ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mendaftar YouTube Shopping Affiliate, Bisa Dapat Komisi!

Gadgetren – Program Afiliasi YouTube Shopping memungkinkan kreator mendapatkan komisi dari penjualan produk yang mereka promosikan melalui video atau live stream di YouTube.

Program yang sudah resmi hadir di Indonesia ini memberikan kesempatan untuk para kreator untuk mempromosikan dan menyertakan produk yang dapat dibeli oleh audiens.

Sebelum kamu bisa mendaftar ke program afiliasi YouTube Shopping, pastikan kamu memenuhi persyaratannya lebih dulu termasuk menjadi bagian dari Program Partner YouTube (YPP).

Selain itu Channel kamu harus memenuhi syarat monetisasi, selalu memenuhi Kebijakan Komunitas YouTube, tidak boleh memiliki pelanggaran, dan akun Google AdSense Aktif untuk menerima pembayaran dari afiliasi.

Cara Daftar Program Afiliasi YouTube Shopping

  • Masuk ke YouTube Studio dari akun YouTube kamu.
  • Ketuk menu Monetization di sisi kiri.
  • Pilih tab Shopping.
  • Jika tersedia, kamu akan melihat opsi untuk mendaftar ke program afiliasi.
  • Isi formulir pendaftaran sesuai dengan instruksi yang diberikan, termasuk memilih produk atau brand yang ingin kamu promosikan.
  • Setelah permohonan kamu disetujui, kamu dapat mulai mempromosikan produk afiliasi.
  • Ketika mengunggah video, pilih produk afiliasi yang ingin kamu tampilkan dalam video tersebut.
  • Kamu juga bisa menambahkan produk afiliasi ke dalam live stream menggunakan fitur Shopping.

Bila kamu belum memenuhi persyaratan, opsi untuk mendaftar program afiliasi tentunya tidak akan muncul. Untuk mendapatkan komisi dari program afiliasi, pastikan kamu secara aktif mempromosikan produk yang relevan dengan audiens.

Untuk mempromosikan produk, kamu mungkin bisa membuat video review mendalam tentang produk tersebut atau juga menceritakan keunggulan produk.

Jika memungkinkan, tunjukkan cara penggunaan produk untuk menarik minat dan ajak penonton untuk membeli produk menggunakan link afiliasi yang telah kamu tambahkan dalam video.

Jika ada penonton yang tertarik, saat tombol belanja diketuk akan dialihkan ke halaman e-commerce Shopee yang telah kerja sama dengan YouTube untuk menghadirkan program afiliasi ini dan kamu akan mendapatkan komisi setiap penjualan sukses.

Sebagai tambahan informasi, program Afiliasi YouTube Shopping saat ini baru tersedia di wilayah Amerika Serikat, Korea Selatan, Indonesia, Thailand, dan Vietnam.

Produk yang ditawarkan di program afiliasi mungkin berbeda-beda tergantung dari brand dan platform e-commerce yang terlibat. Program afiliasi memungkinkan kreator YouTube mendapatkan penghasilan tambahan dengan mempromosikan produk yang relevan tanpa harus memiliki produk sendiri.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar