ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Apa Itu O-Guard OPPO? Bisa Buat Tahu HP Kredit Atau Bukan!

Gadgetren – Saat akan membeli ponsel bekas pakai, kita kini harus semakin berhati-hati. Jangan langsung tergiur dengan perangkat yang masih baru tetapi dibanderol lebih murah dari harga pasaran.

Kita harus memastikan terlebih dahulu apakah ponsel tersebut masih dalam masa cicilan atau tidak. Apabila masih, sebaiknya dihindari karena ada risiko perangkat akan terkunci apabila pemilik sebelumnya menunggak atau tidak membayar tagihan.

Pada ponsel-ponsel buatan OPPO, kita dapat memastikannya dengan cukup mudah. Kita dalam hal ini kadang-kadang hanya perlu mengecek ketersediaan sebuah layanan bernama O-Guard di dalam perangkat.

Apa Itu O-Guard OPPO?

O-Guard merupakan sebuah layanan yang memiliki fungsi mirip dengan Samsung Finance. Sederhananya, layanan inilah yang akan digunakan oleh perusahaan untuk mengunci ponsel saat pengguna telat atau tidak membayar cicilan.

Layanan ini merupakan layanan resmi dari OPPO yang akan diaktifkan apabila kita membeli perangkat mereka dengan pembayaran cicilan. Biasanya, tidak akan tersedia pada ponsel yang dibeli secara kontan.

Oleh karena itu, layanan ini dapat dijadikan sebagai salah satu patokan untuk memastikan apakah ponsel masih dalam masa cicilan atau tidak. Kita bisa mengecek ketersediaannya secara langsung melalui bagian Tentang perangkat di halaman Pengaturan.

Ketuk kolom Versi lalu opsi O-Guard untuk menemukan Paket kontrak yang tertera Perangkat OPPO yang masih terikat dalam proses cicilan umumnya akan menampilkan keterangan Ponsel kontrak di bagian Paket kontrak.

Pastikan untuk tidak membelinya jika sudah demikian. Yang paling aman, kita bisa membeli perangkat yang tidak memuat layanan O-Guard sama sekali. Perangkat seperti ini umumnya tidak terikat oleh sistem pembayaran cicilan dari pihak OPPO.

Namun perlu diingat, layanan O-Guard bukan satu-satunya indikator yang bisa digunakan untuk mengecek apakah ponsel masih dalam masa cicilan atau tidak. Sejumlah toko bisa saja menggunakan aplikasi lain sebagai alternatif di mana tergantung layanan kredit yang digunakan.

Untuk memastikan apakah ponsel bebas dari cicilan, kita pun dapat melakukan sejumlah hal. Kita bisa mencoba mulai dari mencabut kartu SIM yang terpasang hingga melakukan reset pabrik.

Dalam sejumlah kasus, ponsel yang terikat dengan sistem cicilan bisa terkunci saat kita mencabut kartu SIM yang terpasang atau melakukan reset pabrik. Pastikan untuk mencoba kedua metode ini sebelum membayar perangkat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar