ASUS TUF Gaming F15
Berita Smartphone

Hands-On vivo X Fold3 Pro – Smartphone Foldable Tipis yang Bertenaga

vivo X Fold3 Pro

Gadgetren – Pada acara yang bertema vivo Dual Flagships Grand Launch, vivo meluncurkan ponsel flagship terbarunya di Indonesia yang terdiri dari vivo X Fold3 Pro, X100 Pro, dan X100.

Di antara ketiga seri ini, tentunya vivo X Fold3 Pro terlihat menarik karena pasalnya vivo baru meluncurkan ponsel foldable atau layar lipatnya di Indonesia. Tim Gadgetren pun sempat melakukan hands-on pada perangkat foldable tersebut.

Menurut saya, vivo X Fold3 Pro merupakan ponsel foldable dengan ketebalan yang tipis. Perangkat ini memiliki ketebalan 11,2 mm pada saat layar utama terlipat dan menjadi 5,2mm saja pada saat layar utama terbuka.

vivo X Fold3 Pro layar

Perangkat ini pun memiliki berat yang mencapai 236 gram. Pada saat kondisi terlipat, saya merasa bahwa vivo X Fold3 Pro nyaman dioperasikan layaknya ponsel pada umumnya karena mempunyai layar cover dengan dimensi yang terasa proporsional.

Sementara pada saat layarnya terbuka, saya dapat mengoperasikan vivo X Fold3 Pro layaknya sebuah tablet dengan ukuran layar yang besar, namun dengan ketebalan yang terasa sangat tipis.

Lebih lengkapnya, vivo X Fold3 Pro mempunyai layar utama 8,03 inci dengan teknologi LTPO AMOLED, resolusi 2480 x 2200 piksel, refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan puncak 4.500nits, dan 117% NTSC.

vivo X Fold3 Pro layar depan

Sementara itu ada juga layar cover 6,53 inci dengan teknologi LTPO AMOLED, resolusi 2748 x 1172 piksel, refresh rate 120Hz, tingkat kecerahan puncak 4.500 nits, dan 107% NTSC.

Bisa dibilang kedua layarnya mampu menampilkan konten dengan terang dengan terang serta jernih. Berkat tingkat kecerahan puncak yang tinggi, konten masih dapat dilihat pada layar walaupun saya berada di bawah terik matahari sekalipun.

Dengan refresh rate yang tinggi ini, layar dapat menampilkan gerakan transisi antar menu yang halus. Selain itu, sentuhan jari dapat direspon dengan baik oleh kedua layar tersebut sehingga membuat navigasi pada vivo X Fold3 Pro terasa lancar.

vivo X Fold3 Pro sudut

Perangkat ini juga dilengkapi dengan Carbon Fiber Ultra-Durable Hinge yang ringan karena mempunyai berat hanya 14,98 gram saja. Telah disertifikasi oleh TUV Rheinland dimana engsel diklaim tahan hingga 500.000 buka-tutup.

Dengan dukungan engselnya, saat saya membuka layar utama dari kondisi lipat bisa dibilang terasa kokoh dan tidak loyo sama sekali. Dengan begitu, saya pun dapat membuat layar tegak dalam kondisi V hingga benar-benar menjadi lurus sempurna.

Selanjutnya pada saat layar utama terbuka sempurna, saya tidak terlalu melihat lipatan walaupun sudah melakukan buka tutup beberapa kali. Dengan begitu, saya dapat melihat konten secara nyaman dengan area yang luas tanpa terlihat lipatannya.

vivo X Fold3 Pro Lurus

Funtouch OS 14 berbasiskan Android 14 pada ponsel ini menampilkan tampilan antarmuka yang sederhana serta teks dan ikon yang terlihat proporsional sehingga membuat saya nyaman ketika memilih menu maupun menjalankan aplikasi.

Terdapat juga dukungan Armor Glass yang digunakan untuk melindungi dan meminimalisir layar dari ponsel ini. Sertifikasi IPX8 pada ponsel ini membukitkannya telah tahan terhadap air.

Dapur pacu dari vivo X Fold3 Pro dipercayakan pada chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 (4nm) Octa-Core 3,3 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 16 GB dan penyimpanan internal 512 GB.

Berdasarkan pengujian internal vivo, kombinasi dapur pacu ini dapat menghasilkan skor AnTuTu v10 yang mencapai 2,17 jutaan. Saya juga merasa saat mengoperasikan vivo X Fold3 Pro menghasilkan performa yang lancar, terutama ketika membuka aplikasi secara multitasking.

vivo bekerja sama dengan ZEISS dalam mengembangkan kamera vivo X Fold3 Pro agar mampu menghasilkan foto maupun video berkualitas bagus. Adapun tiga kamera belakangnya terdiri dari kamera utama 50 MP, ultrawide 50 MP, dan telefoto periskop 64 MP.

vivo X Fold3 Pro Back

Selain itu, kamera utamanya juga dapat menghasilkan 4K Cinematic Portrait Video dengan hasil yang sinematik. Sementara untuk kamera depan 32 MP terdapat layar utama dan layar cover yang dapat dimanfaatkan untuk foto selfie, video call, maupun Face Unlock.

Dengan baterai 5.700mAh dan teknologi BlueVolt, perangkat ini diklaim mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Berkat hadirnya fitur 100W FlashCharge, pengisian daya baterai mampu berjalan hanya 42 menit dari kondisi 0% ke 100%.

Menurut saya sendiri, vivo X Fold3 Pro merupakan ponsel foldable dengan dimensi tipis yang memiliki performa bertenaga ditambah beragam fitur menarik untuk menunjang aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Bagi kamu yang tertarik dengan produk ini, maka sudah dapat melakukan pre-order pada tanggal 12-20 Juni 2024 melalui kanal online dan offline. Sementara harga resmi vivo X Fold3 Pro mencapai Rp26.999.000 di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar