ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Mengenal Lebih Dalam MediaTek Dimensity 7300-Energy yang Jadi Otak OPPO Reno12 Series

Mengenal Lebih Dalam MediaTek Dimensity 7300-Energy yang Jadi Otak OPPO Reno12 Series

Gadgetren – OPPO Reno12 Series 5G telah hadir di di Indonesia dengan membawa performa bertenaga dan kemampuan kamera yang menarik berkat diotaki chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy.

Berbagai fitur Imaging dan AI (Artificial Intelligence) yang hadir pada Dimensity 7300-Energy dapat menunjang kemampuan fotografi maupun videografi pada Reno12 Series 5G dengan baik, terutama mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan mendukung berbagai fitur AI buatan OPPO.

Pada acara MediaTek Indonesia Camera Workshop yang berlangsung di Bali, Sebastian Hsu selaku Product Marketing Smartphone Business Unit MediaTek melakukan presentasi yang menunjukkan kemampuan dari chipset MediaTek Dimensity 7300-Energy dalam mendukung kamera dari OPPO Reno12 Series 5G.

MediaTek Trip - Sebastian Hsu

Menurut Sebastian, MediaTek Dimensity 7300-Energy ini mampu membuat OPPO Reno12 Series 5G memiliki kemampuan kamera yang bagus karena sudah dilengkapi Imagic 950 Camera ISP (Image Signal Processor).

ISP tersebut dapat menghadirkan kemampuan untuk menghasilkan foto maupun video dengan bagus karena turut dibekali juga Content Smart Engine, Video HDR Engine, Noise Reduction Engine, dan Face Detection Engine.

Hadirnya NPU (Neural Processing Unit) 655, membuat kemampuan pemrosesan AI (Artificial Intelligence) untuk fotografi pada Reno12 Series 5G menjadi canggih karena dilengkapi dengan dukungan Premium AI Infra, AI HDR, AI Face Beauty, AI Portrait Repair, AI Super Night, RAW-Capture Enabling, dan Rich AI Features.

Dengan begitu OPPO pun dapat menghadirkan beragam fitur AI untuk kamera di OPPO Reno12 Series 5G, seperti AI Eraser 2.0, AI Smart Matting 2.0, AI Clear Face, dan AI Studio. Sementara pada saat mengabadikan momen pun, kemampuan AI pada Reno12 Series 5G akan meningkatan kualitas foto yang dihasilkan menjadi lebih bagus.

MediaTek - Sebastian Hsu - AI - 1

Sebastian Hsu pun menjelaskan bahwa Dimensity 7300-Energy dapat memberikan dukungan perekaman video 4K 30fps yang jernih pada Reno12 Series 5G. Bahkan hasil video pada malam harinya diklaim mempunyai dynamic range yang luas, minim noise, dan terlihat jelas terutama pada bagian warna maupun tekstur.

Sebagai tambahan, MediaTek Dimensity 7300-Energy ini mempunyai Octa-Core dengan komposisi Quad-Core 2,5 GHz Cortex-A78 pada performa tinggi + Quad-Core 2 GHz Cortex-A55 yang fokus pada efisiensi energi.

Untuk mendukung kemampuan dari Dimensity 7300-Energy, OPPO Reno12 Series pun memiliki Trinity Engine yang merupakan mesin komputasi milik OPPO yang menawarkan optimasi performa tingkat sistem menggunakan chip yang disesuaikan secara mendalam.

Trinity Engine secara cerdas mengalokasikan performa chip, menjembatani kesenjangan antara aplikasi dan chip, menyesuaikan rasio cache berdasarkan aplikasi, manajemen RAM serta ROM, gaming, konektivitas jaringan, layar, dan kontrol aplikasi latar belakang sehingga memastikan operasi yang optimal dalam berbagai skenario penggunaan.

OPPO-Reno12-Series-5G-

Berdasarkan pengujian dari DXOMARK, Reno12 Series 5G berhasil mendapatkan DOU (Days of Use) mencapai 2,07 hari atau mempunyai waktu siaga mencapai 25 hari sehingga membuat Reno12 Pro 5G mendapatkan skor tinggi 147 poin untuk kategori baterai dan Reno12 5G mendapatkan skor 144 poin.

Dengan chipset Dimensity 7300-Energy, membuat OPPO dapat menghadirkan Reno12 Series 5G yang memiliki performa bertenaga, efisiensi energi, kemampuan kamera yang bagus dengan dukungan AI.

OPPO Reno12 Series 5G sudah dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp8.999.000 untuk Reno12 Pro 5G yang memiliki RAM 12 GB + penyimpanan internal 512 GB. Sementara Reno12 5G hadir dengan dua varian yang terdiri dari RAM 12 GB + penyimpanan internal 512 GB seharga Rp7.999.000 dan RAM 12 GB + penyimpanan internal 256 seharga Rp6.999.000.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.