ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Perangkat Pintar

Ini 3 Fitur Cerdas di TV Samsung Neo QLED 8K Terbaru, Apa Saja?

Samsung-Neo-QLED-8K-Processor-NQ8-AI-Gen3

Gadgetren – Setelah dijual melalui program pre order, kini Samsung telah menggelar penjualan bebas Samsung TV Neo QLED 8K generasi baru yang ditenagai chipset terbaru yaitu NQ8 AI Gen3 dan NQ4 AI Gen2.

Adapun untuk Neo QLED 8K QN900D dengan chipset NQ8 AI Gen3 hadir dalam ukuran layar 85″ dengan harga bandrol Rp132.599.000. Sedangkan untuk Neo QLED 8K QN800D dengan chipset NQ4 AI Gen2 dilepas mulai dari Rp54.999.000 hingga Rp73.399.000.

Secara umum lini Neo QLED 8K generasi baru ini membawa tiga keunggulan yang ditawarkan mencakup AI Picture, AI Sound, dan AI Optimization. Pada AI Picture, lini Neo QLED 8K menghadirkan 8K AI Upscaling Pro.

Teknologi 8K AI Upscaling Pro didukung oleh 512 neural networks AI yang mampu membuat konten dengan resolusi Full HD maupun 4K serta disebut setiap frame gambar dioptimalkan menjadi resolusi 8K.

Dengan begitu, pengguna masih dapat menikmati video maupun film dengan jernih pada lini Neo QLED 8K walaupun kontennya masih beresolusi Full HD maupun 4K karena AI secara cerdas akan membuat kontennya terasa native di resolusi 8K.

Pihak Samsung menjanjikan bahwa pengguna Samsung TV model ini dapat menikmati acara TV, film, dan konten streaming, termasuk dari aplikasi YouTube maupun layanan streaming lainnya, dengan tampilan gambar yang tajam serta halus.

Kejernihan dan detail gambar dari konten yang ditingkatkan dari fitur 8K AI Upscaling Pro dengan prosesor NQ8 AI Gen 3 ini diklaim 1,8 kali lebih bagi dibandingkan dengan prosesor NQ4 AI Gen 2 milik Samsung TV Neo QLED 4K.

 Samsung-Neo-QLED-8K-picture-sound-optimization.

Sementara dengan AI Motion Enhancer Pro membuat lini Neo QLED 8K dapat menggunakan deep learning untuk mempertajam serta memperhalus gerakan objek dan teks yang ditampilkan di layar TV.

Hal ini memungkinkan pengguna yang menonton pertandingan olahraga yang biasanya memiliki pergerakan tinggi dapat melihat objek dengan lebih jelas. Fitur ini akan membuat gerakan bola yang terlihat sangat blur akan terlihat sangat jelas ketika ditampilkan pada lini Neo QLED 8K ini.

Kemudian pada aspek AI Sound terdapat fitur Active Voice Amplifier Pro yang memungkinkan pengguna dapat menikmati tontonan yang mengandung banyak percakapan atau dialog dengan layar lagu akan menjadi jernih karena suaranya akan diperjelas dan dioptimalkan sehingga menjadi lebih terdengar berkat kemampuan AI.

Fitur yang satu ini tidak aktif secara otomatis sehingga pengguna dapat mengaktifkannya terlebih dulu pada menu Pengaturan atau Settings yang terdapat pada lini Neo QLED 8K. Selanjutnya Object Tracking Sound (OTS) Pro yang secara cerdas dapat melacak setiap gerakan atau aksi objek pada konten yang ditampilkan di TV.

 Samsung-Neo-QLED-8K-

Dengan begitu suara yang keluar secara dinamis dapat mengikuti pergerakan objek ke setiap arah sehingga membuat pengguna seperti berada di posisi karakter yang membuat terasa sedang berada di dalam film tersebut.

Terakhir dengan AI Optimization pada Neo QLED 8K memungkinkan pengguna secara otomatis dapat mengatur kontras warna dan kualitas tampilan konten sesuai preferensi individu.

Teknologi canggih ini bisa menganalisis jenis konten yang sedang ditonton dan menyesuaikan pengaturan visual sehingga setiap anggota keluarga dapat dengan harmonis menikmati program favorit sesuai selera tontonan mereka.

Untuk menggunakan AI Optimization pengguna dapat masuk ke menu Settings lini Neo QLED 8K. Kemudian bisa mengaktifkan Intelligent Mode dan pilih Picture Mode. Setelah itu pilih AI Customization.

Lalu pilih gambar berdasarkan Brightness, Contrast, Color, dan Color Tone yang disukai ketika menonton Sports Event, Movie, dan lainnya. Berikutnya ketuk Done setelah pengguna memilih preferensi tontonan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar