ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Perangkat Pintar

Google TV Streamer Telah Dirilis, Gantikan Chromecast dengan Fitur Lebih Canggih

Google TV Streamer Telah Dirilis, Gantikan Chromecast dengan Fitur Lebih Canggih

Gadgetren –  Setelah sebelumnya menghadirkan Chromecast, kini Google menyempurnakan perangkat tersebut dengan yang penggantinya yaitu Google TV Streamer.

Perangkat ini menawarkan performa yang lebih baik dengan chipset dan jaringan yang lebih cepat serta konektivitas pintar rumah. Selain itu membawa desain yang lebih sederhana dan modern dibanding Chromecast hingga fitur-fitur baru yang bermanfaat seperti pencari jarak jauh.

Saat ini, Google TV Streamer bisa didapatkan melalui program pre-order. Perangkat ini akan tersedia secara global pada tanggal 24 September 2024 mendatang seharga 99,99 USD atau sekitar Rp1,6 jutaan di Google Store dan mitra resmi Google lainnya.

Tentunya dibandingkan dengan Chromecast, Google TV Streamer lebih mahal. Melalui perangkat ini Google juga memberikan fungsi Gemini AI untuk memberikan pengalaman di rumah lebih pintar.

Berkat teknologi Gemini tersebut, pengguna akan bisa mendapatkan ringkasan lengkap, ulasan, dan perincian konten per musim sehingga menemukan tontonan maraton berikutnya menjadi lebih mudah.

Kemudian dengan mode ambient, pengguna dapat mengubah TV yang tidak aktif menjadi sebuah karya seni. Kamu dapat menggunakan suara untuk menampilkan kenangan favorit dari Google Photos hingga membuat seni screensaver yang unik dengan AI generatif.

Google TV Streamer

Selain itu, Google TV Streamer dengan menggunakan Google AI dan preferensi pengguna dapat menyusun saran konten di semua langganan mereka. Beragam konten bisa dinikmati mulai dari akses ke lebih dari 700.000 film dan acara melalui aplikasi streaming seperti YouTube TV, Netflix, Disney+, Apple TV, dan masih banyak lagi.

Dari segi desain, Google TV Streamer tak lagi tampil seperti dongle melainkan pengguna harus menyediakan kabel HDMI sendiri. Bentuknya yang tipis dan oval membuat perangkat ini bisa diletakkan di bawah TV pintar.

Google TV Streamer hadir dalam dua warna yaitu putih dan abu-abu tua. Performa pacu Google TV Streamer menawarkan prosesor yang lebih baik, memori dua kali lipat, dan penyimpanan 32GB untuk waktu pemuatan aplikasi yang lebih cepat dan navigasi yang lebih lancar dibandingkan generasi sebelumnya.

Google TV Streamer

Perangkat ini mampu menampilkan video berkualitas hingga 4K HDR dengan dukungan sertifikasi Dolby Vision untuk gambar yang lebih hidup dan sinematik. Untuk detail suara yang lebih terasa seperti berada di dekat sumber suara, perangkat ini juga mendukung Dolby Atmos.

Untuk pengalaman koneksi yang lebih baik, Google TV Streamer memungkinkan kamu dapat menayangkan konten dari handphone, menambahkannya ke grup speaker, dan mengontrol musik di rumah langsung dari TV.

Berdasarkan masukan pengguna, Google juga telah mendesain ulang remote control yang membuatnya lebih mudah dan lebih nyaman dipegang dengan ergonomi yang lebih baik.

Google TV Streamer

Sebagai contoh, di bagian belakang remot memiliki tekstur untuk pegangan yang lebih baik dan tata letak tombol yang dioptimalkan agar sesuai dengan tangan dari semua ukuran.

Pengguna juga dapat memprogram tombol baru yang dapat disesuaikan untuk dapat segera membuka aplikasi favorit, mengganti input, atau meluncurkan panel Google Home hanya dengan satu ketukan.

Yang menarik, remote control di bagian belakang terdapat tombol pencari remote. Pengguna cukup ketuk tombol tersebut, dan remote akan mengeluarkan bunyi bip sehingga mereka dapat dengan mudah melacaknya di berbagai tempat yang tidak bisa dijangkau.

Perangkat ini juga menjadi salah satu perangkat streaming pertama yang didukung oleh USB-C. Fitur-fitur lainnya seperti port HDMI 2.1a, Wi-Fi 5, Gigabit Ethernet, dan Bluetooth 5.1 telah diberikan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.