ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

7 Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6, Kembalinya Flagship Killer!

Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6 - Header

Gadgetren – Kembalinya lini realme GT tentu menjadi kabar gembira bagi sebagian pengguna, terutama mereka yang memerlukan perangkat berspesifikasi tinggi dengan harga terjangkau.

Perangkat realme GT 6 yang menjadi generasi terbaru dari lini tersebut apalagi memang mempunyai spesifikasi sangat menarik. Kinerja mumpuni yang dibawanya hadir secara lengkap dengan berbagai fitur dan dukungan mutakhir.

Banderol harganya relatif bersaing. Kita sudah dapat membawa pulang perangkat tersebut hanya dengan mengeluarkan dana sebesar Rp7.999.000 atau bahkan bisa lebih murah lagi saat membelinya selama masa promosi.

Kelebihan realme GT 6

1. Sudah Bawa Chipset Mutakhir

Sebagai penantang baru di kategori flagship killer, realme GT 6 membawa dapur pacu yang tak boleh dipandang sebelah mata. Perangkat tersebut sudah menggunakan chipset teranyar Qualcomm yang menawarkan berbagai dukungan mutakhir.

Bagi kamu yang belum, perangkat tersebut menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8s Gen 3 yang mana kemampuannya kurang lebih hampir setara Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 yang meluncur di atasnya dengan sedikit perubahan.

Dalam hal ini, Tim Gadgetren sudah membuktikan sendiri kemampuannya. Perangkat realme GT 6 dengan Snapdragon 8s Gen 3 mampu menangani berbagai macam aktivitas harian secara lancar di mana bahkan untuk bermain game seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, hingga Real Racing 3 dalam setelan grafis tinggi.

Hasil benchmark dari Snapdragon 8s Gen 3 tidak jauh berbeda dengan saudaranya, Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini tercatat mampu menembus skor hingga 1.517.093 poin saat Tim Gadgetren mengujinya dengan aplikasi AnTuTu.

Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6 - 1

Snapdragon 8s Gen 3 pada realme GT 6 juga memperoleh skor pengujian yang tinggi di aplikasi Geekbench. Chipset ini mampu mencatatkan angka yang sangat impresif, yakni 1.931 poin untuk kinerja inti tunggal dan 4.822 untuk inti jamak.

2. Dukungan Memori Mumpuni

Kinerja sangat tinggi dari realme GT 6 pun tidak terlepas dari konfigurasi memori yang digunakan. Perangkat tersebut tak hanya mempunyai RAM dan media penyimpanan internal berkapasitas besar, tetapi juga mutakhir.

RAM perangkat tersebut sudah menggunakan teknologi LPDDR5x. Kapasitas yang tersedia sebesar 12GB dan masih bisa diperluas dengan menggunakan memori virtual hingga total menjadi 24GB apabila dirasa masih kurang.

Pada media internalnya, realme juga sudah menggunakan teknologi UFS 4.0 Overclock. Pilihan kapasitas penyimpanan dari perangkat tersebut sayangnya terbatas karena hanya tersedia dalam konfigurasi 256GB saja.

Konfigurasi memori yang ditawarkan oleh realme GT 6 tentu sudah sangat mumpuni untuk menangani berbagai macam keperluan. Kita dapat mengandalkannya untuk mengelola data dengan cepat dan lancar tanpa hambatan di berbagai aktivitas.

3. Layar Berspesifikasi Tinggi

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh flagship killer tersebut adalah bagian layarnya. Perangkat realme GT 6 soalnya menggunakan panel AMOLED Ultra Bright Display yang diklaim mampu menangani kecerahan hingga 6.000nits.

Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6 - 2

Meskipun secara teknis hanya bisa terpicu dalam kasus-kasus tertentu, tingginya tingkat kecerahan pada realme GT 6 memungkinkan kita memperoleh dukungan visibilitas yang lebih baik. Layar akan mampu menampilkan gambar dengan jelas di berbagai kondisi cahaya.

Di sisi lain, layar realme GT 6 apalagi juga mempunyai resolusi yang tergolong sangat tinggi. Perangkat tersebut mendukung sampai 2780 x 1264 piksel yang secara teknis mampu menampilkan gambar dengan tajam meskipun panelnya membentang sampai seluas 6,78 inci.

Selain itu, perangkat realme GT 6 menariknya juga mendukung berbagai teknologi penunjang seperti Dolby Vision dan Pro-XDR yang akan memastikan tampilan gambar pada layarnya bisa terlihat dengan lebih menawan.

Untuk refresh rate-nya, realme GT 6 sudah mendukung teknologi LTPO 8T yang memungkinkan perangkat mempunyai pengaturan sangat luas. Layarnya dalam hal ini bahkan dapat menangani mulai dari 1Hz hingga 120Hz sehingga dapat menyesuaikan dengan konten yang tampil.

Pengaturan refresh rate yang luas ini memungkinkan realme GT 6 menangani berbagai macam konten dengan animasi mulus tanpa khawatir kehabisan baterai. Bahkan secara teknis, diklaim dapat memperpanjang pemakaian harian setara dengan kapasitas 300mAh.

4. Baterai Tangguh dan Pengisian Daya Cepat

Membahas baterainya, realme GT 6 mempunyai dukungan yang sangat baik. Perangkat tersebut mempunyai kapasitas penyimpanan daya yang cukup besar di mana lebih dari cukup untuk menemani pengguna menjalani rutinitas seharian penuh.

Berdasarkan pemakaian yang dilakukan Tim Gadgetren, realme GT 6 bahkan mempunyai screen on time sampai 4 jam 56 menit untuk pemakaian sehari-hari dari baterai berkapasitas penuh sampai 10 persen.

Saat diuji dengan menggunakan aplikasi PCMark dengan kecerahan layar 50 persen dan refresh rate 120Hz, perangkat tersebut pun tercatat mempunyai skor tinggi di mana sampai 18 jam. Bahkan bisa bertambah menjadi 19 jam 42 menit apabila pengaturan animasinya diturunkan ke 60Hz.

Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6 - 3

Baterai berkapasitas besar normalnya memerlukan durasi pengisian daya yang panjang, tetapi tidak untuk realme GT 6. Perangkat tersebut mampu melakukannya dengan sangat cepat karena sudah mendukung teknologi 120W SUPERVOOC.

Dipadukan dengan pengisi daya GaN (Gallium Nitride), teknologi 120W SUPERVOOC dalam uji coba pemakaian Tim Gadgetren mampu mengisi dari kapasitas 10 persen hingga penuh hanya dalam kurun waktu 30 menit.

5. Bawa AI

Melengkapi berbagai macam perangkat yang sudah meluncur sebelumnya, realme GT 6 kini hadir dengan dukungan AI atau sistem kecerdasan buatan yang dapat membantu pengguna dalam menjalani rutinitas sehari-hari.

Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6 - 5

AI Smart Removal menjadi salah satu dukungan yang ditawarkan. Fitur AI ini dapat memudahkan kita untuk menghapus obyek yang tidak diinginkan di dalam sebuah foto lalu mengisinya dengan komposisi yang sesuai.

Terdapat juga fitur bernama AI Smart Loop. Dukungan ini dapat membantu kita menyeret berbagai konten yang ditampilkan di layar ke aplikasi lain, misalnya untuk membagikan kutipan artikel web ke pesan WhatsApp.

Kita juga dapat menjumpai sebuah fitur bernama AI Screen Recognition. Dukungan ini menawarkan kemampuan untuk mengenali teks atau foto yang ditampilkan di layar sehingga nanti bisa disimpan maupun dibagikan dengan mudah.

Kekurangan realme GT 6

1. Ada Bagian yang Mudah Meninggalkan Sidik Jari

Penutup belakang realme GT 6 terbuat dari material kaca untuk membuatnya terlihat lebih mewah. Mayoritas memang menggunakan sentuhan matte, tetapi sebagian area di dekat modul kamera dibikin sangat mengilap sehingga menyerupai sebuah cermin.

Kelebihan dan Kekurangan realme GT 6 - 5

Bagian ini bisa sangat membantu misalnya untuk mengambil foto selfie dengan menggunakan kamera belakang. Hanya saja berbeda dari sebagian besar bodinya, area gilap ini lebih mudah kotor akibat sidik jari maupun debu.

2. Kemampuan Kamera Ultrawide Kurang Memuaskan

Secara umum, kemampuan kamera utama realme GT 6 sudah sangat tinggi. Sensor Sony LYT-808 50MP yang digunakan oleh perangkat tersebut mampu menghasilkan foto maupun video yang sangat memuaskan.

Sayangnya, keunggulan sektor kamera ini tidak menyeluruh. Beberapa orang yang pernah mencoba realme GT 6 terlihat kurang puas dengan dukungan kamera ultrawide yang dibawanya karena seolah-olah hanya hadir sebagai pelengkap saja.

Kamera ultrawide realme GT 6 memang hanya menggunakan sensor Sony IMX355 dengan resolusi 8MP. Selain belum mendukung OIS (Optical Image Stabilization) dan pengaturan fokusnya tidak dapat diubah-ubah, lensa tambahan ini hanya dapat menghasilkan video 1080p @30fps.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar