ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Bedanya OPPO Reno12 Pro 5G dan OPPO Reno11 Pro 5G, Sangat Banyak!

OPPO Reno12 Pro 5G Vs OPPO Reno11 Pro 5G - Header

Gadgetren – OPPO telah memboyong OPPO Reno12 Pro 5G ke yang hadir sebagai penerus langsung dari OPPO Reno11 Pro 5G yang sebenarnya meluncur belum lama.

Dengan banderol harga awal yang relatif serupa, OPPO Reno12 Pro 5G memperkenalkan berbagai macam penyesuaian. Perangkat tersebut tidak hanya mempunyai desain yang lebih segar tetapi juga spesifikasi dan dukungan yang cukup berbeda.

Kita yang ingin meminang ponsel baru tentunya dapat mempertimbangkan kedua ponsel tersebut. Hanya saja sebelum menentukan ponsel yang mau dibeli, kita memang perlu memperhatikan beberapa perbedaannya.

Perbedaan OPPO Reno12 Pro 5G Vs OPPO Reno11 Pro 5G

OPPO Reno12 Pro 5G salah satunya hadir dengan bodi yang lebih tangguh. Perangkat tersebut kini dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu yang semula masih absen pada OPPO Reno11 Pro 5G di mana secara khusus sudah tersertifikasi dengan IP65.

Pada bagian layarnya, perangkat tersebut juga dilengkapi dengan lapisan pelindung yang lebih kuat. Corning Gorilla Glass Victus 2 yang tersemat pada OPPO Reno12 Pro 5G menjanjikan ketahanan terhadap goresan dan benturan secara lebih baik daripada AGC pada OPPO Reno11 Pro 5G.

Meskipun mempunyai bodi yang lebih tangguh, kinerja OPPO Reno12 Pro 5G sayangnya sedikit lebih mundur ketimbang pendahulunya. Perangkat tersebut kini mengandalkan MediaTek Dimensity 7300-Energy padahal OPPO Reno11 Pro 5G sebelumnya memakai MediaTek Dimensity 8200.

OPPO Reno12 Pro 5G Vs OPPO Reno11 Pro 5G - 1

OPPO Reno12 Pro 5G

Karena mempunyai arsitektur yang serupa, Dimensity 8200 yang dapat berjalan sampai 3,1GHz menawarkan kinerja lebih mumpuni. Bakalan lebih bisa diandalkan ketimbang Dimensity 7300-Energy yang hanya mampu menangani hingga 2,5GHz.

Bahkan ketika diuji dengan menggunakan aplikasi AnTuTu, Dimensity 8200 mampu menghasilkan skor hingga lebih dari 900ribuan. Jauh meninggalkan Dimensity 7300-Energy yang hanya berada di kisaran angka 600ribuan.

Di samping itu, teknologi RAM yang digunakan oleh OPPO Reno11 Pro 5G juga lebih mutakhir. Perangkat lawas tersebut sudah dilengkapi LPDDR5x saat OPPO Reno12 Pro 5G justru kembali mengandalkan LPDDR4x.

OPPO Reno12 Pro 5G Vs OPPO Reno11 Pro 5G - 2

OPPO Reno11 Pro 5G

Untungnya, OPPO Reno12 Pro 5G tidak hanya membawa peningkatan di ketahanan bodinya. Perangkat menengah ke atas tersebut kini membawa dukungan kamera yang lebih mumpuni ketimbang OPPO Reno11 Pro 5G.

Kamera telefoto yang digunakan mengalami peningkatan signifikan dari semula hanya 32MP menjadi 50MP. Begitu pula pada kamera depannya, OPPO Reno12 Pro 5G juga membawa peningkatan resolusi yang hampir serupa.

Dukungan seaker stereo yang sebelumnya absen di OPPO Reno11 Pro 5G kini juga hadir di OPPO Reno12 Pro 5G. Dengan begitu, perangkat tersebut secara teknis mampu menghasilkan suara yang lebih baik saat digunakan untuk memutar musik, menonton video, atau bahkan bermain game.

Perangkat baru vivo tersebut kini juga dilengkapi dengan dukungan untuk memasang kartu penyimpanan eksternal. Jadi saat ruang penyimpanan OPPO Reno12 Pro 5G habis, kita nanti bisa mengekspansinya dengan menambahkan MicroSD.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.