ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

iPhone 16 Segera Rilis Awal September 2024, Ini Bocorannya

iPhone 16 Segera Rilis Awal September 2024, Ini Bocorannya

Gadgetren – Apple telah mengumumkan tanggal perhelatan Apple Event pada tanggal 9 September 2024 mendatang melalui situs resminya. Acara yang bertajuk “It’s Glowtime” ini akan berlangsung di Steve Jobs Theater, Apple Park pada pukul 10.00 waktu setempat.

Pada Apple Event bulan September 2024 mendatang, Apple diperkirakan akan meluncurkan jajaran seri iPhone 16. Apple juga diprediksi akan meluncurkan Apple seri Watch 10 dan dua versi AirPods baru di acara tersebut.

Sebelum acara Apple Event ini digelar, bocoran spesifikasi dan desain seri iPhone 16 pun telah marak beredar di jagat maya oleh sejumlah pembocor gadget. Salah satunya ialah melalui akun X @SonnyDickson yang memperlihatkan foto dummy diyakini ialah iPhone 16 standar.

Akun tersebut menampilkan rumor dari dummy iPhone 16 yang akan membawa lima varian warna mencakup putih, hitam, biru, hijau, dan merah muda. Kemudian dari desain kamera belakang kini menampilkan susunan dua kamera secara vertikal, tidak lagi secara diagonal.

Apple-16-rumor

Foto oleh @SonnyDickson

Selain itu rumornya seri iPhone 16 akan menawarkan empat model mencakup iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, dan iPhone 16 Pro Max. Sama seperti iPhone 16, iPhone 16 Plus diperkirakan juga akan menampilkan susunan dua kamera belakang secara vertikal.

Dilansir dari Apple Insider, iPhone 16 dan iPhone 16 Plus dirumorkan akan dibekali kamera wide beresolusi 48MP dengan aperture f/1.6 dan lensa telephoto kualitas optik 2X. Kemudian kamera sudut lebar diperkirakan akan memiliki aperture f/2.2 yang lebih cepat dari f/2.4 sebelumnya.

Dengan begitu memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke sensor sehingga hasil foto dalam cahaya rendah menjadi lebih baik. Selanjutnya kamera utama akan menyediakan zoom 1x dan 2x serta kamera sudut lebar dengan zoom out 0,5X.

Sementara untuk model iPhone 16 Pro dan 16 Pro Max dirumorkan akan mendapatkan layar yang lebih besar tetapi akan tetap mempertahankan tata letak tiga kamera boba khas Apple meliputi kamera wide, sudut lebar, dan telefoto.

Untuk model Pro diperkirakan akan membawa sensor utama yang sama. Kamera belakang dirumorkan akan terdiri dari kamera wide beresolusi 48MP dengan aperture f/1.78 yang juga dapat mengambil gambar telephoto 12MP dengan kualitas optik 2x.

Kedua model Pro tersebut diprediksi akan mendapatkan lensa telephoto hingga 5x sehingga tidak lagi menjadi model eksklusif Pro Max. Lalu lensa wide model Pro diperkirakan akan membawa 48MP dan akan memiliki fitur penggabungan piksel yang sama seperti kamera utama.

Sementara lensa sudut lebar model Pro akan ditingkatkan menjadi 48MP dengan dukungan ProRaw sehingga tangkapan gambar dapat memiliki jumlah data gambar terbanyak yang memungkinkan lebih banyak opsi dalam pemrosesan pengeditan.

Bocoran lainnya, seri iPhone 16 akan membawa format baru hasil foto berupa JPEG-XL. Format ini akan hadir bersama HEIF, JPEG, HEIF Max, ProRaw, dan ProRAW Max yang telah  ditawarkan,

Perekaman model Pro akan dapat merekam video mulai dari kualitas resolusi 1080P pada 120 fps atau 240 fps hingga 4K pada 60fps. Terakhir seri iPhone 16 diperkirakan akan memiliki Tombol Tindakan, yang merupakan fitur eksklusif untuk lini Pro pada iPhone 15 tahun lalu.

Seri iPhone 16 kemungkinan juga memiliki tombol baru yang dikhususkan untuk mengambil foto dan video, tetapi masih belum jelas apakah fitur tersebut akan menjadi fitur eksklusif Pro atau akan tersedia juga pada model iPhone 16 biasa.

Kemudian AI akan menjadi salah satu tema besar dalam Apple Event September 2024. Saat ini, satu-satunya iPhone yang mendukung Apple Intelligence adalah iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max, tetapi seluruh jajaran seri iPhone 16 diperkirakan akan dapat menggunakan Apple Intelligence.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar