ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Wearable

Apple AirPods 4 Hadir dengan Desain Baru dan Tahan Hingga 30 Jam

Apple AirPods 4 Hadir dengan Desain Baru dan Tahan Hingga 30 Jam

Gadgetren – Selain membawa seri iPhone 16 terbaru, Apple juga turut merilis perangkat audio TWS anyarnya yang bernama AirPods 4. Sama seperti seri iPhone 16, AirPods 4 mulai tersedia di pasaran pada tanggal 20 September 2024 mendatang.

Perangkat audio TWS ini kini sudah dapat dipesan di wilayah Amerika Serikat dengan harga banderol versi standar mulai 129 USD atau sekitar Rp1,9 jutaan. Sedangkan AirPods 4 dengan dukungan ANC dibanderol seharga 179USD atau setara Rp 2,7 jutaan.

AirPods 4 hadir dalam dua varian yaitu AirPods 4 standar dan AirPods 4 yang didukung Active Noise Cancelation (ANC). Dari segi desain, AirPods 4 tampil baru dengan desain telinga terbuka atau Open Fit Ear.

Desain baru ini disebut dibuat melalui proses pengumpulan data menggunakan alat pemodelan canggih, seperti fotogrametri 3D dan topografi laser. Ini untuk memetakan dan menganalisis secara tepat ribuan bentuk telinga dan lebih dari 50 juta titik data individual secara total.

Sektor suara AirPods 4 dilengkapi arsitektur akustik baru serta mendukung driver distorsi rendah, amplifier rentang dinamis tinggi, dan menyediakan Audio Spasial yang dapat dipersonalisasi dengan pelacakan gerakan kepala dinamis untuk pengalaman media yang imersif.

 Apple-AirPods-4-case

Driver untuk AirPods 4 ANC memiliki lebar 50 mm. Baik versi standar dan dengan ANC menggunakan performa pacu chip H2 yang didukung kemampuan AI sehingga memungkinkan pengguna merasakan pengalaman audio cerdas. Salah satunya ialah Isolasi Suara.

Dengan Isolasi Suara memungkinkan pengguna dapat merasakan kualitas panggilan yang lebih jernih dalam kondisi lingkungan apa pun. Selain itu memungkinkan adanya interaksi Siri dengan pengguna untuk memberikan tanda setuju hanya dengan menganggukkan kepala atau tidak setuju dengan menggelengkan kepala secara lembut untuk merespons pemberitahuan dari Siri.

Kemudian untuk kontrol lainnya, AirPods 4 juga dibekali sensor gaya baru pada gagang earbud untuk memutar atau menjeda media serta membisukan atau mengakhiri panggilan dengan menekan cepat.

AirPods 4 juga disebut dapat mengoptimalkan sesi permainan game mobile pengguna dengan menyediakan latensi audio nirkabel yang rendah hingga pengalaman mengobrol melalui panggilan telepon atau video dengan suara yang jernih.

 Apple-AirPods-4-Charging

Soal ketahanannya, AirPods 4 diklaim dapat digunakan hingga 30 jam. Casing pengisian daya kini menawarkan pengisian daya USB-C. Selain itu, untuk AirPods 4 ANC dapat mengisi daya menggunakan pengisi daya Apple Watch atau pengisi daya bersertifikasi.

Untuk AirPods 4 dengan ANC dapat berguna untuk membantu mengurangi kebisingan lingkungan ketika pengguna mengenakan di kedua telinga mereka seperti saat berada di sekitar lapangan bandara, lalu lintas kota,  stasiun kereta api, dan banyak lagi.

AirPods 4 dengan ANC juga menyediakan fitur cerdas seperti mode Transparansi agar pengguna tetap waspada terhadap lingkungan sekitar. Ditambah lagi tersedia fitur Audio Adaptif yang secara dinamis dapat memadukan mode Transparansi dan ANC berdasarkan kondisi lingkungan pengguna dan deteksi percakapan. Kemudian dapat menurunkan volume media pengguna saat mereka mulai berbicara dengan seseorang di dekatnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar