ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Melacak HP vivo yang Hilang Menggunakan Find My Device

Cara Melacak HP vivo yang Hilang Header

Gadgetren – Untuk bisa melacak ponsel vivo yang hilang, kamu perlu memanfaatkan fitur Find My Device buatan Google yang telah tersedia secara bawaan.

Untuk ponsel vivo terbaru, fitur Find My Device akan aktif secara otomatis. Jadi jangan pernah matikan fitur ini dan pastikan selalu aktif sebagai jaga-jaga karena fungsinya sangat bermanfaat sekali.

Saat ponsel vivo kamu hilang, maka kamu bisa langsung mengunjungi halaman Google Find My Device untuk langsung melacak lokasi terakhir keberadaannya.

Cara Melacak HP vivo yang Hilang

  1. Download aplikasi Google Find My Device dari Google Play Store di ponsel lain.
  2. Atau kunjungi halaman https://www.google.com/android/find.
  3. Selanjutnya, masuk ke akun Google utama yang terpasang di ponsel vivo.
    Handphone vivo Lacak Hilang - Find My Device - 1
  4. Kamu akan dihadapkan pada halaman utama Google Find My Device.
  5. Pada bagian My Devices, pilih perangkat vivo yang akan dilacak.
    Handphone vivo Lacak Hilang - Find My Device - 2
    Handphone vivo Lacak Hilang - Find My Device - Situs - 1
  6. Google Maps akan memperlihatkan keberadaan ponsel vivo yang terakhir terdeteksi.Handphone vivo Lacak Hilang - Find My Device - Situs - 2
    Handphone vivo Lacak Hilang - Find My Device - 3

Perlu dicatat bahwa metode ini hanya dapat bekerja ketika ponsel masih dalam kondisi aktif dan akun Google utama terpasang. Dengan begitu, sebaiknya kamu sesegera mungkin langsung menggunakan Google Find My Device setelah perangkat vivo dirasa hilang.

Apabila ponsel vivo kamu terjatuh atau tidak sengaja hilang di suatu tempat, fitur Find My Device akan sangat membantu untuk menemukannya kembali.

Sayangnya jika sudah diambil orang lain atau pencuri profesional, biasanya perangkat akan dimatikan yang mana Find My Device hanya akan memperlihatkan lokasi terakhir aktif saja.

Di Find My Device tersedia beberapa fungsi seperti Play Sound yang akan membuat perangkat berbunyi dengan volume penuh selama 5 menit agar kamu bisa mengikuti sumber suara jika memang terdengar.

Untuk berjaga-jaga, kamu juga dapat menekan tombol Secure device untuk mengunci ponsel vivo dan menambahkan pesan atau nomor ponsel di layar kunci untuk memudahkan seseorang yang menemukannya untuk mengontak kamu.

Kamu pun bisa menggunakan tombol Factory reset device untuk menghapus data-data yang ada di ponsel vivo dari jarak jauh jika dipastikan tidak akan kembali lagi. Jadi kamu bisa reset perangkat seperti melalui Recovery Mode tanpa perlu memegang ponsel secara langsung.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar