ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Game

Ini Pemenang Kompetisi GAMESEED 2024 Hasil Inkubasi Talenta Lokal

Ini Pemenang Kompetisi GAMESEED 2024 Hasil Inkubasi Talenta Lokal

Gadgetren – GAMESEED 2024 yang merupakan kompetisi game developer yang dibuka untuk seluruh platform dan semua developer telah mengumumkan para pemenangnya.

Penyelenggara kompetisi GAMESEED sendiri diselenggarakan oleh Asosiasi Game Indonesia (AGI) dan Indie Games Group Indonesia. Dalam GAMESEED 2024 terdapat 6 posisi pemenang dan hadiah uang tunai total sebesar Rp100 juta.

Penganugerahan penghargaan untuk para pemenang GAMESEED 2024 ini telah dilakukan dalam kegiatan The Indonesia Game Developer Exchange (IGDX) pada tanggal 10 – 12 Oktober 2024 di Bali.
GAMESEED 2024 turut didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Tencent dan Garena.

Sebelumnya GAMESEED 2024 ini telah diikuti oleh 324 tim yang terdiri dari 1176 peserta yang menghasilkan 188 game. Selanjutnya GAMESEED 2024 telah memilih 6 orang pemenang yang terdiri dari dua kategori yaitu Kategori Peserta Publik (Best Game Winners) dan Kategori Peserta Pelajar (Best Rokie Game Winners) dengan masing-masing rincian sebagai berikut:

Kategori Peserta Publik (Best Game Winners)

  • Glenrosa dari Bobokon Studio.
  • Fourchard dari FromHome Games.
  • Last Gardeners of Babylon dari Nightshade.

Kategori Peserta Pelajar (Best Rookie Game Winners)

  • Farm by Day Fight by Night dari Trident Dev.
  • Pawdemic dari Apahayo.
  • Maru & the Bear dari EtherKoi.

Adapun semua pemenang yang terpilih telah melalui beberapa aspek kualitas yang menjadi penilaian mencakup konsep dan desain game, konsep dan implementasi visual yang menarik, audio yang imersif, implementasi yang mulus, intuitif ketika dimainkan oleh pemain game, dan penggunaan tema dan konsep yang inovatif.

Keenam poin penilaian dilakukan oleh para juri antara lain Eka Pramudita (Mojiken), Yodi Pramudito (Tamatin), dan Kristian Utomo (Stairway Games). Sebelumnya peserta telah melalui waktu 3 minggu untuk membuat game mulai dari nol.

Selain itu peserta tidak hanya ditugaskan membuat game tapi juga diberikan pelatihan untuk meningkatkan keahlian mereka. Menurut pihak GAMESEED, yang menarik dari kompetisi GAMESEED 2024 tahun ini adalah para pemenang berkesempatan showcasing game buatan mereka di forum akselerator terbesar yang mengumpulkan para pemain di game indutri seperti game developer, investor dan mentor kelas dunia, The Indonesia Game Developer Exchange (IGDX).

Wafi Harowa selaku Ketua Pelaksana GameSeed 2024 menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan GAMESEED adalah untuk menarik minat, menginspirasi dan sekaligus menemukan talenta-talenta baru dalam industri gim di tanah air.

Pihaknya bersyukur semakin besar minat talenta Tanah Air yang berkecimpung di industri game. Hal ini terbukti dari semakin tingginya peserta GAMESEED dan di tahun kedua ini, peserta telah melonjak hampir 3 kali lipat dari peserta tahun lalu.

“Game yang dihasilkan juga semakin kreatif. Ini mendorong kami juga memperluas platform, target peserta, tujuan, konten hingga besaran hadiah yang diperebutka,” ujar Wafi.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar