ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Apa Itu Bypass Charging? Bisa Bikin Main Game Lebih Nyaman!

Gadgetren – Diklaim sebagai perangkat khusus untuk bermain game, beberapa seri ponsel kini meluncur dengan dilengkapi sebuah fitur bernama Bypass Charging sebagai salah satu penunjangnya.

Fitur Bypass Charging memang menjadi salah satu dukungan yang diperlukan pada saat kita bermain game. Dengannya, kita bisa terus melanjutkan permainan meskipun perangkat kehabisan daya.

Selain itu, fitur Bypass Charging dapat membuat kita bermain game dengan lebih nyaman. Kesehatan baterai juga akan lebih terjaga sehingga kita bisa tetap menggunakan perangkat untuk jangka panjang.

Apa Itu Bypass Charging?

Bypass Charging merupakan teknologi yang memungkinkan kita menggunakan perangkat dengan sumber daya langsung dari adaptor pengisian. Dalam hal ini, arus listrik sepenuhnya akan dihantarkan ke mesin utama tanpa melalui baterai.

Selama fitur Bypass Charging aktif, perangkat tidak akan mengisi maupun menggunakan daya baterai. Kapasitasnya tidak akan bertambah maupun berkurang meskipun ponsel atau tablet terhubung dengan adaptor pengisian.

Bypass-Charging-Infinix

Namun tentu saja, fungsi baterai akan kembali seperti semula setelah Bypass Charging dinonaktifkan. Proses pengisian dan penggunaan daya pun akan berjalan normal sesuai kemampuan perangkat.

Dengan hadirnya fitur Bypass Charging, kita pun tidak perlu khawatir perangkat akan mengalami peningkatan suhu secara berlebihan saat menangani tugas berat sembari terhubung ke pengisi daya.

Bagi kamu yang belum tahu, proses pengisian daya normalnya akan diikuti dengan pelepasan panas. Sebuah perangkat makanya akan terasa sedikit hangat ketika kita mengisi baterai.

Karena fitur Bypass Charging meniadakan proses pengisian daya, pelepasan panasnya pun dapat dihindari. Perangkat pada akhirnya hanya perlu menangani peningkatan suhu dari chipset yang sedang bekerja.

Di samping itu, penggunaan fitur Bypass Charging juga dapat memperpanjang usia pemakaian perangkat. Penurunan kapasitas penampungan daya yang terjadi seiring siklus pengisian dan penggunaan baterai soalnya bisa sedikit ditekan.

Kesehatan baterai tidak akan cepat menurun karena siklus pengisian bisa terjeda ketika kita menggunakan fitur Bypass Charging. Pada akhirnya, baterai perangkat bisa tetap awet meskipun sudah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sayangnya, Bypass Charging memerlukan peranti lunak dan keras khusus supaya dapat bekerja. Hanya perangkat yang mempunyai keduanya yang dapat digunakan untuk menikmati fitur tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar