ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Berita Laptop / PC

MSI Umumkan Komputer Mini Seri Cubi NUC Terbaru dengan Intel Core Ultra 7

MSI Umumkan Komputer Mini Seri Cubi NUC Terbaru dengan Intel Core Ultra 7

Gadgetren – MSI secara resmi telah mengumumkan mini PC terbarunya yang bernama seri MSI Cubi NUC. Mini PC seri MSI Cubi NUC terdiri dari tiga model mencakup Cubi NUC 1M, Cubi NUC 1MG, dan Cubi NUC 13MQG.

Seri MSI Cubi NUC menjadi penantang seri ASUS NUC 14 yang juga baru dirilis dengan prosesor Intel hingga Core Ultra 7. Adapun seri MSI Cubi NUC ditenagai oleh pilihan prosesor Intel Core Ultra 3, 5, dan 7.

Seluruh model mini PC ini telah didukung oleh akselerasi AI melalui NPU yang secara bawaan tersedia melalui prosesor terbaru seri Intel Core Ultra. Lini produk NUC ini disebut mampu memberikan kinerja komputasi mutakhir dalam bentuk terkecil yang mengunggulkan desain ringkas.

Semua model mini PC dari MSI tersebut menjalankan sistem operasi Windows 11 Home. Sementara memori komputer ini menggunakan 2x DDR5 5200MHz SO-DIMM berkapasitas hingga 64GB dan penyimpanan internal SSD 1x M.2 2280. Terdapat juga slot SSD 1x M.2 2242 dan HDD/SSD 1x 2.5″.

Mini PC seri MSI Cubi NUC menawarkan varian warna hitam yang memiliki desain compact dan dibuat dari bahan ramah lingkungan seperti plastik PCR dan pulp cetak daur ulang sebagai kemasannya.

Pengguna dapat memantau konsumsi dayanya melalui aplikasi Power Meter sehingga tidak boros dalam mengeluarkan biaya listrik. Aplikasi ini juga memiliki fitur one-click power-saving button yang memungkinkan pengguna untuk menghemat energi tanpa mengurangi performa.

MSI Cubi Nuc 1M

Bobotnya sekitar 1,44 kg dengan ketebalan 50,1mm. Mini PC ini juga dibekali adaptor dengan tegangan 120W, WiFi 6E, dan Bluetooth 5.3. Mengenai konektivitas terbilang lengkap seperti Thunderbolt 4 yang dapat menawarkan transfer data cepat dan juga pengisian daya.

Selain itu mini PC seri MSI Cubi NUC juga didukung 2x port HDMI dan dapat dipasang di belakang monitor dengan MSI Power Link yang dapat menjadi tombol daya pada monitor MSI tertentu untuk menghidupkan Cubi NUC.

Kemudian tersedia juga port 2x USB 10Gbps Type A, 1x Mic-in / Headphone-out combo, 1x Micro-SD Card Reader, dan 2x 2.5G LAN. Mini PC ini juga telah mendapatkan penghargaan Red Dot Design Award pada tahun 2024 berkat dukungan fitur-fitur, kinerja performa terbaru, dan mendukung empat layar untuk komputasi yang lebih produktif serta skenario multitasking.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.