ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Laptop / PC

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop? Ini Penyebab dan Solusinya!

Gadgetren – Supaya bisa tersambung ke layanan internet, sebagian besar laptop mengandalkan koneksi dari jaringan WiFi karena masih cukup jarang perangkat yang dilengkapi dengan sambungan data seluler.

Oleh karenanya, berbagai aktivitas bisa terhambat apabila sambungan WiFi di laptop bermasalah. Khususnya jika pekerjaan atau tugas yang perlu dikerjakan memerlukan koneksi internet yang mana kini cukup banyak, seperti layanan dari Google.

Jaringan WiFi yang tidak bisa terdeteksi di laptop pun termasuk salah satu masalah yang sering muncul dengan sendirinya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor di mana masing-masing memerlukan penanganan yang berbeda-beda.

1. Kemampuan Menangkap Sinyal WiFi Terlalu Lemah

Kemampuan untuk menangkap sinyal WiFi umumnya berbeda-beda pada setiap perangkat. Walaupun router memancarkan kekuatan sinyal yang sama, belum tentu dapat terdeteksi dengan baik oleh laptop yang digunakan karena komponen yang digunakan pada setiap laptop berbeda.

Jika jaringan WiFi tidak terdeteksi, ada kemungkinan kemampuan penangkapan sinyal yang dimiliki laptop memang kurang mumpuni. Kita secara khusus dapat mengeceknya dengan melihat apakah perangkat lain mengalami hal yang sama atau tidak.

Sebagai solusi, kita pun dapat mencoba mendekatkan laptop ke router agar sinyal mampu diterima dengan lebih baik. Pastikan tidak ada benda atau tembok yang menghalangi keduanya, khususnya pada WiFi dengan frekuensi band lebih tinggi seperti 5GHz.

2. Driver Rusak, Hilang, atau Sudah Usang

  • Klik kanan pada tombol Start Windows.
  • Pilih menu Device Manager.
  • Buka kategori Network adapters.
  • Klik kanan pada pengaturan driver WiFi adapter yang digunakan.
  • Ketuk opsi Update driver untuk memperbarui driver atau Uninstall device untuk memasang ulang.
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar.
  • Muat ulang perangkat setelah selesai.

Sama seperti beberapa masalah yang sering terjadi pada sebuah laptop, driver yang bermasalah juga dapat menjadi penyebab kenapa perangkat tidak dapat mendeteksi jaringan WiFi. Hal ini berlaku untuk driver yang rusak, hilang, maupun sudah usang.

Mencoba memperbarui driver makanya menjadi salah satu langkah yang bisa dipertimbangkan ketika jaringan WiFi tidak dapat terdeteksi oleh laptop. Kita dapat memilih pencarian secara otomatis maupun manual.

Dalam hal ini kita dapat memilih pencarian driver secara otomatis apabila bisa tersambung ke internet misalnya melalui kabel atau melakukannya secara manual dengan mengunduh berkas instalasinya dari perangkat lain.

Apabila pembaruan gagal atau belum menyelesaikan masalah yang muncul, tak ada salahnya untuk mencoba melakukan pemasangan ulang. Langkah ini nantinya akan sekaligus menyegarkan driver yang terpasang.

WiFi Tidak Terdeteksi di Laptop - Header

3. Network Adapter Bermasalah

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke halaman System atau Update & Security tergantung versi sistem.
  • Pilih menu Troubleshoot.
  • Buka pengaturan Other troubleshooters atau Additional troubleshooters.
  • Cari dan pilih Network Adapter.
  • Ketuk tombol Run atau Run the troubleshooter.
  • Ikuti petunjuk yang muncul di layar.
  • Muat ulang perangkat jika sudah selesai.

Selain dari segi driver, jaringan WiFi yang tidak terdeteksi juga dapat terjadi karena Network Adapter laptop sedang bermasalah. Misalnya akibat konfigurasi atau pengaturan yang kurang tepat sehingga menyebabkannya kesulitan untuk mendeteksi WiFi.

Kita pun dapat mengecek dan memperbaiki berbagai permasalahan pada Network Adapter dengan menjalankan fitur pemecah masalah atau troubleshooter bawaan sistem operasi yang berjalan secara otomatis.

4. Pita Frekuensi WiFi dan Laptop Berbeda

Bagi kamu yang belum tahu, WiFi tersedia dengan pita frekuensi yang berbeda-beda. Kita kini setidaknya dapat menjumpai mulai dari 2,4GHz, 5GHz, hingga 6GHz yang menawarkan kecepatan dan jangkauan lumayan berbeda.

Untuk menikmati pita jaringan yang sama, laptop dan router sayangnya harus sama-sama mendukungnya. Jaringan WiFi yang tidak terdeteksi pun juga dapat terjadi karena perangkat menggunakan pengaturan berbeda.

Cek spesifikasi WiFi Adapter yang terpasang di laptop, frekuensi apa yang didukungnya. Pastikan perangkat mempunyai dukungan pita frekuensi serupa dengan pengaturan jaringan yang digunakan oleh router.

Frekuensi 2,4GHz menjadi standar yang umum digunakan sementara 5GHz dan 6GHz terbilang cukup modern sehingga tidak semua perangkat sudah mendukungnya.

5. Sistem Operasi Sudah Usang

  • Tekan tombol Start Windows.
  • Masuk ke halaman Settings.
  • Pilih menu Update & Security jika diperlukan.
  • Buka pengaturan Windows Update.
  • Ketuk tombol Check for Windows updates.

Menjalankan sistem operasi yang sudah mulai usang dapat memicu sejumlah masalah di dalam sebuah laptop, termasuk di dalamnya bisa membuat jaringan WiFi di sekitar tidak dapat terdeteksi dengan benar.

Saat sistem operasi sudah mulai usang, kompabilitas laptop dengan sejumlah komponen dapat menurun. Beberapa bug yang belum teratasi pun bisa menyebabkan berbagai masalah dalam pemakaian.

Memperbarui sistem operasi makanya bisa menjadi solusi yang perlu dicoba saat laptop kesulitan dalam mendeteksi jaringan WiFi. Soalnya ada kemungkinan masalah ini berasal dari kompabilitas maupun bug pengembangan.

6. Konfigurasi Manajemen Daya Kurang Tepat

  • Buka kategori Network adapters pada menu Device Manager seperti ulasan sebelumnya.
  • Klik kanan pada driver WiFi Adapter.
  • Pilih menu Properties.
  • Masuk ke tab Power Management.
  • Hapus centang pada opsi Allow the computer to turn off this device to save power.
  • Ketuk tombol OK.
  • Muat ulang laptop untuk menerapkan perubahan pengaturan.

Pada beberapa laptop, terdapat fitur penghemat daya yang memungkinkan kita menggunakan perangkat dengan durasi lebih lama. Fitur ini sayangnya akan menonaktifkan sebagian fungsi supaya bisa melakukannya.

Fitur penghemat daya ini salah satunya akan menonaktifkan komponen WiFi Adapter. Jika jaringan sekitar tidak dapat terdeteksi ketika laptop mulai kehabisan baterai, maka fitur inilah yang kemungkinan jadi penyebabnya.

Untungnya, sistem manajemen di sejumlah laptop mengizinkan kita menyesuaikan pengaturan penghemat daya untuk WiFi Adapter. Kita pun bisa mengaktifkan atau menonaktifkan setelannya.

7. Router Bermasalah

Tidak terdeteksinya jaringan WiFi bukan hanya dapat disebabkan oleh berbagai kendala di laptop. Masalah ini juga dapat terjadi karena perangkat router yang digunakan menyebarkan jaringan bermasalah.

Mengeceknya pun bisa dilakukan secara mudah. Kita dapat mencoba melakukan pemindaian dengan menggunakan perangkat lain seperti ponsel atau tablet. Jika jaringan WiFi juga tidak terdeteksi, ada kemungkinan router memang bermasalah.

Kita dapat memastikan dan memperbaikinya dengan melihat pengaturan atau indikator yang terdapat pada router. Namun jika kesulitan, kita secara khusus dapat meminta bantuan teknis dari penyedia layanan internet yang digunakan.

8. Modul WiFi Adapter Sudah Rusak

Terakhir, masalah jaringan yang tidak bisa terdeteksi di laptop juga dapat disebabkan oleh modul WiFi Adapter yang memang sudah rusak. Ini biasanya akan terjadi pada perangkat-perangkat yang sudah berusia sangat lama.

Kerusakan modul WiFi Adapter bisa ditandai dengan tidak terdeteksinya semua jaringan yang tersedia. Kita pun dapat mengeceknya dengan melakukan pemindaian jaringan yang berbeda-beda.

Jika laptop tidak dapat mendeteksi semua jaringan WiFi yang dicoba, membawa perangkat ke tempat servis bisa menjadi langkah yang selanjutnya. Kita di sisi lain juga dapat mencoba memasang dongle WiFi Adapter sebagai solusi yang lebih terjangkau.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar