ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Handphone

Cara Reset HP Infnix Agar Sistem Kembali Normal

Cara Reset HP Infnix Header

Gadgetren – Infinix sudah menghadirkan beragam ponsel dengan spesifikasi dan kualitas menarik sehingga mendapatkan sambutan yang baik dari berbagai segmen.

Dengan harga yang terjangkau, Infinix dapat menghadirkan perangkat dengan performa yang lancar untuk bermain beberapa game. Namun sama seperti ponsel Android lainnya, ponsel Infinix bisa saja mengalami error atau kendala teknisi.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya dengan melakukan Restart dapat menyegarkan kembali kinerja ponsel Infinix. Namun jika masalah masih berlanjut, langkah selanjutnya yang bisa kamu ambil sebelum ke service center dengan melakukan Factory Reset.

Cara Factory Reset HP Infinix

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu System.
  3. Pilih opsi Reset Options.
  4. Pilih opsi Erase all data (factory reset).
  5. Tekan tombol Erase All Data.
  6. Masukkan password, Pattern, atau PIN jika ponsel Infinix dikunci.
  7. Selanjutnya, setuju untuk Erase All Data.
  8. Tunggu proses selesai.
  9. Ponsel Infinix akan menampilkan pengaturan awal sistem.

Perlu dicatat bahwa Factory Reset akan menghapus semua data yang ada di ponsel Infinix sehingga selalu pastikan untuk mencadangkan data terlebih dulu ke penyimpanan eksternal.

Factory Reset lewat pengaturan hanya bisa dilakukan ketika kamu dapat masuk ke dalam Home Screen. Apabila perangkat mengalami bootloop atau hanya berputar di logo Infinix terus menerus, maka mau tidak mau harus menggunakan Recovery Mode.

Reset Lewat Recovery Mode

  1. Matikan ponsel Infinix terlebih dulu.
  2. Setelah perangkat mati, tekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan hingga muncul logo Infinix.
  3. Lepas tombol Power dan tetap menahan tombol Volume Atas.
  4. Selanjutnya akan muncul Recovery Mode.
  5. Tekan tombol Volume untuk navigasi menu dan Power untuk memilih menu.
  6. Pilih opsi Wipe Data / Factory Reset.
  7. Pilih Factory Data Reset.
  8. Pilih Reboot System Now.
  9. Selanjutnya ponsel akan mati dan menyala kembali saat proses berlangsung.

Perlu diketahui bahwa penggunaan Recovery Mode memang sering kali membantu ketika ponsel benar-benar mengalami error yang membuat sistem tidak bisa masuk ke halaman Home Screen sama sekali.

Namun hal yang sangat disayangkan, kamu harus merelakan data di dalam ponsel saat reset lewat Recovery Mode karena tidak ada kesempatan untuk mencadangkannya terlebih dahulu.

Jadi selalu cadangkan data secara berkala Biasanya Factory Reset merupakan jalan terakhir ketika sistem pada ponsel tetap error atau tidak berfungsi dengan baik ketika sudah melakukan beragam cara masih kurang berhasil.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.