume Up dan Power sampai logo Samsung muncul.
  • Setelah logo Samsung muncul, lepaskan tombol Power.
  • Tetap tahan tombol Volume Up sampai Recovery Mode terbuka.
  • Lepaskan tombol Volume Up lalu gunakan Recovery Mode sesuai kebutuhan jika sudah terbuka.

Dengan One UI generasi baru, kita kini memerlukan perangkat tambahan agar bisa masuk ke Recovery Mode seperti menyalakan tanpa tombol Power. Mekanisme baru ini diterapkan untuk melindungi ponsel buatan Samsung agar tidak mudah disalahgunakan.

Kita dalam hal ini bisa menggunakan berbagai perangkat yang mendukung pertukaran data lewat USB. Selain laptop dan komputer, kita juga dapat mencoba memakai power bank tertentu, headset USB Type-C, televisi, atau bahkan konsol game.

Mekanisme baru ini sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya. Pada ponsel lawas Samsung, kita sudah dapat masuk ke Recovery Mode hanya dengan menahan tombol Volume Up dan Power tanpa perlu menghubungkannya ke perangkat lain.

Meskipun cara masuknya sedikit berbeda, langkah-langkah untuk menggunakan berbagai fungsi di Recovery Mode Samsung untungnya tidak berubah. Kita dalam hal ini masih belum bisa menggunakan layar sentuh untuk mengoperasikan ponsel.

Untuk mengoperasikan ponsel Samsung yang masuk ke Recovery Mode, kita masih perlu menggunakan tombol fisik. Kita dapat menggunakan Volume Up dan Down untuk navigasi lalu Power untuk memilih menu.

Perlu diingat bahwa kesalahan dalam menggunakan Recovery Mode berisiko menghilangkan data atau bahkan membuat perangkat menjadi eror alih-alih memperbaikinya. Hati-hati saat memilih menu atau memasang berkas lewat mode ini.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar