ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Review Handphone

Review OPPO Reno12 F 5G – Lancar dan Tahan Banting

Review OPPO Reno12 F 5G - Lancar dan Tahan Banting

Review OPPO Reno12 F 5G
  • Rating
4

Kesimpulan

OPPO Reno12 F 5G dilengkapi dengan berbagai fitur AI (Artificial Intelligence) yang menarik seperti AI Eraser 2.0, AI Smart Image Matting, AI Studio, AI Recording Summary, dan AI Summary.

Yang Disukai

  • Performa lancar
  • Daya tahan baterai lama
  • Pengecasan cepat 45W
  • RAM dan penyimpanan berkapasitas besar
  • Layar OLED 120Hz yang nyaman di Mata
  • Tahan banting
  • Fitur AI dan BeaconLink

Yang Tidak Disukai

  • Tidak ada port jack audio
  • SIM tray hybrid

Gadgetren – Sebagai handphone yang bersaing di kelas menengah, OPPO Reno12 F 5G telah dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat membantu aktivitas dari penggunanya.

Bahkan kini OPPO Reno12 F 5G sudah dilengkapi dengan berbagai fitur AI (Artificial Intelligence), seperti AI Eraser 2.0, AI Smart Image Matting, AI Studio, AI Recording Summary, dan AI Summary.

Tidak hanya itu saja, Reno12 F 5G ini juga mempunyai fitur Halo Light yang dapat menyala ketika muncul notifikasi aplikasi, telepon, dan lainnya. Dengan harga mulai dari Rp5.299.000, handphone ini mempunyai dukungan jaringan 5G, baterai berkapasitas besar, dan fitur pengecasan cepat.

Desain

OPPO Reno12 F 5G - Back Diagonal Layout

OPPO Reno12 F 5G ini hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Amber Orange dan Olive Green. Untuk perangkat pada review kali ini menggunakan varian warna Amber Orange.

Varian Amber Orange ini memadukan warna gradasi antar merah mudah dan orange yang terlihat menawan karena menggunakan tekstur api yang terlihat berkilau dan energik ketika terkena pantulan cahaya.

Meskipun frame dan bodi belakangnya menggunakan desain datar, namun permukaan belakangnya tidak terasa licin sehingga saya merasa nyaman ketika menggenggam OPPO Reno12 F 5G dengan satu tangan.

OPPO Reno12 F 5G - with Anti Drop Shield

Debu dan noda sidik jari pun tidak mudah tertempel pada bagian belakangnya. Namun saya tetap menyematkan Anti Drop Shield Case tambahan pada paket penjualannya agar lebih melindungi handphone ketika terjatuh atau terbanting.

Pada bagian atas belakangnya terdapat Cosmos Ring Design yang di dalamnya terdapat empat lingkaran dan Halo Light. Empat lingkaran ini digunakan untuk menyimpan kamera utama, ultrawide, makro, dan LED Flash.

Sementara Halo Light merupakan lampu indikator yang dipasang melingkar di pinggir kamera dan LED Flash. Halo Light ini mempunyai berbagai efek cahaya yang dapat diselaraskan ketika pengecasan dilakukan, game diaktifkan, muncul panggilan telepon, notifikasi aplikasi, dan lagu diputar.

Pada sisi kanannya terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal. Beralih ke bagian bawahnya terdapat lubang speaker, mikrofon, port USB Type-C, dan SIM Tray hybrid sehingga saya hanya bisa menyematkan dua kartu SIM tanpa microSD atau satu kartu SIM + satu microSD.

Untuk bagian atasnya terdapat mikrofon dan satu lagi lubang speaker. Sayangnya perangkat ini tidak dilengkapi dengan port jack audio sama sekali sehingga saya harus menggunakan earphone atau headphone dengan koneksi Bluetooth atau langsung kabel USB Type-C.

OPPO Reno12 F 5G - HandsON Left

OPPO Reno12 F 5G mempunyai sertifikasi IP64 yang membuktikannya telah tahan terhadap debu dan cipratan air. Dukungan NFC (Near Field Communication) pada handphone ini memudahkan saya untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney secara instan.

Perangkat ini mempunyai struktur All-Round Armour dengan pelindung layar Dragon Glass Star 2 yang diperkuat, high-strength alloy frame, dan Sponge Bionic Cushioning yang membuatnya tahan benturan.

OPPO Reno12 F 5G ini sudah menggunakan sensor fingerprint di dalam layar yang mampu mendeteksi sidik jari dengan responsif. Sementara fitur Face Unlock yang dihadirkan pun dapat memudahkan pembukaan layar hanya dengan pemindaian wajah.

Layar

OPPO Reno12 F 5G - Display HandsOn Center

Mengikuti tren saat ini, Reno12 F 5G dibekali layar penuh 6,67 inci yang mempunyai punch hole dengan teknologi OLED, resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel), dan tingkat kecerahan puncak 2.100nits yang mampu menampilkan konten secara luas dengan terang serta jernih walaupun sedang berada di bawah terik matahari sekalipun.

Berkat touch sampling rate maksimal 240Hz, membuat sentuhan jari terhadap layar terasa responsif sehingga membuat saya nyaman ketika melakukan navigasi, memainkan game, maupun memilih berbagai menu.

OPPO Reno12 F 5G - ColorOS UI

Dengan refresh rate hingga 120Hz, membuat gerakan transisi antar menu dan animasi game terlihat halus di layar. Namun apabila kecepatan refresh rate ini terlalu mengkonsumsi banyak energi, maka terdapat pilihan ke 60Hz atau Auto Select yang dapat mengatur kecepatan refresh rate secara otomatis tergantung konten yang ditampilkan layar.

Handphone ini mempunyai sertifikasi Widevine L1 sehingga mengizinkan layar untuk menampilkan video atau film berkualitas Full HD dari aplikasi streaming Netflix, Amazon Prime Video, VIU, dan lainnya.

Kamera

OPPO Reno12 F 5G - HandsOn Half Top

Perangkat yang satu ini hadir dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari  kamera utama 50 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 2 MP. Sementara kamera depannya mempunyai resolusi 32 MP.

Dengan resolusi yang besar, membuat kamera utamanya dapat menghasilkan foto yang berkualitas baik pada kondisi siang hari, terutama pada bagian warna dan detail. Sementara pada kondisi malam hari, terdapat fitur Night Mode yang dapat meningkatkan hasil fotonya menjadi lebih terang dan minim noise.

Untuk kamera ultrawide memungkinkan saya dapat menghasilkan foto dengan area luas secara instan. Sementara kamera makronya memudahkan saya ketika ingin membidik objek dari jarak yang dekat.

OPPO Reno12 F 5G - Ultrawide - One Satrio

Ultrawide

OPPO Reno12 F 5G - Auto - One Satrio

Auto

OPPO Reno12 F 5G - Ultrawide - Patung

Ultrawide

OPPO Reno12 F 5G - Auto - Patung

Auto

OPPO Reno12 F 5G - Auto - Indonesia

Auto

OPPO Reno12 F 5G - Auto - Pantai Senja

Auto

OPPO Reno12 F 5G - Night Mode - Resto

Night Mode

OPPO Reno12 F 5G - Night Mode - Restoran

Night Mode

OPPO Reno12 F 5G - Night Mode - Patung

Night Mode

OPPO Reno12 F 5G - Makro - Batu

Makro

Sementara kamera depannya dapat menghasilkan foto selfie dengan wajah subjek yang terlihat detail dan jelas. Terdapat fitur Portrait yang memungkinkan kamera depan maupun belakang dapat menghasilkan foto yang memperlihatkan subjek terlihat fokus, namun latar belakangnya terlihat bokeh.

OPPO Reno12 F 5G - Auto - Agan

Auto

OPPO Reno12 F 5G - Portrait - Agan

Portrait

OPPO Reno12 F 5G - Selfie Auto - Agan

Selfie Auto

OPPO Reno12 F 5G - Selfie Portrait - Agan

Selfie Portrait

OPPO Reno12 F 5G - Selfie Malam - Auto - Night

Selfie Night Mode

OPPO Reno12 F 5G - Selfie Malam - Portrait - Agan

Selfie Portrait

Kamera utama dari handphone ini dapat merekam video hingga beresolusi 1080p 60fps dengan kualitas gambar yang terlihat baik pada kondisi siang hari maupun malam hari. Namun pada hasil video terasa bergoyang ketika perekaman dilakukan pada kondisi bergerak atau berjalan.

Sayangnya handphone ini tidak mempunyai fitur Stabilizer, maka mau tidak mau kamu harus berjalan secara perlahan agar hasil videonya tidak terasa bergoyang ketika perekaman dilakukan kondisi bergerak.

Performa

OPPO Reno12 F 5G - Display Handson Right

OPPO Reno12 F 5G ini diotaki chipset MediaTek Dimensity 6300 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz dan GPU Mali-G57 MC2. Sementara saya menggunakan handphone dengan varian RAM 12 GB dan penyimpanan internal 256 GB.

Terdapat fitur RAM Expansion yang memungkinkan sistem meminjam kapasitas kosong penyimpanan internal dengan pilihan RAM Virtual yang terdiri dari 4 GB, 8 GB, atau 12 GB. Secara teori, seharusnya kombinasi hardware dan fitur ini dapat membuat handphone berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, saya pun langsung menjalankan beragam aplikasi untuk aktivitas sehari-hari, seperti email, media sosial, pemutar video sesekali, SMS, telepon, editor dokumen, chat, dan pemutar musik sesekali.

Hasilnya, OPPO Reno12 F 5G ini dapat menjalankan aplikasi-aplikasi tersebut secara multitasking dengan lancar sehingga dapat menunjang aktivitas sehari-hari saya dengan nyaman.

OPPO Reno12 F 5G - Performance Benchmark

Tak ketinggalan, produk ini berhasil mendapatkan skor 388.372 poin pada pengujian dengan aplikasi AnTuTu Benchmark V10.3.3. Sedangkan pada Geekbench 6.3.0, Reno12 F 5G berhasil mendapatkan skor 785 poin untuk Single-Core dan 1.967 poin untuk Multi-Core.

Untuk pengujian dengan 3D Mark Wild Life Extreme Stress Test, perangkat ini mendapatkan skor tertinggi mencapai 362 poin dan skor terendah mencapai 359 poin dengan tingkat kestabilan 99,2%. Hasil benchmark ini memperlihatkan bahwa Reno12 F 5G mempunyai performa yang bertenaga untuk kelas menengah.

Sebagai pengujian tingkat lanjut, saya pun turut memainkan beberapa game populer seperti Genshin Impact, Mobile Legends, Honor Of Kings, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile.

OPPO Reno12 F 5G - COD Mobile Settings

Genshin Impact terasa patah – patah ketika disetel ke grafis Highest  dan frame rate 60 fps. Namun jalannya game menjadi lebih lancar ketika diatur pada grafis, Low, Lowest, atau Medium dan frame rate 30fps.

Sementara Mobile Legends mampu berjalan lancar ketika dijalankan dengan menggunakan pengaturan grafis Ultra dan frame rate Super. Untuk Honor of Kings pun dapat dimainkan secara mulus karena setelan maksimalnya mencapai grafis Ultra dan frame rate Standard.

OPPO Reno12 F 5G - Mobile Legends Settings

Pada saat pertarungan 5 Hero vs 5 Hero dalam satu area, kedua game berjenis genre MOBA (Mobile Online Battle Arena) tersebut dapat dimainkan dengan lancar dan minim lag di OPPO Reno12 F 5G.

Secara bawaan, Call of Duty Mobile hanya dapat menggunakan pengaturan tertinggi dengan grafis Medium dan frame rate High. Namun justru membuat game ini dapat dijalankan dengan sangat lancar. Sedangkan PUBG Mobile dapat dimainkan secara mulus dengan setelan tertinggi yang terdiri dari grafis HD dan frame rate High.

OPPO Reno12 F 5G - PUBG Mobile

Sentuhan jari terhadap tombol virtual dari semua game ini terasa responsif sehingga saya dapat mengendalikan karakter dengan mulus yang tentunya membuat pertarungan dengan musuh di arena pertarungan menjadi lancar serta nyaman.

Baterai

OPPO Reno12 F 5G - HandsOn Half TopDisplay

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, handphone ini diklaim OPPO mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Untuk mengetahui daya tahan nyatanya, saya pun langsung mengujinya dengan menggunakan aplikasi PCMark for Android.

Terdapat juga tambahan beberapa parameter pengujian untuk perangkat ini, seperti Work 3.0 Battery Life di PCMark for Android, tingkat kecerahan diatur pada 50%, dan kondisi baterai yang dimulai dari 100%.

Hasilnya, OPPO Reno12 F 5G mendapatkan skor PCMark for Android yang mencapai 16 jam 21 menit ketika layar menggunakan refresh rate 60Hz. Sedangkan pada refresh rate 120Hz, perangkat ini mendapatkan skor 14 jam 11 menit.

Sementara untuk penggunaan dalam aktivitas sehari-hari, perangkat ini berhasil mendapatkan Screen on Time 8 jam 10 menit dari kondisi 100% ke 10% pada layar dengan refresh rate 60Hz. Sedangkan pada refresh rate 120Hz, terlihat bahwa Screen on Time dari handphone ini mencapai 6 jam 55 menit.

Hal ini tentunya memperlihatkan bahwa refresh rate 120Hz lebih menguras energi dibandingkan 60Hz. Dengan begitu, kamu dapat menyesuaikan pengguna kecepatan refresh rate sesuai dengan kebutuhan penggunaan perangkat.

Dukungan 45W SUPERVOOC, membuat pengecasan daya baterai dari Reno12 F 5G terasa cepat dari kondisi 10% ke 100% hanya memakan waktu 1 jam 22 menit atau 82 menit.

Fitur

OPPO Reno12 F 5G - Display Diagonal Layout

Semakin berkembangnya kecerdasan buatan, membuat OPPO Reno12 F 5G juga telah dilengkapi dengan fitur AI, seperti  AI Eraser 2.0, AI Smart Image Matting, AI Studio, AI Recording Summary, dan AI Summary.

AI Eraser 2.0 ini dapat dimanfaatkan untuk menghapus subjek atau objek yang terasa mengganggu di foto. Penggunaannya pun cukup mudah, dimana kamu dapat menyeleksinya menggunakan tools Smart Lasso, Paint, atau Remove People.

Untuk AI Smart Image Matting ini memudahkan saya untuk bisa menyeleksi subjek atau objek dari foto agar terpisah dari latar belakangnya dan selanjutnya menjadi gambar yang dapat ditempatkan pada berbagai aplikasi, seperti media sosial, email, maupun dokumen.

OPPO Reno12 F 5G - AI

Pada aplikasi AI Studio, saya dapat menghasilkan foto Portrait menarik dengan berbagai pakaian, latar belakang, dan tema hanya bermodalkan foto selfie atau foto yang terlihat wajahnya.

Untuk AI Recording Summary ini dapat membantu saya dalam membuat ringkasan materi dari rekaman suara. Sedangkan AI Summary dapat dimanfaatkan untuk membuat isi dari sebuah website dapat diringkas menjadi poin-poin penting agar lebih mudah untuk dibaca.

Hadirnya fitur BeaconLink memungkinkan saya dapat melakukan panggilan telepon menggunakan koneksi Bluetooth dengan pengguna handphone OPPO Reno12 Series lainnya. Dengan jarak maksimal 200 meter, dapat membantu saya menghubungi orang lain ketika sedang tidak data internet atau jaringan seluler.

Kesimpulan

OPPO Reno12 F 5G - with Box Diagonal

Selama menggunakan handphone ini, saya merasa bahwa OPPO Reno12 F 5G dapat menunjang aktivitas sehari-hari terutama karena daya tahan baterai lama, performa lancar, dan layar OLED 120Hz yang nyaman di mata.

Meskipun belum terlalu banyak, namun dukungan AI pada handphone ini cukup menarik. Struktur  All-Round Armour membuat handphone ini tahan banting sehingga saya tidak terlalu was was ketika jatuh.

Sertifikasi IP64 membuktikan bahwa Reno12 F 5G dapat tahan terhadap debu dan cipratan air. Perlu dicatat bahwa perangkat ini menggunakan SIM Tray Hybrid dan tidak memiliki port jack audio 3,5mm.

Hadir dengan dua varian, handphone ini dijual dengan harga Rp5.299.000 untuk varian RAM 12 GB + penyimpanan 256 GB dan Rp6.199.000 untuk RAM 12 GB + penyimpanan internal 512 GB. Dengan keunggulan yang lebih banyak dibandingkan kekurangannya, Reno12 F 5G bisa menjadi salah satu pilihan handphone di kisaran harganya.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar