ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Laptop / PC

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) dengan Snapdragon X Elite Kini Bisa Dipesan

ASUS Vivobook S 15 OLED (S5507) dengan Snapdragon X Elite Kini Bisa Dipesan

Gadgetren – Setelah diumumkan pada bulan Mei 2024, ASUS Indonesia kini membuka pintu pemesanan laptop barunya yang bernama Vivobook S 15 OLED (S5507).

Laptop baru ini adalah laptop Copilot+ PC ASUS pertama yang ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon X Elite yang memiliki Qualcomm Hexagon NPU bawaan berisi neural engine 45 TOPS untuk memaksimalkan pengalaman menggunakan aplikasi dan fitur berbasis AI.

Vivobook S 15 OLED sudah dapat dipesan melalui ASUS Online Store dengan harga Rp23.999.000. Setiap pembelian Vivobook S 15 OLED di ASUS Online Store akan mendapatkan hadiah eksklusif tanpa diundi berupa satu buah ASUS Marshmallow MD200 wireless mouse dan Speaker JBL.

Selain itu pemesanan Vivobook S 15 OLED juga bisa dilakukan melalui e-commerce yang menjadi partner resmi ASUS di Tokopedia, BliBli, dan Shopee. Setiap pembelian laptop Vivobook S 15 OLED di tiga channel e-commerce tersebut, pembeli akan mendapatkan hadiah eksklusif tanpa diundi berupa satu buah speaker JBL.

Persediaan hadiah terbatas dan hanya berlaku selama masa periode pre-order hingga tanggal 14 Agustus 2024. Hadir dalam satu varian warna yaitu Cool Silver, Vivobook S 15 OLED mengusung bobot sekitar 1,42 kg dengan ketebalan 14,7 mm.

Vivobook S 15 OLED memiliki bodi berbahan logam dan tampil dengan logo Vivobook di penutupnya yang dibuat melalui proses ukir menggunakan mesin CNC. Performa pacunya menggunakan prosesor Snapdragon X Elite X1E 78 100 dengan 12 core dan 12 thread serta memiliki kecepatan maksimal 3.4GHz dan Cache 42MB.

Dengan dukungan akselerasi AI yang dibenamkan dalam prosesornya, membuat Vivobook S 15 OLED menawarkan berbagai fitur AI yang berjalan di sistem operasi Windows 11 mulai dari Live Captions untuk menerjemahkan bahasa secara real-time, Windows Studio Effect, Windows Co-Creator, dan yang akan datang yaitu Recall.

ASUS-VIvobook-15-OLED-Snapdragon-X-Elite

Terdapat juga StoryCube yang merupakan aplikasi berbasis AI eksklusif dari ASUS yang didesain untuk mempermudah manajemen aset digital seperti foto dan video. Dengan bantuan AI, StoryCube dapat mengkategorikan setiap aset digital secara otomatis berdasarkan lokasi dan tema foto serta video-nya.

Prosesor Snapdragon X Elite juga dipadukan dengan RAM LPDDR5X 8448MHz berkapasitas 32GB dan penyimpanan SSD PCIe 4.0 berkapasitas 1TB. Selain itu, prosesor tersebut juga didukung prosesor grafis Qualcomm Adreno.

Ketahanan baterai Vivobook S 15 OLED diklaim mampu bertahan hingga 18 jam penggunaan dengan daya terisi penuh 70 Wh. Untuk pengisian daya turut dilengkapi pengisian cepat melalui port USB Type-C dan laptop ini masih bisa diisi dayanya menggunakan power bank ketika sangat dibutuhkan.

Layarnya tebar pesona dengan ukuran 15,6″ berpanel OLED yang memiliki resolusi 3K (2880 x 1620 piksel) serta mendukung refresh rate hingga 120Hz, waktu respon 0,2ms, 100% DCI- P3 warna gamut, dan tingkat kecerahan hingga 600nit.

 ASUS-Vivobook-S-15-OLED-S5507-4

Layarnya pun dapat diputar hingga 180º dalam posisi rebahan sehingga dapat digunakan untuk presentasi saat rapat. Selain itu mendapat dukungan sertifikasi VESA untuk DisplayHDR True Black 600, SGS Performance Test Eye Care Display, Flicker Free, dan low blue light hardware dari TUV Rheinland.

Dengan begitu kesehatan dan kenyamanan mata pengguna selama melihat kontan pada layarnya dapat terlindungi dan menghindari kerusakan mata dalam jangka panjang. Vivobook S 15 OLED diklaim tetap dingin di bawah tekanan dengan teknologi sistem pendinginan termal ASUS IceCool.

Sistem pendingin ini dapat memastikan perpindahan panas dan pembuangan efisien sehingga pengguna dapat menangani tugas-tugas berat tanpa penurunan kinerja. Ditambah lagi, terdapat penyaring debu pada kedua kipas untuk menjaga laptop tetap bersih.

Di bagian keyboard, tepatnya di sebelah tombol Alt terdapat tombol pintasan Copilot untuk mengakses fitur-fitur AI dengan cepat. Selain itu keyboard RGB zona tunggal dapat disesuaikan sesuai referensi pengguna untuk mengoptimalkan pekerjaan maupun hiburan mereka.

 ASUS-Vivobook-S-15-OLED-S5507

Sistem audio Vivobook S 15 OLED didukung Dolby Atmos dan Harman Kardon yang dapat menghasilkan keluaran suara yang hidup. Untuk konfigurasi audio lebih jauh tersedia Smart Amplifier dan ASUS Audio Booster.

Vivobook S 15 OLED juga memberikan port yang sangat lengkap mulai dari 2 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x HDMI 2.1 TMDS, 2 x USB4 yang mendukung eksternal display dan transfer data cepat, 1 x MicroSD card reader, dan 1 x Audio jack.

Di atas layarnya juga tersedia kamera IR yang memungkinkan pengguna dapat membuka kunci komputer dalam sekejap. Tersedia keamanan privasi berupa penutup webcam fisik dan pelindung privasi terintegrasi yang dapat diselipkan di atas webcam untuk perlindungan instan dari mata-mata yang mengintip.

Soal ketangguhannya, Vivobook S 15 OLED telah melalui proses pengujian dengan standar militer MIL-STD 810H yang ketat untuk memastikan keandalan dan daya tahan. Laptop ini telah melalui pengujian ekstensif di lingkungan yang keras seperti jatuh, suhu ekstrem, tekanan, dan masih banyak lagi.

 ASUS-Vivobook-S-15-OLED-S5507

Agar semakin lengkap, ASUS juga memberikan serangkaian perangkat lunak yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman komputasi pengguna. Dengan aplikasi MyASUS, pengguna dapat  menggunakan laptop dengan maksimal untuk beragam pengaturan.

Pengguna juga dapat mengakses software GlideX untuk menyelesaikan lebih banyak hal dengan berbagi layar di seluruh perangkat. Sedangkan aplikasi ScreenXpert dapat membantu pengguna mengelola jendela aplikasi di seluruh layar yang terhubung untuk alur kerja yang lebih lancar.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.