ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

9 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A3 Pro 5G, Jagokan Ketahanan Militer

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A3 Pro 5G Header

Gadgetren – OPPO A3 Pro 5G merupakan ponsel kelas OPPO yang menarik karena diklaim tahan banting karena sudah mendapatkan sertifikasi ketahanan militer.

Ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur AI seperti AI Linkboost yang memungkinkan sistem dapat membuat koneksi internet menjadi stabil dan AI Eraser yang dapat menghilangkan gangguan pada hasil foto secara pintar dengan hanya dilingkari atau dipilih.

Tak ketinggalan ada juga dukungan dua kartu SIM, WiFi, Bluetooth, jaringan 4G-LTE, 5G, dan ColorOS 14 berbasiskan Android 14 pun turut dihadirkan pada ponsel ini.

Kelebihan OPPO A3 Pro 5G

1. Performa yang Bertenaga

Dapur OPPO A3 Pro 5G dipercayakan pada chipset MediaTek Dimensity 6300 (6nm) Octa-Core 2,4 GHz dan RAM 8 GB yang diklaim mampu menjalankan aplikasi serta menangani aktivitas multitasking secara mulus.

Terdapat fitur RAM Expansion hingga 8 GB dengan meminjam ruang kosong penyimpanan internal untuk meningkatkan performa multitasking. Penyimpanan internalnya pun lega karena mempunyai kapasitas 256 GB ditambah slot microSD hingga 1 TB untuk ekspansi.

Fitur AI LinkBoost dari OPPO yang menggunakan mode AI (Artificial Intelligence) tingkat sistem akan memastikan koneksi yang stabil di mana pun pengguna berada sehingga game maupun streaming video dapat berjalan dengan lancar walaupun sedang berada di area dengan sinyal lemah atau jaringan yang sibuk.

Bahkan OPPO A3 Pro 5G telah lulus uji laboratorium dengan sangat baik yang diklaim penurunan kurang dari 10% sehingga masih mampu digunakan dengan normal dan optimal walaupun pemakaiannya telah 50 bulan.

2. Desain Menarik

OPPO A3 Pro 5G mengusung bodi ramping dengan ketebalan hanya 7.68mm dan berat sekitar 186gram. Ponsel ini memiliki desain rangka tengah yang mengkilap dan area kamera persegi panjang di bagian belakang.

Tersedia pula dua pilihan warna yang terdiri dari Moonlight Purple dan Starry Black. Untuk warna Moonlight Purple terinspirasi dari bulan terbit di langit ungu gelap. Desain ini dibuat dengan tekstur partikel magnetik bulan sabit inovatif yang berkilau dan berubah-ubah sehingga menciptakan tampilan yang misterius.

Sementara Starry Black menghadirkan warna hitam pekat dengan titik-titik berkilauan bagaikan bintang di langit malam serta disempurnakan dengan tekstur fine matte OPPO Glow yang bebas sidik jari, tahan aus, dan anti gores.

3. Layar 120Hz

OPPO A3 Pro 5G mengusung layar penuh 6,67 inci dengan resolusi HD+ (1604 x 720 piksel) yang dapat menampilkan konten luas dengan jelas. Tingkat kecerahan hingga 1.000nits membuat konten masih dapat dilihat dengan baik walaupun sedang berada di bawa terik matahari sekalipun.

Berkat refresh rate 120Hz, layarnya dapat menampilkan gerakan transisi maupun animasi game secara halus. Perlindungan Panda Glass dan China Southern Glass yang diperkuat dua kali lipat membuat layar ponsel ini lebih aman ketika tidak sengaja terjatuh maupun terbentur.

Mempunyai sertifikasi Widevine L1, OPPO A3 Pro 5G pun dapat menampilkan video berkualitas HD dari aplikasi streaming seperti Amazon Prime Video, Netflix, dan lainnya.

4. Baterai Jumbo dan 45W SUPERVOOC

Sumber energi kehidupan OPPO A3 Pro 5G dipercayakan pada baterai 5.100 mAh yang diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Terdapat juga fitur Battery Health Engine yang dapat menjaga kondisi baterai tetap optimal hingga selama 4 tahun.

Berkat fitur 45W SUPERVOOC, pengisian daya baterai dari 0% ke 100% hanya berlangsung 74 menit saja. Tak ketinggalan fitur Smart Charging mampu beradaptasi dengan kebiasaan pengisian daya pengguna agar lebih efisien dan melindungi umur panjang baterai sehingga performa puncak bisa dipertahankan selama lebih dari 4 tahun.

Terdapat juga fitur Trinity Engine yang dapat menghadirkan performa baterai yang lebih baik dipadukan dengan membuka aplikasi yang lebih cepat dan penyimpanan yang lebih besar akan memberikan pengalaman yang lancar pada OPPO A3 Pro 5G.

5. Tahan Benturan dengan Standar Militer

OPPO A3 Pro 5G mendapatkan sertifikasi MIL-STD 810H yang membuktikannya tahan dalam pengujian tingkat militer. Apalagi ponsel ini sudah dilengkapi struktur internal yang telah diperkuat dengan bahan tahan jatuh seperti Panda Galss untuk pelindung layar sehingga memastikan ponsel dapat bertahan dari sebagian besar skenario jatuh dan benturan sehari-hari.

OPPO A3 Pro 5G juga telah menerima Sertifikasi Ketahanan Jatuh SGS (Standar) dan Sertifikasi Standar Militer SGS. Terdapat Anti-Drop Shield Case yang dirancang sebagai standar baru untuk perlindungan ponsel ini ketika jatuh maupun terbentur.

Anti-Drop Shield Case membuat OPPO A3 Pro 5G dapat bertahan dari 450 rotasi dalam uji tumbukan tanpa kerusakan yang menunjukkan peningkatan perlindungan sebesar 200% jika dibandingkan tanpa case.

Sertifikasi IP54 membuktikannya juga tahan terhadap debu dan cipratan air. Sementara fitur Splash Touch OPPO memberikan pengoperasian ponsel tetap lancar walaupun kondisi tangan sedang basah.

6. Kamera Utama 50 MP

OPPO A3 Pro 5G sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan portrait 2 MP. Resolusi besar dan dukungan AI membuat kamera utamanya dapat menghasilkan foto berkualitas bagus.

Dukungan mode Portrait memungkinkan hasil foto dimana subjek tetap fokus dengan latar belakangnya memiliki efek bokeh sehingga terlihat dramatis.

Tersedia fitur AI Eraser yang mampu mengidentifikasi dan menghapus subjek atau objek yang tidak diinginkan pada hasil foto untuk kemudian mengisi celahnya dengan baik agar menciptakan gambar yang alami tanpa jejak pengeditan.

Ponsel ini pun mempunyai kamera depan 8 MP yang dapat dimanfaatkan untuk foto selfie, vlog, video call, maupun Face Unlock. Sementara itu terdapat fitur Dual-View Video yang dapat melakukan perekaman dengan menggunakan kamera belakang dan kamera depan secara bersamaan.

7. Ada NFC dan Volume Boost

Ponsel ini memungkinkan volume suara dapat ditingkatkan hingga 300% sehingga pengguna dapat mendengar suara konten dengan jelas ketika sedang berada di lingkungan bising.

Fitur NFC (Near Field Communication) pun memudahkan untuk pembayaran digital, pengecekan atau pengisian saldo kartu e-money, maupun transfer data antar perangkat dengan mudah.

Kekurangan OPPO A3 Pro 5G

1. Tidak Adanya Kamera Ultrawide

Meskipun memiliki kamera utama beresolusi besar, sayangnya OPPO A3 Pro 5G tidak dilengkapi dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel kompetitor di kelas menengah telah banyak menggunakan kamera jenis ini.

Kamera ultrawide sendiri memiliki keunggulan pada kemampuannya yang dapat menghasilkan foto dengan area yang luas sehingga tidak perlu lagi menggunakan mode Panorama yang merepotkan.

2. Layar Masih HD+

Sebagai ponsel dengan harga Rp3.999.000, OPPO A3 Pro 5G masih menggunakan layar dengan resolusi HD+ (1604 x 720 piksel). Padahal ponsel di harga yang sama sudah banyak yang memakai layar dengan resolusi Full HD+.

Dengan layarnya yang sudah memenuhi bagian depan, alangkah baiknya OPPO A3 Pro 5G menggunakan layar Full HD+ karena dapat menghadirkan konten yang lebih jernih terutama pada saat memutar video dari aplikasi streaming seperti Netflix.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.