ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tekno

Bedanya Snapdragon 4 Gen 2 dan Helio G99, Cukup Banyak!

Snapdragon 4 Gen 2 Vs Helio G99 - Header

Gadgetren – Jika dilihat berdasarkan perolehan skor AnTuTu, maka secara teknis chipset Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 mempunyai kinerja yang hampir setara dengan MediaTek Helio G99.

Saat diukur dengan menggunakan aplikasi AnTuTu versi 10, kedua chipset menengah tersebut soalnya sama-sama mampu menghasilkan skor rata-rata di kisaran angka 420 ribuan.

Namun jika dilihat secara mendalam, Snapdragon 4 Gen 2 ternyata hadir dengan berbagai dukungan yang terlihat lebih mutakhir ketimbang Helio G99. Chipset tersebut tentu bisa menjadi pilihan menarik di kelas menengah.

Perbedaan Qualcomm Snapdragon 4 Gen 2 Vs MediaTek Helio G99

Dengan skor AnTuTu yang hampir mirip, Snapdragon 4 Gen 2 sejatinya mempunyai basis inti yang lebih baru. Chipset tersebut sudah menggunakan arsitektur ARM Cortex-A78 saat Helio G99 masih mengandalkan ARM Cortex-A76.

Hanya saja, kedua arsitektur ini memang sama-sama terkonfigurasi dalam dua inti berkecepatan hingga 2,2GHz. Keduanya dipadukan bersama enam inti berbasis ARM Cortex-A55 yang dapat berjalan sampai 2GHz sebagai penunjang.

Bagi kamu yang belum tahu, Snapdragon 4 Gen 2 di sisi lain sebenarnya juga hadir dalam versi AE (Accelerated Engine) yang mempunyai kecepatan hingga 2,3GHz. Kemampuannya memang lebih unggul tetapi tidak akan terlalu signifikan.

Selain basis inti, perbedaan dari Snapdragon 4 Gen 2 dan Helio G99 juga terletak pada unit pemroses grafisnya. Keduanya secara berturut-turut menggunakan GPU Qualcomm Adreno 613 dan ARM Mali-G57 MC2.

Perbedaan dari keduanya terlihat semakin jauh karena Snapdragon 4 Gen 2 menawarkan teknologi pemrosesan yang lebih efisien. Qualcomm sudah menggunakan manufaktur 4nm saat MediaTek masih mengembangkan Helio G99 dengan manufaktur 6nm.

Sebagai penopang kemampuannya, Snapdragon 4 Gen 2 juga hadir dengan dukungan RAM lebih mutakhir. Chipset tersebut sudah bisa dipadukan bersama memori LPDDR5x sementara Helio G99 hanya LPDDR4x.

Dukungan koneksi seluler pada Snapdragon 4 Gen 2 juga lebih unggul. Chipset tersebut mendukung teknologi jaringan 5G yang mempunyai kecepatan download hingga 2,5Gbps saat Helio G99 hanya membawa jaringan 4G yang mampu menangani hingga sekitar 390Mbps.

Teknologi Bluetooth yang digunakan pun sayangnya tidak sama. Snapdragon 4 Gen 2 hanya mendukung Bluetooth 5.1 yang kalah mutakhir apabila dibandingkan dengan Bluetooth 5.2 pada Helio G99.

Sama-sama mampu menangani refresh rate hingga 120Hz, resolusi maksimal yang didukung oleh Snapdragon 4 Gen 2 sedikit lebih tinggi. Chipset tersebut dapat mengakomodasi layar sampai 2520 x 1200 piksel sementara Helio G99 hanya 2520 x 1080 piksel.

Meskipun begitu, Helio G99 menariknya mempunyai dukungan video playback yang lebih menjanjikan. Chipset tersebut mampu menangani sampai resolusi 2K pada 30fps sedangkan Snapdragon 4 Gen 2 hanya sampai 1080p pada 60fps.

Sisanya, kedua chipset tersebut mempunyai spesifikasi yang hampir setara. Snapdragon 4 Gen 2 maupun Helio misalnya sama-sama mampu mengakomodasi kamera tunggal dengan resolusi sampai 108MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar