ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini Bedanya OPPO A3 Vs OPPO A3 Pro, Tak Hanya Desainnya!

Gadgetren – Meski diluncurkan dalam seri keluarga yang sama, perangkat OPPO A3 membawa spesifikasi dan dukungan yang sangat berbeda dari OPPO A3 Pro 5G sebagaimana desain tampilan bodinya.

Kedua perangkat tersebut memang memiliki beberapa kesamaan seperti bodi tangguh dengan standar militer MIL-STD 810H, tersertifikasi SGS, hingga ditunjang fitur tahan percikan air dan debu IP54. Hanya saja, selisih harganya memang sangat banyak.

Bagi kamu yang belum tahu, keduanya meluncur ke Indonesia dalam satu varian memori. Perangkat OPPO A3 tersedia dengan banderol harga Rp2.499.000 sementara OPPO A3 Pro 5G Rp3.999.000.

Perbedaan OPPO A3 Vs OPPO A3 Pro 5G

Dengan selisih harga yang relatif jauh, kedua perangkat tersebut dilengkapi mesin yang sangat berbeda. Dapur pacu OPPO A3 hanya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 6s 4G Gen 1 saat OPPO A3 Pro 5G memakai MediaTek Dimensity 6300.

Di atas kertas, Dimensity 6300 tentu mempunyai kemampuan yang lebih superior dibandingkan dengan Snapdragon 6s 4G Gen 1. Chipset ini bakal memiliki kinerja yang lebih mumpuni untuk menangani berbagai macam tugas berat.

Tak hanya bertenaga, Dimensity 6300 di sisi lain juga mempunyai dukungan konektivitas yang lebih mutakhir. Chipset ini memungkinkan OPPO A3 Pro 5G mengemas teknologi jaringan 5G yang belum ada di OPPO A3 standar.

OPPO A3 Vs OPPO A3 Pro - 1

OPPO A3

Berkaitan dengan konektivitasnya, OPPO A3 Pro 5G juga mempunyai teknologi Bluetooth yang lebih baik. Perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan Bluetooth 5.3 saat saudaranya hanya mengemas Bluetooth 5.0.

Sama-sama tersedia dalam satu varian memori dan didukung dengan RAM berkapasitas 8GB, OPPO A3 reguler juga mempunyai media penyimpanan yang lebih kecil dari OPPO A3 Pro 5G. Keduanya secara berturut-turut menawarkan kapasitas 128GB dan 256GB.

Keunggulan media penyimpanan yang digunakan pada OPPO A3 Pro 5G semakin lengkap dengan penggunaan teknologi UFS 2.2. Kemampuan pertukaran data pada perangkat tersebut setidaknya akan berlangsung secara lebih cepat ketimbang OPPO A3 biasa yang masih memakai teknologi eMMC 5.1.

OPPO A3 Vs OPPO A3 Pro - 2

OPPO A3 Pro 5G

Meskipun mempunyai ukuran dan resolusi yang sangat mirip, layar yang digunakan oleh kedua perangkat tersebut pun cukup berbeda. OPPO A3 dalam hal ini hanya mendukung refresh rate hingga 90Hz sementara saudaranya sudah sampai 120Hz.

Perbedaan selanjutnya terletak pada bagian kamera. Lensa utama dari keduanya memang sama-sama mendukung pengambilan gambar hingga 50MP, tetapi OPPO A3 Pro 5G hadir secara lebih mumpuni karena mempunyai kamera potret 2MP sebagai penunjang.

Selain itu, kamera depan OPPO A3 Pro 5G juga mempunyai sensor yang lebih tinggi. Perangkat tersebut dapat menangani pengambilan gambar selfie dengan resolusi sampai 8MP saat OPPO A3 hanya 5MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar