ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya itel P65 Vs itel P55, Banyak Peningkatannya!

itel P65 Vs itel P55 - Header

Gadgetren – Tidak hanya memakai desain yang berbeda, perangkat itel P65 juga membawa sejumlah perubahan jika dibandingkan dengan itel P55 yang meluncur pada Bulan Januari 2024 silam.

Sejumlah aspek pada itel P65 kini mempunyai dukungan yang lebih tinggi dan lengkap. Walaupun sebagai gantinya, ada beberapa hal yang dihilangkan dari perangkat tersebut padahal sudah dimiliki oleh pendahulunya.

Dengan banderol harga yang relatif mirip, perbedaan dari kedua perangkat tersebut tentu dapat memudahkan kita dalam menentukan ponsel mana yang tepat untuk memenuhi kebutuhan.

Perbedaan itel P65 Vs itel P55

Sebagai bentuk peningkatan yang menjanjikan, itel P65 datang dengan dapur pacu yang lebih mumpuni. Perangkat tersebut membawa Unisoc T615 sementara pendahulunya mengandalkan Unisoc T606.

Kedua chipset ini sebenarnya mempunyai basis inti maupun pemroses grafis yang sama. Hanya saja, Unisoc T615 lebih unggul karena mempunyai frekuensi maksimal lebih cepat di mana bisa menangani hingga 1,8GHz saat Unisoc T606 hanya sampai 1,6GHz.

Sama-sama mengandalkan RAM berkapasitas 8GB, itel P65 dan itel P55 pun tersedia dengan pilihan media penyimpanan yang berbeda. itel Indonesia kini hanya menghadirkan opsi 128GB padahal sebelumnya juga menyediakan model 256GB.

itel P65 Vs itel P55 - 1

itel P65

Bersama perubahan desainnya, itel P65 kini juga membawa layar yang lebih besar. Perangkat tersebut memakai panel IPS berukuran 6,7 inci atau meningkat dari itel P55 yang sebelumnya hanya 6,6 inci.

Perubahan ukuran layar ini juga diikuti dengan peningkatan pengaturan refresh rate-nya. Perangkat itel P65 kini mendukung penayangan animasi gambar hingga 120Hz saat itel P55 sebelumnya hanya sampai 90Hz.

Yang sangat menarik, itel P65 kini sudah dilengkapi dengan dukungan bypass charging. Fitur ini memungkinkan kita meneruskan arus pengisian daya dari adaptor langsung ke mesin utama sehingga panas bisa berkurang dan kesehatan baterai tetap terjaga dengan lebih baik.

itel P65 Vs itel P55 - 2

itel P55

Seperti beberapa ponsel di masa sekarang, bodi belakang itel P65 kini dilengkapi dengan lampu indikator untuk notifikasi, pengisian daya, hingga mode bermain game sebagai tambahan. Pihak itel menyebutnya dengan Sleek Ring Light.

Selain itu, perangkat baru itel tersebut kini mempunyai sebuah tombol tambahan bernama FlexButton yang ditempatkan di sebelah tombol Volume. Kita dapat memakainya sebagai pintasan untuk mengakses kamera, mode senyap, hingga fungsi lainnya.

Di Indonesia, itel P65 sayangnya meluncur dengan model tanpa NFC (Near Field Communication). itel P55 yang memperkenalkan diri sebelumnya padahal sudah dilengkapi fitur ini sebagai penunjang aktivitas sehari-hari.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.