ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Rusak? Ini Cara Menyalakan HP Samsung Tanpa Tombol Power!

Cara Menyalakan HP Samsung Tanpa Tombol Power - Header

Gadgetren – Saat tombol Power atau sekarang lebih dikenal dengan Side Key rusak, kita akan sedikit kesulitan untuk menggunakan sebuah ponsel buatan Samsung apa pun model maupun serinya.

Kita dalam hal ini setidaknya tidak akan bisa menghidupkan ponsel Samsung dengan cara normal. Kita memerlukan trik khusus supaya perangkat bisa menyala dan digunakan sebagaimana mestinya.

Untungnya, cara untuk menyalakan ponsel Samsung tanpa menggunakan tombol Power cukup mudah untuk dilakukan. Kita secara khusus hanya perlu mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

Cara Menyalakan HP Samsung Tanpa Tombol Power

  • Siapkan komputer atau laptop.
  • Siapkan kabel data yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat dengan ponsel Samsung.
  • Pasang kabel USB ke komputer atau laptop.
  • Pada ponsel Samsung, tekan lalu tahan tombol Volume Up dan Volume Down secara bersamaan.
  • Hubungkan kabel USB ke ponsel Samsung tanpa melepaskan kedua tombol yang ditekan.
  • Lepaskan kedua tombol setelah ponsel menampilkan layar peringatan masuk ke mode download.
  • Lepaskan kabel USB dari ponsel jika diperlukan.
  • Selanjutnya, pilih menu Cancel (reset phone) dengan menekan tombol Volume Down.
  • Tunggu sampai perangkat menyala normal.

Untuk menyalakan ponsel Samsung tanpa tombol Power, kita dapat memanfaatkan mode download yang umumnya tersedia di berbagai perangkat Android. Kita hanya saja memerlukan kombinasi tombol yang berbeda-beda untuk setiap model.

Pada ponsel Samsung generasi baru, kita umumnya bisa membuka mode download dengan langkah-langkah di atas. Kita nanti perlu mengganti tombol Volume Up dengan Home atau Bixby apabila menggunakan perangkat yang lebih lawas.

Yang cukup menarik, kita yang tidak memiliki komputer atau laptop juga bisa menggantinya dengan perangkat lain. Kita di antaranya dapat menggunakan mulai dari ponsel yang berbeda, TV Digital, Nintendo Switch, hingga Speaker Active selama sudah dilengkapi dengan konektor USB.

Namun perlu diingat, belum tentu semua perangkat cocok dengan ponsel yang kita gunakan. Kita makanya perlu mencobanya satu per satu jika mode download belum bisa terbuka.

Selain itu, kita juga perlu berhati-hati saat memilih menu di halaman peringatan mode download. Jangan sampai menekan tombol Volume Up karena perangkat akan langsung membuka layar pengunduhan sistem.

Kita harus memastikan memilih Cancel (reset phone) dengan menekan tombol Volume Down. Kita pun tidak perlu khawatir, menu ini tidak akan menghapus data di dalam perangkat meskipun menggunakan nama reset.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar