ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Laptop / PC

Cara Keluar Akun Microsoft di Laptop Windows 11 Untuk Pemakaian Lokal!

Cara Keluar Akun Microsoft di Laptop Windows 11 - Header

Gadgetren – Keluar dari Akun Microsoft lalu beralih ke setelan akun lokal kadang-kadang memang diperlukan. Salah satunya, kita harus memakainya untuk menghapus pemakaian password di laptop Windows 11.

Selain itu, hal tersebut pun bisa menjadi pilihan apabila kita tidak mau pengaturan laptop tersinkronisasi dengan berbagai perangkat Windows yang lain. Kita juga dapat memakainya untuk berhenti berbagi data pribadi dengan berbagai layanan milik Microsoft.

Keluar dari Akun Microsoft dan beralih ke setelan akun lokal untungnya cukup mudah untuk dilakukan. Jika menggunakan laptop dengan sistem Windows 11, kita dapat melakukannya secara langsung melalui halaman pengaturan.

Cara Keluar Akun Microsoft di Laptop Windows 11

  • Ketuk tombol Start Windows.
  • Buka menu Settings (ikon roda gigi).
  • Masuk ke bagian Accounts.
  • Pilih menu pengaturan Your info.
  • Di bagian Account settings, ketuk opsi Sign in with a local account instead.
  • Konfirmasi jendela verifikasi data dengan mengetuk tombol Next.
  • Gunakan PIN, sensor pemindai sidik jari, atau pemindai wajah untuk verifikasi.
  • Setelah verifikasi berhasil, isi setelan akun lokal sesuai dengan kebutuhan.
  • Ketuk tombol Next setelah mengisi setelan akun lokal.
  • Terakhir, konfirmasi dengan mengetuk Sign out and finish.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, pengaturan di laptop Windows 11 akan berubah langsung ke akun lokal. Pastikan untuk menyimpan pekerjaan sebelum keluar atau mematikan laptop dan masuk kembali dengan setelan kata sandi yang baru.

Yang cukup menarik, kita sebenarnya bisa langsung menghapus pemakaian password saat mengatur setelan akun lokal. Jadi kita tidak perlu melakukan pengaturan secara terpisah baik itu melalui Command Prompt atau halaman Settings.

Untuk menghapus pengaturan password di laptop Windows 11, kita bisa langsung mengosongkan bagian New password, Confirm password, dan Password hint pada saat mengatur akun lokal. Kita nantinya hanya perlu mengisi kolom User name-nya saja.

Meskipun menawarkan beberapa keuntungan, beralih ke akun lokal memiliki beberapa hal yang perlu diperhatikan. Termasuk di antaranya adalah kita akan dikeluarkan dari beberapa layanan Microsoft seperti OneDrive, Bing, atau Skype.

Di samping itu, kita juga tidak akan diizinkan untuk mengunduh berbagai aplikasi dari Microsoft Store. Kita misalnya tidak bisa memasang layanan berbayar atau aplikasi apa pun yang memerlukan verifikasi usia.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.