ASUS TUF Gaming F15
Review Aksesoris

Review Maono WM620 – Cocok Untuk yang Senang Live Tiktok / Instagram

Maono WM620

Review Maono WM620
  • Rating
4

Kesimpulan

Maono WM620 adalah mikrofon wireless yang sangat menarik digunakan bagi mereka yang sering melakukan rekaman video menggunakan handphone.

Yang Disukai

  • Ringan
  • Ada fitur noise cancelling
  • Mudah disetel

Yang Tidak Disukai

  • Desain glossy yang mudah kotor

Gadgetren – Sekarang tren membuat konten menggunakan handphone seperti misalnya live TikTok sudah sangat populer. Biasanya ini dilakukan menggunakan kamera handphone yang makin ke sini kualitas rekaman videonya semakin baik.

Nah, tapi untuk merekam suara perlu alat tambahan karena jarak handphone dengan kita biasanya agak jauh. Salah satu solusi yang bisa digunakan adalah menggunakan mikrofon wireless seperti Maono WM620.

Mikrofon wireless yang satu ini unik karena dapat tersambung melalui port USB Type-C yang ditemukan di handphone Android atau iPhone generasi terbaru. Ada juga varian Maono WM620 yang kompatibel dengan lightning port di iPhone generasi lama.

Maono WM620

Maono WM620 terdiri dari dua komponen utama yakni receiver yang tersambung dengan handphone dan transmitter yang bisa dikaitkan di baju host video. Kedua komponen tersebut dibungkus dalam sebuah case yang juga berfungsi untuk mengisi daya baterainya.

Di belakang case ini terdapat port USB Type-C untuk mengisi daya case dan di bagian depan terdapat 4 lampu indikator untuk menandakan seberapa penuh baterai case saat omo.

Case ini dibalut dengan warna hitam glossy yang sayangnya membuat tampilan case jadi mudah kotor oleh sidik jari. Tapi beberapa bagian dari perangkat ini menggunakan finishing matte yang mana sebetulnya terlihat lebih baik.

Maono WM620

Untuk merekam suara dari host video, terdapat dua transmitter di Maono WM620 sehingga alat ini bisa digunakan juga untuk video sejenis interview. Masing-masing transmitter dilengkapi dengan dua mikrofon yang terletak di bagian atas dan bawah.

Di sisi transmitter ini terdapat tombol untuk menghidupkan atau mematikan perangkat, mengaktifkan fitur noise cancelling, mode nyanyi, dan juga mensunyikan suara. Mode nyanyi ini bisa digunakan untuk mengubah rekaman suara agar terdengar lebih berdengung.

Ada 2 level noise cancelling yang didukung oleh Maono WM620. Ini bisa dilakukan melalui sekali pencet tombol noise cancelling untuk mengaktifkan mode Low Noise Cancelling dan dua kali pencet untuk mode High.

Ketika fitur ini aktif, lampu indikator noise cancelling di bagian atas transmitter akan menyala. Namun sayangnya tidak ada perbedaan indikator antara noise cancelling di mode Low ataupun High.

Maono WM620

Lampu indikator ini juga dapat memberikan informasi tentang status baterai perangkat, status fitur noise cancelling dan mode nyanyi, serta apakah transmitternya sudah terkoneksi dengan receiver.

Pada bagian transmitter Maono WM620 terdapat port USB Type-C yang bisa digunakan untuk mengisi daya transmitter secara langsung sedangkan di bagian atasnya terdapat input mikrofon 3,5mm. Dengan begitu transmitter ini bisa dikombinasikan dengan mikrofon kabel jika diperlukan di situasi tertentu.

Ada dua cara untuk memasangkan transmitter ini ke baju kita yaitu menggunakan klip yang ada di belakang transmitter ataupun menggunakan daya magnetik pada klip yang dikombinasikan dengan koin magnet yang tersedia dalam boks Maono WM620.

Maono WM620

Komponen terakhir dari Maono W620 adalah receiver yang bisa disambungkan ke handphone. Receiver ini memiliki tombol untuk mengaktifkan fitur noise cancelling atau mensunyikan suara dari tiap transmitter secara langsung. Selain itu terdapat saklar geser untuk meningkatkan volume rekaman suara dalam 4 level.

Receiver ini juga bisa diisi dayanya secara langsung melalui port USB Type-C dan dapat dimonitor suara hasil rekaman melalui port 3,5mm. Di bagian depan receiver ini terdapat lampu notifikasi untuk menandakan status koneksi dengan tiap transmitter, status rekaman suara, serta status fitur noise cancelling.

Maono WM620

Baik komponen transmitter maupun receiver dari Maono WM620 sangatlah ringan, kamu bakal hampir tidak merasa berat perangkat ini ketika ditempelkan.

Soal kualitas rekaman dari Maono WM620 sendiri terdengar baik. ketika saya pasangkan alat ini di handphone Samsung Galaxy S24 Ultra yang saya miliki, hasil rekaman suara saya terdengar jelas dengan karakteristik suara yang agak berbeda dibandingkan dengan mikrofon bawaan handphone.

Fitur noise cancelling dari Maono WM620 cukup mampu meredam suara sekitar saya dengan baik namun dengan efek samping suara saya jadi terdengar sedikit aneh. Yang menarik entah kenapa noise cancelling di level High suaranya selalu lebih baik dibandingkan di level Low.

Soal ketahanan daya baterainya, Maono menyebut bahwa Maono WM620 dapat digunakan untuk merekam suara hingga 6 jam non stop. Dikombinasikan dengan daya baterai dari case-nya, total waktu perekaman suara bisa hingga 18 jam.

Maono WM620

Secara keseluruhan Maono WM620 adalah mikrofon wireless yang sangat menarik digunakan bagi mereka yang sering melakukan rekaman video menggunakan handphone. Dengan perangkat ini kita jadi tidak perlu direpotkan oleh mikrofon kabel atau terhalang batasan dari jangkauan mikrofon handphone.

Bentuk perangkat ini pun menarik dan ringan sehingga tidak mengganggu suasana perekaman video. Saat ini Maono WM620 dijual dengan harga sekitar Rp900.000 di toko online, memang tidak murah tapi menarik untuk dicoba.

Tentang penulis

Firman Nugraha

Editor-in-Chief Gadgetren yang sudah belasan tahun berpengalaman di dunia teknologi khususnya handphone. Awalnya ia pernah menjadi developer aplikasi Android di Nexian dan kini terjun ke dunia media.

Tinggalkan Komentar