ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengubah Pengaturan Bahasa di HP OPPO Jadi Bahasa Lain

Cara Mengubah Pengaturan Bahasa di HP OPPO Header

Gadgetren – Pada saat kamu mengaktifkan ponsel OPPO pertama kali, biasanya kamu diminta sistem untuk menentukan bahasa yang nantinya akan digunakan pada menu dan navigasi.

Jadi sebaiknya kamu dapat menentukan bahasa yang memang dimengerti. Namun tidak jarang juga kamu memilih Bahasa Inggris  atau lainnya ketimbang Bahasa Indonesia untuk ditampilkan di layar.

Namun mungkin sewaktu-waktu kamu perlu mengganti bahasa dari sistem ponsel OPPO menjadi bahasa yang lain untuk suatu hal. Kamu pun dapat melakukannya dengan mudah tanpa perlu melakukan reset.

Cara Mengubah Pengaturan Bahasa HP OPPO

  1. Buka aplikasi Settings berikon gerigi di Home Screen.
  2. Pilih kolom Search pada bagian atas.
  3. Ketik Language ketika ponsel diatur bahasa Inggris atau Bahasa ketika ponsel diatur bahasa Indonesia.
  4. Pilih menu Language & Region atau Bahasa & Kawasan.
  5. Selanjutnya, tekan tombol Add a language (Tambah Bahasa) atau Edit.
  6. Pilih bahasa yang diinginkan.
  7. Lalu tekan tombol Yes.

Penggunaan kolom Search dimaksudkan untuk memudahkan kamu dalam mencari menu Language atau Bahasa karena pada beberapa versi ColorOS memiliki tata letak menu yang berbeda-beda.

Kamu dapat menggunakan kata kunci Language pada saat sistem awalnya diatur bahasa Inggris sedangkan kata kunci Bahasa jika menggunakan bahasa Indonesia dari awal.

Ponsel OPPO sendiri mendukung banyak bahasa dari berbagai negara sehingga kamu dapat mengubahnya sesuai dengan bahasa dari negara lain yang ingin dicoba.

Tentunya perubahan bahasa yang telah dipilih akan lebih memudahkan kamu dalam melakukan navigasi maupun membantu kamu dalam belajar bahasa baru.

Namun sebaiknya kamu jangan memilih bahasa yang benar-benar tidak kamu mengerti karena akan jadi susah kembali untuk mengubah pengaturan bahasanya. Jadi pilih bahasa yang setidaknya sudah sedikit kamu mengerti agar meningkatkan kenyamanan ketika menggunakan ponsel OPPO.

Selain bahasa, kamu juga dapat menentukan region atau negara mana kamu tinggal saat ini agar memudahkan dalam fitur update pada sistem operasi.

Sementara untuk urusan waktu, kamu dapat menggunakan fitur Date & Time agar bisa menentukan kondisi tanggal dan jam secara otomatis melalui sistem sesuai dengan zona waktu pada lokasi yang sedang dikunjungi.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar