ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Smartphone

Asisten AI Google Gemini Kini Makin Pintar, Bisa Diajak Ngobrol Seperti Teman

Asisten AI Google Gemini Kini Makin Pintar, Bisa Diajak Ngobrol Seperti Teman

Gadgetren – Dalam acara bertajuk “Made by Google” berbarengan dengan peluncuran seri Pixel 9, Google telah mengumumkan sejumlah upgrade dari asisten AI buatannya yaitu Gemini.

Mengandalkan AI generatif, asisten AI Google ini mendapatkan peningkatan besar dengan fitur dan kemampuan baru yang mencakup Gemini Live dan integrasi aplikasi yang diperluas seperti Keep, Tasks, Utilities, dan YouTube Music untuk memberikan kemudahan dalam menyelesaikan beragam tugas harian.

Google juga telah mengintegrasikan Gemini dengan Android secara lebih intuitif dari segi interaksi layar serta fungsionalitas drag and drop. Fitur-fitur Gemini baru ini akan tersedia di Android dan iOS termasuk di handphone seri Pixel 9 terbaru.

Gemini-Live-Suara

Adapun fitur baru Gemini Live memungkinkan pengguna dapat mengobrol dengan bebas bersama chatbot Gemini, layaknya bertukar pikiran tentang hal yang ada di kepala. Pengguna juga dapat menyela di tengah respon Gemini untuk membahas lebih dalam tentang poin tertentu, atau menjeda percakapan dan kembali lagi nanti.

Singkatnya, Gemini Live dapat dijadikan teman untuk bisa diajak diskusi melalui sebuah handphone pintar yang bisa dibawa ke mana saja. Agar berbicara dengan Gemini Live terasa lebih alami, pengguna juga dapat memilih 10 versi suara yang berbeda. Suara tersebut dapat diganti sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan pengguna.

Selain itu juga pengguna dapat terus berbicara dengan aplikasi Gemini di latar belakang atau saat ponsel terkunci sehingga dapat melanjutkan percakapan saat bepergian. Saat ini, Gemini Live dalam bahasa Inggris sudah tersedia untuk pelanggan Gemini Advanced di ponsel Android dan dalam beberapa minggu mendatang akan diperluas ke iOS dan lebih banyak bahasa.

Gemini-Google-AI

Selanjutnya upgrade Gemini memberikan integrasi aplikasi yang diperluas yang akan  hadir dalam beberapa minggu ke depan melalui beberapa ekstensi seperti Keep, Tasks, Utilities, dan fitur di YouTube Music.

Melalui fitur Keep, pengguna dapat meminta bantuan Gemini untuk mencari resep makanan. Pengguna dapat mengunggah daftar resep yang dikirim teman melalui email untuk dilengkapi oleh Gemini dan disimpan dalam bentuk daftar belanja di Keep.

Pengguna juga dapat meminta bantuan Gemini untuk membuat daftar putar lagu-lagu kesukaan mereka untuk disimpan di Keep. Kemudian dengan Calendar, Gemini memberikan bantuan untuk mencarikan waktu luang pengguna untuk menghadiri event tertentu atau sebuah konser beserta pengingat waktu untuk membeli tiketnya.

Untuk menghadirkan penggunaan yang lebih intuitif terhubung ke beragam produk Google, Gemini juga dapat memberikan bantuan dengan cepat misalnya ketika pengguna ingin mengetahui penjelasan tentang video yang ditampilkan di YouTube.

 Gemini-Drag-gambar.

Pengguna cukup menekan tombol power ponsel agak lama dan berkata “Hei Google” untuk memanggil Gemini Live. Pengguna juga bisa memilih opsi “Ask about this video” bila ingin mendapat penjelasan dari Gemini tentang isi video di YouTube.

Pengguna juga dapat menggunakan Gemini Live lebih interaktif yang mana mereka bisa meminta membuatkan gambar ilustrasi ke Gemini, kemudian memilih gambar yang diinginkan dan menyeretnya (drag) langsung ke Gmail.

Dalam beberapa bulan mendatang, Google juga akan terus mengintegrasikan lebih lanjut Gemini dengan Google Home, Phone, dan Messages.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.