ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Membersihkan File Sampah di HP OPPO Supaya Lebih Optimal

OPPO Reno11 F

Gadgetren – Seiring berjalannya pemakaian ponsel OPPO, tentunya file sampah dari aplikasi akan menumpuk sehingga menyebabkan kapasitas memori internal semakin penuh.

Apabila kapasitas memori internal sudah sangat tipis, maka biasanya akan muncul berbagai kendala seperti aplikasi tidak dapat dibuka atau force close secara terus menerus. Bahkan sistem pun bisa berjalan lebih berat akibat keterbatasan ruang penyimpanan untuk digunakan.

Oleh karena itu membersihkan berkas sampah di ponsel OPPO dapat melegakan kembali memori internal dan membuat sistem berjalan lebih optimal.

1. Bersihkan dengan Phone Manager

  • Buka aplikasi Phone Manager.
  • Pada halaman utama, pilih opsi Clean up storage.
  • Sistem akan memindai file mana saja yang dianggap sampah.
  • Setelah pemindaian selesai, tekan tombol Clean.
  • Akan muncul notifikasi [besarnya file sampah] Cleared. Misalnya 7.69 Cleared

Bisa dibilang aplikasi Phone Manager mampu membersihkan sampah dengan sangat cepat dan mudah karena sistem secara otomatis memindai beragam file yang terindikasi sebagai sampah dan dapat dihapus.

Jika kamu belum pernah atau jarang membersihkan file sampah, maka kemungkinan aka terdeteksi jumlah yang cukup besar. Dengan begitu, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Phone Manager untuk meringankan beban memori internal dan membuat kapasitasnya menjadi lebih lega kembali.

Kamu juga dapat memanfaatkan aplikasi Phone Manager untuk mencari malware, mengecek kondisi ponsel OPPO, dan mengoptimalkan performa sistem ColorOS. Selain file sampah, aplikasi yang dibuka juga secara terus menerus akan menciptakan file cache yang bisa kamu hapus jika perlu.

2. Hapus File Cache Secara Manual

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Klik menu Apps.
  3. Pilih opsi App management.
  4. Pilih aplikasi yang diinginkan.
  5. Pada halaman App Info, pilih Storage usage.
  6. Tekan tombol Clear cache.

Sebagai catatan, nantinya cache akan kembali dibuat oleh sistem secara otomatis ketika aplikasi dijalankan dikarenakan berbagai hal. Jadi kamu perlu menghapus cache secara berkala ketika sudah terlalu menumpuk agar kapasitas memori internal dapat dibebaskan dan digunakan lagi lebih optimal.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.