ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Kembalikan Akun TikTok yang Hilang Agar Pulih Diakses

Gadgetren – Tak jarang kita lupa dengan password akun TikTok sehingga perlu menggunakan email yang didaftarkan untuk dapat kembali masuk ke akun kita.

Namun jika kita lupa nomor ponsel dan email yang didaftarkan di akun TikTok, maka kita bisa menggunakan fitur memulihkan akun TikTok yang disediakan.

Fitur ini dapat digunakan ketika kita tidak memiliki akses ke ponsel, lupa nomor, dan email hilang yang mana tentunya sangat terbatas metode yang bisa dilakukan untuk memulihkan akun.

Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Hilang

  1. Masuk ke aplikasi TikTok.
  2. Di halaman menu login, kamu akan diminta untuk mendaftar TikTok.
  3. Pilih menu Gunakan Nomor Telepon atau Email.
  4. Ketuk logo tanda tanya di pojok kanan atas.
  5. Kemudian pilih menu Pulihkan akun Anda.
  6. Pilih menggunakan nama pengguna TikTok.
  7. Masukan nama username TikTok yang ingin dipulihkan.
  8. Setelah itu akan masuk pada halaman verifikasikan identitas.
  9. Ketuk Perlu Bantuan di bagian bawah layar.
  10. Di halaman laporkan masalah, lampirkan screenshot dan rekam akun kamu.
  11. Lalu tulis penjelasan seperti “Kepada Tim TikTok yang terhormat, saya adalah pemilik akun TikTok (nama akun). Saya tidak bisa login ke akun saya tersebut dikarenakan lupa email, nomor ponsel sudah tidak aktif, dan ponsel yang biasa saya gunakan telah hilang.”
  12. Setelah itu tunggu konfirmasi dari TikTok selama 3×24 jam.

Melaporkan masalah ke pihak TikTok bisa menjadi alternatif jika kamu tidak lagi mengetahui kata sandi, nomor telepon, akun media sosial, dan email.

Jika masih bisa membuka email terhubung, maka kamu dapat melakukan pemulihan akun menggunakan email. Perlu diingat, TikTok dapat menonaktifkan akun jika terdapat pelanggaran kebijakan sehingga pastikan akun kamu tidak ditutup karena melanggar panduan komunitas.

Jika kamu yakin tidak melanggar, sampaikan ini saat menghubungi dukungan TikTok agar bisa membantu memulihkan akun. Namun jika ternyata ada pelanggaran dalam penggunaan akun TikTok, maka akun kamu akan tetap dilakukan penangguhan.

Pelanggaran biasanya seputar berbagi konten yang tidak pantas seperti konten berisi pornografi, kekerasan, dan masih banyak lagi. Selain itu penangguhan terjadi bila ada orang lain atau akun lain yang melaporkan akun dalam jumlah banyak.

Apabila semua telah dilakukan dan akun kamu tidak bisa kembali, maka sayangnya kamu harus merelakannya dan membuat kembali akun baru karena tidak banyak yang bisa dilakukan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar