ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Tekno

Kamera Vlogging Sony ZV-E10 II Resmi Rilis, Dukung Video 4K 60fps dan Baterai Lebih Awet

Kamera Vlogging Sony ZV-E10 II Resmi Rilis, Dukung Video 4K 60fps dan Baterai Lebih Awet

Gadgetren – Sony baru saja merilis kamera mirrorless APS-C terbaru bernama ZV-E10 II yang merupakan kelanjutan dari kamera vlogging ZV-E10 yang dirilis pada tahun 2021 silam.

Saat ini kamera ZV-E10 II masih bisa dipesan di Indonesia hingga tanggal 8 September 2024 mendatang dengan beragam penawaran menarik berupa Sony Limited Edition Travel Camera Pouch, Battery NP-FZ100, dan Memory Card berkapasitas 64GB.

Untuk Body Only, kamera ZV-E10 II dibanderol dengan harga Rp16.999.000. Sedangkan untuk varian dengan kit lensa SELP16502 dihargai Rp18.999.000. Melanjutkan pendahulunya, kamera ZV-E10 II dirancang khusus untuk kebutuhan vlogging dan pembuatan konten video.

Kamera ZV-E10 II hadir melengkapi pendahulunya yang kini dilengkapi dengan baterai yang lebih awet, sensor 26MP, dan mendukung video beresolusi hingga 4K. Secara fisik, kamera ZV-E10 II masih tampil dengan desain klasik dengan pilihan warna hitam dan putih.

Namun kali ini Sony memberikan pembaruan pada pegangannya yang dibuat lebih dalam sehingga pengguna dapat memegang lebih aman. Selain itu, kamera baru ini juga masih menyediakan fitur-fitur yang dikhususkan untuk para pembuat konten seperti product showcase dan Creative Look.

Dengan product showcase, memungkinkan pengguna bisa membuat kamera fokus pada objek saat diangkat di latar depan. Sementara Creative Looks menawarkan beragam opsi filter warna, Cinematic Vlog Settings, dan Background defocus.

Pengguna dapat memilih gradasi filter yang diinginkan dari hasil foto dan video mereka di kamera ZV-E10 II mulai dari Standard (ST), Portrait (PT), Neutral (NT), Vivid (VV), Vivid 2 (VV2), Film (FL), Instant (IN), Soft Highkey (SH), Black & White (BW), dan Sepia (SE).

 Sony-ZV-E10-II-harga

Kemudian dengan Cinematic Vlog Settings, pengguna bisa menikmati pengaturan aspek rasio, frame rate, dan kecepatan transisi autofocus secara otomatis untuk pengambilan gambar yang lebih sinematis.

Menariknya, ZV-E10 II sudah menggunakan prosesor dan sensor yang juga digunakan pada kamera Sony a6700 dan FX30 sehingga kamera vlogging ini patut diperhitungkan untuk menghasilkan konten foto dan video yang memuaskan.

Adapun mesin pemrosesan gambar ZV-E10 II mengandalkan BIONZ XR dengan dukungan sensor gambar Exmor R CMOS APS-C yang memiliki resolusi 26MP. Untuk merekam video, kamera ZV-E10 II dapat menghasilkan kualitas gambar dengan resolusi hingga 4K 60p dalam format 10-bit 4:2:2.

Sedangkan untuk perekaman video gerakan lambat dapat menghasilkan resolusi Full HD pada 120p. Kamera ini juga menyediakan perekaman 10-bit dalam semua mode perekaman, termasuk perekaman S-Log3.

 Sony-ZV-E10-II-kamera

Bagi pengguna yang ingin meminimalkan waktu grading, profil S-Cinetone telah diberikan dan dapat menghasilkan hasil video langsung dari kamera. Perekaman video juga akan menghasilkan gambar yang stabil dan mulus berkat stabilisasi gambar elektronik dalam bodi kamera ini.

Untuk menangkap subjek dengan akurat dan fokus, terdapat fitur autofocus yang didukung Real-time Eye AF. Kehadiran fitur autofocus tersebut dapat dengan cepat mendeteksi orang, hewan, dan burung secara real-time.

Pengguna yang suka membuat konten Instagram Reels dan YouTube Short dengan kamera ini juga dapat menikmati mode gambar vertikal. Di bagian bodi belakangnya, kamera ZV-E10 II memiliki layar vari angle yang dapat diputar sesuai dengan kebutuhan saat ingin mengambil foto dan video.

 Sony-ZV-E10-II-kamera

Selanjutnya kamera baru ini juga dibekali mikrofon 3 kapsul dengan arah yang dapat dipilih agar bisa menangkap audio yang jernih. Mikrofon dapat diarahkan ke depan, belakang atau ke semua arah agar kualitas audio bisa maksimal.

Jika merekam video di area yang sangat berangin, kamera ZV-E10 II memiliki Windscreen untuk mengurangi kebisingan suara pada saat merekam.

Bersamaan dengan peluncuran resmi kamera ZV-E10 II, Sony juga turut membuka pintu pemesanan lensa terbarunya yang bisa dipadukan dengan kamera vlogging tersebut yaitu FE 85mm F1.4 GM II sampai tanggal 29 September 2024 seharga Rp30.999.000 dengan hadiah gratis G Master Exclusive Card Reader and Storage.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar