ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

5 Kelebihan dan Kekurangan realme 13 Pro 5G, Seri Ponsel Cantik yang Menarik!

Gadgetren – realme 13 Pro 5G merupakan ponsel yang menarik untuk dipertimbangkan. Perangkat tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fitur dan dukungan mutakhir sebagai penunjang.

Banderol harganya apalagi relatif ramah untuk sebagian orang. Di Indonesia, realme 13 Pro 5G secara khusus tersedia dalam satu varian memori dan sudah bisa dipinang hanya dengan mengeluarkan dana sebesar Rp5.999.000.

Bagi kamu yang masih ragu-ragu, realme 13 Pro 5G di sisi lain juga mempunyai berbagai macam keunggulan yang bisa dipertimbangkan. Kita dapat menggunakannya untuk memastikan apakah perangkat tersebut layak dipinang atau tidak.

Kelebihan realme 13 Pro 5G

1. Desain Menarik

Keunggulan realme 13 Pro 5G salah satunya terletak pada desain. Berkolaborasi dengan Museum of Fine Arts (MFA) Boston, seri keluarganya hadir dengan varian warna yang terinspirasi dari sapuan kuas pelukis impresionis Claude Monet.

Disebut dengan Monet Purple, bodi realme 13 Pro 5G secara khusus memancarkan keindahan warna ungu yang diambil dari lukisan Water Lilies. Pihak realme memadukannya dengan permukaan Frosted High-gloss Glass yang menampilkan aksen berkilau.

Selain Monet Purple, realme 13 Pro 5G juga tampil dengan balutan warna Emerald Green. Varian ini pun tak kalah menarik karena menyajikan perpaduan warna hijau dengan bahan silikon yang dibuat menyerupai kulit.

Kedua varian warnanya sama-sama terlihat premium. Terlebih lagi, realme 13 Pro 5G memang mempunyai desain cantik dengan tonjolan modul kamera yang disebut Sunrise Halo. Bentuk lingkarannya memancarkan kesan mewah khas sebuah jam tangan premium.

Di sisi lain, realme 13 Pro 5G juga diklaim tahan banting. Perangkat tersebut sudah berhasil melewati uji jatuh dari ketinggian 1,65 meter di atas permukaan granit tanpa cacat yang terlihat. Bodinya juga tahan percikan air dan debu dengan sertifikasi IP65.

2. Kamera Mumpuni

Membahas ponsel buatan realme, kita tentu tidak boleh melewatkan bagian kamera. Dukungan yang ditawarkan oleh realme 13 Pro 5G apalagi juga menjadi salah satu keunggulannya.

Seperti seri realme 13 yang meluncur lebih dulu, perangkat tersebut pun meluncur dengan sistem kamera berteknologi Sony. Lensa utamanya mengandalkan sensor Sony LYT-600 beresolusi 50MP yang mendukung OIS (Optical Image Stabilization).

Lensa utamanya dipadukan bersama kamera ultrawide 8MP yang mampu menangani pengambilan gambar dengan bidang pandang sampai 112 derajat sehingga bakal dapat membidik dengan lebih luas. Kemampuannya pun semakin lengkap dengan tambahan kamera depan beresolusi 32MP.

Pada bagian kamera ini, realme 13 Pro 5G tentunya tak hanya menjagokan peranti keras berspesifikasi tinggi. Terdapat sistem cerdas bernama HYPERIMAGE+ yang akan mendorong kemampuan pengambilan gambarnya agar punya hasil lebih baik.

Bersama dengan penggunaan sistem cerdas HYPERIMAGE+, kamera realme 13 Pro 5G disokong oleh berbagai fitur berbasis AI (Artificial Intelligence) yang akan memperluas pengalaman fotografi para pengguna.

3. Baterai dan Pengisian Daya Bisa Diandalkan

Sebagai penunjang, realme 13 Pro 5G juga hadir dengan dukungan baterai yang mumpuni. Perangkat tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya yang besar sehingga kita tidak perlu mengisi berulang kali dalam penggunaan normal.

Secara teknis, baterai realme 13 Pro 5G mampu menampung daya hingga 5.200mAh. Kapasitasnya sudah cukup untuk menemani pengguna bermain game selama 8 jam, menonton YouTube 18 jam, atau bahkan memutar musik 77 jam.

Kalaupun terpaksa harus melakukan pengisian daya, kita pun tidak perlu menunggu lama. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi 45W SuperVOOC Charge yang memungkinkan kita mengisi baterai secara lebih cepat.

Untuk mengisi baterai realme 13 Pro 5G hingga berkapasitas 50 persen, teknologi ini diklaim hanya memerlukan waktu sekitar 27 menit. Penggunaan sebenarnya tentu bisa bervariasi tergantung lingkungan pada saat pengisian, termasuk charger yang digunakan.

Yang tak kalah menarik, kita tidak perlu khawatir baterai perangkat akan cepat menurun meskipun memakai pengisian berdaya tinggi. realme 13 Pro 5G telah memakai teknologi yang dapat mempertahankan kemampuan penampungan dayanya hingga empat tahun pemakaian.

4. Sudah Ditunjang AI

Dukungan berbasis AI pada realme 13 Pro 5G juga tak hanya hadir pada sistem kamera. Kita juga dapat menemukan berbagai fitur cerdas yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas foto setelah pengambilan gambar.

Termasuk salah satunya adalah AI Ultra Clarity. Fitur ini secara khusus dapat digunakan untuk memoles gambar yang terlihat buram menjadi lebih jelas. Kita misalnya dapat memakainya untuk memperbaiki foto-foto lawas.

Terdapat juga fitur bernama AI Group Photo Enhance. Kita dapat memanfaatkannya untuk memperbaiki foto grup supaya wajah setiap orang terlihat dengan jelas, bukan hanya mereka yang di tengah saja.

Seperti kebanyakan ponsel menengah ke atas di masa sekarang, realme 13 Pro 5G juga dilengkapi dengan fitur yang dapat memudahkan kita menghapus obyek tak diinginkan pada sebuah foto.

Dukungan ini diberi nama AI Smart Removal yang sesuai namanya memanfaatkan teknologi AI untuk menghapus obyek tertentu secara pintar dan terlihat natural.

Kekurangan realme 13 Pro 5G

1. Kinerja Bisa Lebih Baik

Meskipun membawa berbagai dukungan menarik, kinerja yang ditawarkan oleh realme 13 Pro 5G sayangnya perlu mendapat perhatian khusus. Perangkat tersebut soalnya hanya dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2.

Chipset menengah ini sebenarnya sudah mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk menangani berbagai macam aktivitas. Hanya saja untuk rentang harganya, ada beberapa perangkat yang mempunyai chipset dengan kinerja lebih baik sehingga performanya mungkin akan ketinggalan jika dibandingkan.

Snapdragon 7s Gen 2 pada realme 13 Pro 5G dipadukan secara khusus bersama RAM berkapasitas 12GB dan penyimpanan 256GB. Kombinasi ini diklaim hanya mampu menembus skor AnTuTu sampai 680 ribuan poin.

Untuk Versi realme 13 Pro+ 5G

Kelebihan dan Kekurangan realme 13 Pro+ 5G

Dengan spesifikasi yang hampir mirip, realme 13 Pro+ 5G yang menjadi kakaknya tentu juga tak kalah menarik. Perangkat tersebut apalagi mempunyai beberapa aspek lebih tinggi ketimbang saudaranya.

Kita secara khusus dapat mempertimbangkan realme 13 Pro+ 5G apabila memerlukan dukungan kamera yang lebih baik. Perangkat tersebut mempunyai sistem yang lebih mumpuni dan lengkap.

Kamera realme 13 Pro+ 5G sebenarnya masih disokong oleh sensor Sony LYT-600. Hanya saja secara khusus, perangkat tersebut tidak memakainya sebagai lensa utama melainkan lensa telefoto.

Pihak realme dalam hal ini memadukannya dengan teknologi periskop yang memungkinkan perangkat menghasilkan pembesaran optik sampai 3x, in-zoom sensor 6x, dan digital hingga 120x.

Selaras dengan pengubahan fungsi sensornya, realme 13 Pro+ 5G memasang sensor Sony LYT-701 50MP sebagai kamera utama. Kemampuannya tentu lebih unggul di mana bahkan terbukti dengan adanya Sertifikasi TÃœV Rheinland untuk Kamera Resolusi Tinggi.

Tim Gadgetren bahkan sudah pernah menguji sendiri kemampuan kamera dari realme 13 Pro+ 5G. Hasilnya pun terasa sangat memuaskan. Perangkat tersebut mampu menghasilkan foto yang sangat baik pada berbagai mode pengambilan gambar yang disediakan.

Bukan hanya kamera, kita juga dapat mempertimbangkan untuk membayar lebih mahal realme 13 Pro+ 5G jika memerlukan dukungan pengisian yang lebih cepat. Perangkat tersebut sudah dilengkapi teknologi 80W SuperVOOC yang hanya memerlukan 19 menit untuk mengisi sampai kapasitas 50 persen.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar