ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Foto Hitam Putih di Handphone Lebih Memikat dengan Trik Set of Three, Seperti Apa? 

Workshop-Xiaomi-x-TwentyTwo-Second

Gadgetren –  Komunitas fotografi bernama TwentyTwoSecond bersama dengan Xiaomi telah menggelar workshop bertajuk “The Art of Coffee Making” yang diselenggarakan di Ruma Coffeatery pada tanggal 21 September 2024 kemarin.

Workshop perdana yang digelar komunitas fotografi TwentyTwoSecond ini menghadiri pembicara fotografer Beawiharta. Workshop ini juga dihadiri peserta dari berbagai kalangan penikmat teknologi.

Melalui workshop ini para peserta diberikan tips dan trik menarik untuk kemampuan dasar fotografi mobile yang didukung handphone Xiaomi 14 mulai dari menentukan tema, menentukan sudut pandang yang lebih tepat ketika mengambil rangkaian foto hitam putih, hingga akhirnya menjadi sebuah cerita menarik.

Renhard Harjanto, salah satu anggota komunitas membagikan salah satu tips menarik untuk mengambil photo story yang mudah ialah dengan menggunakan set of three. Baginya fotografi sama halnya membuat rangkaian cerita.

Untuk mengambil foto yang bercerita, kamu bisa mengambil tiga rangkaian foto terdiri dari pembuka sebagai awal untuk menceritakan keseluruhan tema yang ingin ceritakan. Kemudian, foto kedua kamu dapat memotret setiap adegan dan kamu dapat memotret aktivitas dari yang ingin diceritakan atau subjek di dalam cerita.

Terakhir, kamu bisa mengambil foto detail sebagai pelengkap dari rangkaian skenario yang ingin diceritakan. Setelah diberikan teori, dalam workshop para peserta juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung foto hitam putih dengan menggunakan kamera Xiaomi 14.

Handphone ini hasil kerja sama dengan Leica yang menawarkan dua filter hitam putih beserta tiga sensor kamera yang bisa memberikan sudut pandang berbeda ketika mengambil foto hitam putih.

Kemudian setelah rangkaian foto hitam putih sudah didapat menggunakan set of three maka menurut TwentyTwo Second akan bisa tercipta sebuah photo story yang lebih memikat hingga menciptakan emosi yang lebih dalam dari mereka yang melihatnya.

Xiaomi-14-75mmSelain tips belajar fotografi yang memikat, workshop ini juga membagikan 5 tips dasar terkait fotografi mobile. Pertama kamu pastikan lebih dulu sudah menyetel perangkat dengan mode terbaik untuk ambil foto berkualitas tinggi.

Selanjutnya kamu dapat menyalakan pilihan grid agar membantu mempermudah framing objek. Kemudian gunakan kemampuan zoom atau pembesaran pada handphone secara tepat dan tidak berlebihan agar kualitas foto bisa tetap terjaga.

Berikutnya kamu harus memastikan pengambilan foto steady tanpa pergerakan sedikitpun ketika menjepret shutter di handphone. Jika kesulitan maka kamu harus menggunakan alat bantu seperti gimbal. Tak lupa untuk mengambil gambar perhatikan juga arah cahaya agar gambar terlihat cantik.

Sementara untuk foto portrait, kamu dapat memperhatikan arah cahaya agar wajah objek utama tidak memiliki siluet pada sisi tertentu. Setelah tips dasar sudah dikuasai, para peserta dapat menentukan tema yang ingin dicapai.

 Xiaomi-14-46mm-iso-25Peserta pun diberikan kesempatan untuk mengabadikan momen seorang barista meracik kopi secara manual. Dari sebuah aktivitas ini, masing-masing dapat menentukan cerita apa yang ingin mereka hasilkan.

Para peserta dapat mengambil cerita lebih jauh terkait proses pembuatan kopi, proses peracikan biji kopi, hingga bisa cerita tentang profil barista yang membuat kopi dalam sesi tersebut.

Sebagai tambahan informasi, saat ini Xiaomi Indonesia tengah memberikan promo khusus pembelian untuk produk Xiaomi 14 yang mana hingga 30 September 2024 mendatang, pembeli berkesempatan mendapatkan bonus Xiaomi Smart Air Purifier 4 Compact.

Promo ini berlaku baik untuk pembelian secara online maupun offline di seluruh toko dan peritel resmi Xiaomi Indonesia. Xiaomi 14 hadir dalam tiga varian warna yaitu Black, Green, dan White. Handphone premium ini dibanderol dengan harga Rp11.999.000 dan didiskon Rp150 ribu pada situs mi.com/id.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar