ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Bersihkan Data dan File Sampah di HP OPPO Biar Kembali Lega

Cara Bersihkan Sampah di HP OPPO Header

Gadgetren – ColorOS berbasiskan Android telah menghadirkan beragam tools berguna yang digunakan pada ponsel OPPO.

Phone Manager merupakan salah satu tools bawaan yang bisa kamu manfaatkan karena memungkinkan performa ponsel tetap terjaga dan optimal karena dapat secara mudah dalam menghapus berbagai berkas sampah atau tidak penting di ponsel OPPO.

Kita ketahui sendiri bahwa file sampah dapat membuat memori internal menjadi lebih cepat penuh yang mana menyebabkan sistem pada ponsel bisa berjalan menjadi lambat dan sering mengalami error. Dengan Phone Manager, kamu dapat menghapus berbagai file sampah secara otomatis sehingga sistem selalu dalam kondisi terbaik.

Gunakan Aplikasi Phone Manager

  1. Akses aplikasi Phone Manager.
  2. Pada halaman utama, pilih opsi Clean up storage.
  3. Sistem akan memindai file mana saja ang dianggap sampah.
  4. Setelah pemindaian selesai, tekan tombol Clean
  5. Kemudian akan muncul notifikasi [besarnya sampah] Cleared. Misal 1.08 GB Cleared

Bisa dibilang membersihkan sampah melalui aplikasi Phone Manager sangat cepat dan mudah karena sistem secara otomatis akan memindai beragam file yang dikategorikan sebagai sampah.

Jika kamu jarang membersihkan file sampah, biasanya banyak sekali berkas dan data akan ditemukan oleh Phone Manager. Dengan menghapus file sampah, tentunya ini akan meringankan beban memori internal dan membuat kapasitas menjadi lebih lega.

Selain itu, Phone Manager juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan lain seperti mencari malware, mengecek berkala kondisi ponsel, hingga mengoptimalkan kembali performa sistem. Selain file sampah, beberapa aplikasi terkadang memiliki ukuran cache yang tidak sedikit.

Meskipun file cache berguna untuk mempercepat aplikasi saat kembali dibuka, namun menghapus file cache pun tidak akan menyebabkan masalah sama sekali karena memang fungsinya yang tidak terlalu penting dan bisa menjadi solusi sementara jika aplikasi bermasalah.

Hapus Cache Aplikasi

  1. Buka aplikasi Settings.
  2. Pilih menu Apps.
  3. Pilih opsi App management.
  4. Pilih aplikasi yang diinginkan.
  5. Pada halaman App Info, pilih Storage usage.
  6. Tekan tombol Clear cache.

Perlu dicatat bahwa cache akan kembali dibuat oleh sistem setiap kali kamu menggunakan aplikasi tersebut. Dengan begitu, kamu dapat secara berkala menghapus cache jika dirasa sudah terlalu menumpuk dan menyegarkan kembali aplikasi.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.