ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

6 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 F 5G, HP Serba Bisa!

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 F 5G - Header

Gadgetren – Seri OPPO Reno12 F sudah meluncur secara resmi ke Indonesia. Termasuk salah satunya mencakup varian 5G yang menawarkan beberapa dukungan lebih mumpuni ketimbang saudaranya.

Di Indonesia, OPPO Reno12 F 5G tersedia dengan harga mulai dari Rp5.299.000. Perangkat tersebut layak untuk dipertimbangkan saat kita memerlukan sebuah ponsel yang dapat diandalkan untuk mengerjakan berbagai rutinitas harian.

Perangkat tersebut mengemas mulai dari fitur kecerdasan buatan hingga bodi tangguh yang siap diajak untuk menghadapi padatnya aktivitas. Meskipun tidak luput dari kekurangan, OPPO Reno12 F 5G memiliki berbagai kelebihan yang bisa dipertimbangkan.

Kelebihan OPPO Reno12 F 5G

1. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

OPPO Reno12 F 5G dilengkapi dengan baterai 5.000mAh sebagai salah satu keunggulannya. Dengan kapasitas yang tergolong besar, kita pun bisa beraktivitas tanpa khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya.

Dari hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh perusahaan OPPO, baterai perangkat tersebut bahkan disebut-sebut mampu bertahan hingga selama 21 hari saat dibiarkan menyala dalam mode siaga.

Di sisi lain, OPPO Reno12 F 5G juga sudah dilengkapi dengan teknologi 45W SuperVOOC sebagai penunjang keunggulan baterainya. Dukungan ini memungkinkan kita mengisi daya dengan lebih cepat sehingga perangkat bisa segera digunakan.

Untuk mengisi baterai dari 1 hingga 100 persen, OPPO Reno12 F 5G bahkan hanya memerlukan waktu sekitar 71 menit. Pengisian selama 10 menit pun sudah bisa membuat perangkat menyala sampai 6,2 jam untuk melakukan panggilan telepon atau 5,05 jam untuk menonton video.

Meski memakai teknologi pengisian sangat cepat, OPPO Reno12 F 5G menariknya menjanjikan pemakaian jangka panjang. Baterai perangkat tersebut diklaim masih bisa bertahan hingga lebih dari 4 tahun tanpa penurunan kinerja yang signifikan.

2. RAM dan Penyimpanan Besar

Tersedia dalam dua varian, OPPO Reno12 F 5G hadir dengan konfigurasi memori yang sangat besar di Indonesia. RAM maupun media penyimpanan internal yang digunakan pada perangkat tersebut seharusnya lebih dari cukup untuk pemakaian sehari-hari.

Dalam hal ini, kedua varian dari OPPO Reno12 F 5G menawarkan RAM berkapasitas 12GB. Perangkat tersebut secara teknis sudah dapat digunakan untuk multitasking atau mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dengan lancar.

Menemani RAM-nya, OPPO Reno12 F 5G menawarkan dua pilihan media penyimpanan. Kita dapat memilih antara model 256GB atau 512GB menyesuaikan ketersediaan dana atau aktivitas yang akan dikerjakan.

Yang sangat menarik, OPPO Reno12 F 5G masih menyediakan dukungan untuk memasang kartu penyimpanan eksternal meskipun dilengkapi dengan media internal yang besar. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan apabila kita memang mempunyai data dan aplikasi yang sangat banyak.

3. Bodi Tangguh

Seperti apa yang dikabarkan sebelumnya, perangkat tersebut juga dilengkapi dengan bodi yang tangguh. OPPO telah membuktikannya lewat berbagai pengujian ekstrem di pabrik mereka.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Reno12 F 5G - Tahan Banting

Termasuk dalam hal ini meliputi tes jatuh dari ketinggian 1 meter, pemakaian di suhu -40°C hingga 75°C, kelembaban 95%, hingga tekanan setara dengan dilindas mobil seberat 1,8 ton.

Ketangguhan bodi OPPO Reno12 F 5G juga sudah mengantongi berbagai sertifikat. Di antaranya termasuk sertifikasi 5 Bintang SGS untuk Uji Perlindungan Multi-Scene dan IP64 untuk ketahanan terhadap percikan air dan debu.

Material yang digunakan oleh OPPO memang menawarkan ketangguhan pemakaian sangat baik. Perangkat tersebut di antaranya menggunakan lapisan pelindung layar Dragontrail Glass Star2 dan High-strength Alloy Framework.

Sebagai pelindung di bagian dalam, OPPO Reno12 F 5G juga mengemas Sponge Bionic Cushioning. Peredam guncangan dan bantalan tambahan ini akan memastikan komponen-komponen penting perangkat tetap aman.

4. Sudah Bawa AI

Menyusul beberapa ponsel OPPO sebelumnya, OPPO Reno12 F 5G kini juga hadir dengan berbagai fitur Generative AI. Perangkat tersebut dapat menangani beberapa tugas secara cerdas untuk membantu para pengguna.

AI Eraser 2.0 yang dapat digunakan menghapus obyek mengganggu di dalam sebuah foto, AI Smart Image Matting 2.0 untuk mengubah bagian gambar menjadi stiker, hingga AI Studio untuk membuat foto potret terlihat lebih artistik termasuk di dalamnya.

Kekurangan OPPO Reno12 F 5G

1. Absennya Jack Audio 3,5mm

Dilengkapi dengan berbagai keunggulan, OPPO Reno12 F 5G memang sangat layak untuk dipertimbangkan. Namun jangan lupa bahwa perangkat tersebut bukan perangkat yang benar-benar sempurna.

Di balik berbagai keunggulannya, perangkat tersebut mempunyai beberapa hal yang perlu diperhatikan. Absennya jack audio 3,5mm dari OPPO Reno12 F 5G menjadi salah satunya.

Dengan absennya jack audio 3,5mm dari perangkat tersebut, kita memerlukan kabel konverter khusus jika ingin mendengarkan musik atau menonton video dengan headset kabel. Alternatif lainnya adalah menggunakan TWS atau perangkat kepala nirkabel.

2. Chipset Bisa Lebih Baik

Jika melihat banderol harganya, chipset OPPO Reno12 F 5G juga terbilang kurang. MediaTek Dimensity 6300 yang digunakan perangkat tersebut memang sudah cukup untuk pemakaian sehari-hari tetapi secara teknis bakal kalah jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel sekelasnya.

Saat diuji dengan memakai AnTuTu versi 10, chipset ini hanya mampu menyentuh kisaran angka 400 ribuan. Kebanyakan perangkat di kelasnya padahal bisa menembus skor lebih dari 600ribuan.

Bahkan saat dibandingkan dengan chipset yang digunakan pendahulunya, Dimensity 6300 masih di bawahnya. MediaTek Dimensity 7050 yang digunakan OPPO Reno11 F 5G bisa menyentuh lebih dari 500ribuan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.