ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Apa Itu iOS 18 Game Mode? Bisa Bikin Permainan Lebih Baik!

Gadgetren – Melalui pembaruan sistem iOS 18, Apple menghadirkan sejumlah fitur baru untuk perangkat iPhone. Salah satu di antaranya termasuk Game Mode yang sebelumnya hanya tersedia untuk Mac.

Seperti namanya, Game Mode memungkinkan kita menggunakan iPhone untuk bermain game secara lebih menyenangkan. Fitur tersebut akan mengoptimalkan berbagai aspek di dalam perangkat.

Menariknya, fitur tersebut akan aktif secara otomatis ketika kita menjalankan berbagai macam game. Sebuah pop-up notifikasi akan muncul ketika perangkat iPhone mengaktifkannya.

Apa Itu iOS 18 Game Mode?

Game Mode merupakan sebuah fitur yang akan meningkatkan kemampuan iPhone dalam menangani berbagai macam game. Dengannya, kita dapat bermain secara lebih baik dan lancar.

Berdasarkan informasi yang diungkapkan oleh Apple, fitur tersebut akan mengurangi aktivitas di latar belakang baik itu pada level sistem maupun aplikasi. Kinerja perangkat secara khusus akan difokuskan untuk menangani game yang sedang dimainkan.

Dengan begitu, game diharapkan mampu berjalan dengan frame rate tinggi dan stabil dalam waktu yang lama. Kita pun dapat bermain berjam-jam tanpa khawatir kualitas permainan akan cepat menurun.

Selain memprioritaskan kinerja permainan, Game Mode juga akan menggandakan polling rate atau pengecekan input untuk koneksi Bluetooth. Ini akan membuat kontrol dari Wireless Controller menjadi lebih responsif.

Tidak hanya untuk Wireless Controller, peningkatan sambungan melalui Bluetooth ini juga dilakukan untuk aksesori nirkabel yang lain. Termasuk di antaranya akan mengurangi latensi suara pada koneksi AirPods Pro 2 atau generasi yang lebih baru.

Peningkatan sambungan untuk AirPods ini tentu akan memberikan pengalaman bermain game yang semakin menyenangkan. Terlebih lagi, iOS 18 kini juga mempunyai fitur Personalized Spatial Audio untuk keluaran suara yang terdengar lebih mendalam.

Cara Menggunakan iOS 18 Game Mode

  • Jalankan salah satu game yang terpasang di iPhone.
  • Pop-Up notifikasi Game Mode On akan muncul ketika fitur sudah diaktifkan.
  • Ketuk pop-up notifikasi jika ingin menonaktifkannya.

Untuk menggunakan Game Mode, kita tidak perlu melakukan pengaturan secara khusus. Fitur tersebut akan diaktifkan secara otomatis ketika kita menjalankan sebuah game di perangkat iPhone.

Hanya saja perlu diingat, fitur tersebut baru tersedia untuk perangkat-perangkat yang sudah menjalankan iOS 18. Kita yang ingin mencobanya harus melakukan pembaruan terlebih dulu apabila masih memakai sistem yang lebih lawas.

Pembaruan iOS 18 di sisi lain juga tersedia cukup terbatas. Kita hanya dapat mengunduh dan memasangnya apabila menggunakan iPhone XS atau perangkat yang lebih baru.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar