ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

iOS 18.1 Terbaru Kini Bikin iPhone Bisa Hapus Objek yang Tidak Diinginkan di Foto

iOS 18.1 Terbaru Kini Bikin iPhone Bisa Hapus Objek yang Tidak Diinginkan di Foto

Gadgetren –  Pembaruan developer beta dari iOS 18.1 telah dirilis dan Apple memberikan beberapa fitur-fitur tambahan dari Apple Intelligence. Salah satunya ialah fitur Clean Up yang memungkinkan pengguna dapat menghapus objek di bagian belakang objek utama yang tidak penting agar dapat menghasilkan foto terbaik.

Sebelumnya Apple telah mengumumkan Apple Intelligence yang menjadi model AI generatif pertama Apple yang kini telah mendukung sistem operasi iOS 18.1 untuk iPhone, iPadOS 18.1 untuk iPad, dan macOS 15.1 untuk laptop Mac.

Fitur Clean Up sendiri juga telah diumumkan pada ajang WWDC 2024 pada bulan Juni 2024 kemarin dan mendukung perangkat iPhone 15 Pro serta iPhone 15 Pro Max. Tapi sayangnya iPhone 15 dan iPhone 15 Plus kabarnya tidak akan kebagian fitur-fitur canggih dari Apple Intelligence.

Alasannya Apple menyebutkan bahwa adanya ketentuan spesifikasi hardware yang mana iPhone 15 dan iPhone 15 Plus memiliki Neural Processing Unit (NPU) yang kurang dibandingkan dengan model Pro sehingga belum cukup kuat menjalankan fitur-fitur AI secara efektif.

Selain soal kompatibilitas pada hardware, fitur-fitur Apple Intelligence juga disebut harus mendukung perangkat dengan minimal RAM 8 GB. Sementara iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya menyediakan kapasitas RAM 6GB saja.

Lebih detail mengenai fitur Clean Up, fitur ini memungkinkan pengguna bisa mengidentifikasi dan menghapus objek dari gambar tanpa mempengaruhi bagian foto lainnya.

Pengguna dapat memilih objek menggunakan deteksi cerdas dan menghapusnya hanya dengan satu ketukan. Pengguna juga dapat menggambar lingkaran atau sapuan kuas pada objek yang tidak diinginkan untuk menghapusnya dari gambar.

Dilansir dari Tech Crunch, fitur tersebut menggunakan AI untuk menghasilkan latar belakang saat pengguna menghapus objek dari gambar. Apple mengatakan sistem tersebut bahkan dapat memahami bayangan atau pantulan objek dan memastikan untuk menghapusnya saat mengisi latar belakang.

Fitur Clean Up ini mirip seperti AI Eraser yang umum ditemukan pada handphone Android. Tak hanya itu Google juga diketahui awal tahun ini telah meluncurkan fitur serupa yang disebut Magic Eraser untuk Google Photos.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar