ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Operator Seluler

MMI Tidak Valid Indosat IM3? Ini Penyebab dan Solusinya

MMI Tidak Valid Indosat IM3 Header

Gadgetren – Pada saat kamu ingin masuk ke fitur atau fungsi tertentu dari operator Indosat IM3, kamu perlu memasukkan kode USSD (Unstructured Supplementary Service Data) pada aplikasi Phone.

Kemudian akan secara otomatis muncul mengenai informasi masa aktif, saldo pulsa, paket data, dan lainnya sesuai dengan kode yang digunakan. Namun pada saat gagal, biasanya akan menampilkan pesan MMI tidak valid.

Bagi yang belum mengetahuinya, MMI atau Mobile Marketing Identifier merupakan sebuah validasi nomor telepon atau kode tertentu yang berkaitan dengan suatu operator seperti Indosat IM3. Terkadang beberapa faktor menjadi penyebab mengenai muncul informasi mengenai kode MMI tidak valid.

Kenapa MMI Tidak Valid Indosat IM3?

1. Nomor Atau Kode Tidak Terdaftar

Terkadang ada kalanya kamu akan menggunakan kode USSD yang biasa untuk mengakses fitur-fitur dari Indosat IM3. Namun pada saat mencobanya, justru muncul tulisan MMI tidak valid.

Hal ini disebabkan karena nomor atau kode tersebut mengalami perubahan. Seperti kode yang biasanya untuk melihat saldo pulsa, masa aktif, atau membeli pulsa dari *555# menjadi *123#.

Dengan begitu, sebaiknya kamu langsung menghubungi customer service Indosat IM3 baik melalui Call Center hingga Gerai Indosat IM3 agar dapat mengetahui kode barunya.

2. Salah Input Kode

Hal yang sering terjadi ketika MMI tidak valid disebabkan juga karena kamu yang salah memasukkan kode USSD. Misalnya memasukkan *124# yang mana seharusnya *123#.

Dengan begitu kamu perlu memastikan lagi dan memasukkan kode USSD dengan format angka dan karakter yang sesuai. Kamu juga dapat mengecek situs resmi Indosat IM3 untuk mengetahui kode yang benar.

3. Masa Aktif Kartu SIM Habis

Kita ketahui bersama bahwa setelah masa aktif kartu SIM dari Indosat IM3 sudah habis, terkadang beberapa fungsi akan error sehingga memunculkan pesan MMI Tidak Valid.

Hal ini tentunya merepotkan bagi kamu yang ingin mengecek beberapa fungsi dari Indosat IM3. Untuk itulah, mau tidak mau kamu harus membeli pulsa atau paket data melalui aplikasi myIM3, dompet digital, ecommerce, Bank, dan lainnya, agar dapat memperpanjang masa aktif sehingga membuat kode MMI Tidak Valid menghilang karena kode USSD berhasil digunakan.

4. Gangguan Jaringan

Pada saat terjadi gangguan jaringan, pastinya semua layanan operator Indosat IM3 akan terputus dan tidak dapat digunakan. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab munculnya masalah MMI tidak valid.

Tentunya gangguan jaringan terjadi secara masal di area sekitar kamu sehingga kamu bisa memastikan apakah pengguna lain juga mengalami yang sama dengan menanyakan kerabat. Tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain menunggu hingga jaringan kembali normal.

5. Ponsel Sedang Error

Ada kalanya sistem pada ponsel sedang error sehingga menyebabkan kode USSD yang dimasukkan tidak dapat diterima oleh operator Indosat IM3 dengan baik. Alhasil operator malah menampilkan MMI tidak valid.

Oleh karena itu, kamu dapat coba restart terhadap ponsel terlebih dulu agar sistem disegarkan kembali. Selanjutnya, kamu dapat memasukkan kembali kode yang benar agar dapat mengakses fitur Indosat IM3.

Jika masih muncul masalah MMI tidak valid, bisa juga perlu membutuhkan Factory Reset atau update sistem operasi. Namun pastikan hal ini menjadi langkah terakhir untuk dilakukan karena semua data akan hilang.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar