ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Berita Laptop / PC

ASUS Rilis Komputer Mini Perdana Untuk Gaming, ROG NUC

ASUS Rilis Komputer Mini Perdana Untuk Gaming, ROG NUC

Gadgetren – Setelah diperkenalkan pada ajang CES 2024 di Las Vegas pada awal tahun 2024 kemarin, akhirnya ASUS secara resmi telah merilis komputer mini terbarunya yang bernama ROG NUC.

Sebagai bagian dari lini ROG, PC mini ini menyasar kepada pengguna yang berminat dengan komputasi untuk gaming, para penikmat PC dengan performa kencang, hingga pembuat konten profesional.

Keunggulan PC mini baru ini memiliki bodi yang ringan dan ringkas dengan dimensi 270 x 180 x 50 mm dan bobot sekitar 2,6 kg. Hadir dalam balutan warna hitam matte, ROG NUC dapat diletakan dalam posisi vertikal maupun horizontal maupun horizontal di atas meja.

PC mini ROG NUC yang baru dirilis secara global ini ditenagai prosesor seri Intel Core Ultra yang tersedia dalam dua varian meliputi Core Ultra 7 155H dan Core Ultra 9 185H.

Diketahui bahwa Intel sebelumnya pada tahun 2023 telah berhenti memproduksi mini PC NUC (Next Unit of Computing). Setelah itu Intel mengumumkan kemitraan dengan ASUS yang ke depannya akan menghadirkan PC NUC dibawah lisensi.

ROG NUC sendiri merupakan produk pertama kolaborasi kedua perusahaan tersebut yang berfokus pada game. PC mini ini dibanderol seharga mulai 1.629 USD atau setara Rp26,4 jutaan untuk varian Core Ultra 7.

Sedangkan untuk varian Core Ultra 9 dilepas dengan harga 2.199 USD atau setara Rp35,7 jutaan. Menurut keterangan resmi dari pihak ASUS ROG Indonesia, PC ROG NUC akan juga dirilis di Indonesia dalam waktu dekat yang akan digelar pada tanggal 11 Juli 2024 mendatang di Senayan Jakarta.

ASUS ROG NUC

Lebih jauh, ROG NUC dengan prosesor seri Intel Core Ultra juga akan menyediakan akselerasi AI untuk menunjang beragam aktivitas seperti efek AI untuk pengoptimalan panggilan video,  edit foto dan video dengan bantuan AI, dan multitasking lebih cepat.

Kemudian prosesor grafis yang didukung ialah NVIDIA GeForce RTX 4070 untuk Core Ultra 9 dan untuk Core Ultra 7 dengan RTX 4060. ROG NUC menyediakan memori DDR5 SODIMM 5600 MHz hingga 64 GB (32 x2) dan dilengkapi dengan tiga slot M.2 NVMe PCIe 4.0 untuk kapasitas penyimpanan yang dapat ditingkatkan.

Prosesor grafis NVIDIA GeForce RTX seri 40 juga mendukung AI Tensor Cores khusus yang disebut dapat menghadirkan performa mutakhir dengan akselerasi AI yang dapat mendorong permainan maupun proyek kreatif pengguna lebih cepat dan efisien.

ASUS ROG NUC

Sistem operasinya menggunakan Windows 11 dan PC mini ini juga kompatibel dengan PC controller ROG Raikiri Pro untuk memuaskan para pemain game extreme. ROG Raikiri Pro uniknya mengusung panel OLED dan didukung empat tombol belakang, pilihan trigger, ESS DAC, penyesuaian sensitivitas joystick dan kurva respons, serta konektivitas tri-mode.

ROG Raikiri Pro dapat terhubung dengan ROG NUC melalui kabel USB-C, 2.4GHz, atau Bluetooth. Soal konektivitas, PC mini ROG NUC dilengkapi dengan satu port Thunderbolt 4 USB-C, empat port USB 10 Gbps, dua port USB 2.0, satu HDMI, satu port 2.5G RJ45 LAN, SD Card Reader, dua port DP1.4a, satu port DC-in, dan Kensington Lock slot.

Terakhir, PC ROG NUC juga didukung dengan lampu RGB yang dapat diatur melalui  AURA Sync dengan 12 mode sinkronisasi. Sinkronisasi efek cahaya RGB dengan AURA Sync dapat diterapkan di beberapa periferal ROG dengan PC NUC untuk memberikan suasana berbeda dalam permainan maupun proses pengerjaan proyek pengguna.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.