ASUS TUF Gaming F15
Smartphone

8 Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 20 Pro, Ponsel Gaming Terjangkau!

Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 20 Pro - Header

Gadgetren – Beberapa waktu lalu, Infinix menambah lini perangkat menengah buatan mereka dengan sebuah ponsel baru bernama Infinix GT 20 Pro yang kini sudah dapat dibeli di Indonesia.

Mengusung jargon “Gaming Beast HypeAbis”, perangkat tersebut hadir sebagai alternatif pas bagi mereka yang ingin memperoleh pengalaman terbaik saat bermain game seluler. Banderol harganya apalagi lumayan terjangkau.

Jika berencana untuk meminangnya, kita hanya perlu menyiapkan dana mulai dari Rp4.399.000. Harga yang relatif layak apabila kita mau mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari perangkat tersebut.

Kelebihan Infinix GT 20 Pro

1. Dirancang untuk Bermain Game

Mengusung jargon “Gaming Beast HypeAbis”, Infinix GT 20 Pro meluncur sebagai salah satu ponsel yang dirancang khusus untuk bermain game. Kita dapat memilihnya apabila memerlukan perangkat yang mampu menangani berbagai macam aktivitas berat.

Pada bagian mesinnya, perangkat tersebut sudah dilengkapi dengan MediaTek Dimensity 8200 Ultimate. Chipset 4nm berkecepatan hingga 3,1GHz ini memungkinkan kita menjalankan berbagai macam judul game dengan lancar.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh Infinix, chipset ini berhasil mengemas skor AnTuTu hingga 956.550 poin. Meningkat lumayan signifikan jika dibandingkan dengan apa yang mereka gunakan pada perangkat sebelumnya.

Bersama dengan chipset ini, Infinix GT 20 Pro juga sudah membawa RAM berjenis LPDDR5x yang tersedia dalam varian 8GB atau 12GB. Media penyimpanannya pun sudah mengandalkan UFS 3.1 dengan kapasitas hingga 256GB.

Teknologi termal yang digunakan oleh Infinix GT 20 Pro juga terlihat sangat menjanjikan. Perangkat tersebut sudah menggunakan sistem berlapis mulai dari pendingin SoC 360 derajat, lapisan grafit berukuran lebar, hingga vapor chamber yang luas untuk memastikan kinerjanya tetap stabil dalam waktu lama.

2. Bawa Sistem Bebas Bloatware

Untuk memastikan kelancaran saat bermain game, Infinix GT 20 Pro juga menggunakan antarmuka yang dikembangkan secara khusus. Sistem miliknya dibuat tanpa memuat terlalu banyak bloatware yang sering kali tidak terpakai oleh pengguna.

Bernama XOS for GT 14, antarmuka ini diklaim sebagai Clean and Pure OS 2.0. Sistemnya bukan hanya ringan tetapi juga mempunyai dukungan Operational Smoothness Technology untuk memastikan game berjalan mulus dan lancar.

Kelancaran penggunaannya juga dijamin dengan sertifikasi dari TÜV SUD. Infinix GT 20 Pro telah berhasil melewati berbagai macam pengujian yang ketat untuk memastikan bahwa perangkat akan tetap berjalan dengan lancar setelah dua tahun atau 48 bulan pemakaian.

3. Baterai Besar dengan Pengisi Daya Mumpuni

Baterai yang digunakan oleh Infinix GT 20 Pro juga tergolong besar karena sudah berkapasitas 5.000mAh. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan perangkat tersebut untuk bermain game dengan durasi panjang tanpa perlu bergantung kepada pengisian daya.

Kalaupun kehabisan baterai, teknologi pengisian yang didukung oleh Infinix GT 20 Pro juga sangat cepat. Perangkat menengah tersebut mempunyai mode Hyper Charge yang mampu mengisi dengan daya hingga 45W.

Ditambah lagi, perangkat tersebut juga mendukung pengisian dengan mode bypass charging yang akan meneruskan arus langsung ke mesin ketika diaktifkan. Kita dapat memakainya untuk bermain game sambil menggunakan pengisi daya.

4. Layar Beranimasi Tinggi

Seperti kebanyakan ponsel untuk bermain game, Infinix GT 20 Pro juga mempunyai layar beranimasi sangat tinggi. Panel perangkat tersebut bahkan mendukung pengaturan refresh rate hingga 144Hz atau lebih tinggi dibandingkan perangkat dengan label harga serupa.

Dengan pengaturan refresh rate yang tinggi, animasi dari konten-konten game akan ditampilkan dengan lebih mulus. Pergerakan karakter hingga perpindahan adegan dapat terlihat lebih mengalir sehingga terasa lebih nyata.

Yang sangat menarik, layar Infinix GT 20 Pro dilengkapi dengan chip khusus untuk bermain game. Peranti keras ini mendukung Teknologi MEMC (Motion Estimation, Motion Compensation) dan Visual Gaming Enhancement Technology yang mampu meningkatkan kualitas gambar.

Chip ini salah satunya dapat meningkatkan frame rate pada sebuah game sehingga nanti bisa berjalan dengan pengaturan melebihi aslinya. Memungkinkan kita bermain dengan pergerakan animasi yang benar-benar halus.

Selain itu, chip ini juga mampu mengelola sumber daya secara cerdas untuk memastikan game bisa berjalan dengan frame rate yang stabil dalam waktu lama. Jadi tidak akan mengalami penurunan visual meskipun dimainkan secara intensif.

5. Desain Khas Gaming yang Tahan Banting

Mengikuti jejak pendahulunya, Infinix GT 20 Pro juga tampil dengan desain khas ponsel gaming. Penutup belakangnya membawa kesan futuristik dengan ornamen-ornamen yang identik dengan bentuk mecha atau robot.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix GT 20 Pro - Desain

Penutup belakangnya juga dilengkapi dengan mini-LED RGB delapan warna berbentuk huruf C yang disebut dengan Mecha Loop. Kita dapat mengaturnya untuk menampilkan berbagai macam warna dan efek pencahayaan yang menarik.

Di balik kecanggihan desain yang diusungnya, bodi Infinix GT 20 Pro juga mempunyai ketahanan yang lumayan tinggi. Perangkat tersebut salah satunya sudah mendukung fitur tahan percikan air dan debu tersertifikasi IP54.

Kekurangan Infinix GT 20 Pro

1. Pelindung Layar Dipertanyakan

Sayangnya, keunggulan Infinix GT 20 Pro terasa kurang lengkap karena perangkat masih mempunyai beberapa kekurangan. Termasuk di dalamnya mencakup lapisan pelindung layar yang kemampuannya masih perlu dipertanyakan.

Perangkat tersebut belum menggunakan kaca pelindung yang terbukti kemampuannya seperti Corning Gorilla Glass atau Panda Glass. Oleh karena itu untuk memastikan layar perangkat tetap awet, kita perlu membeli lapisan tambahan seperti screen guard, tempered glass, atau hydrogel.

2. Jaminan Pembaruan Standar

Saat banyak manufaktur mulai berlomba-lomba untuk memberikan jaminan pembaruan yang panjang, Infinix GT 20 Pro hanya menjanjikan dukungan yang sangat standar. Jadi kurang cocok jika kita berencana meminangnya untuk pemakaian dengan jangka waktu lama.

Pihak Infinix memastikan bahwa perangkat tersebut hanya akan memperoleh dua kali pembaruan Android dengan pembaruan keamanan hingga selama tiga tahun. Beberapa ponsel di kelasnya padahal sudah ada yang menawarkan sampai lima tahun.

3. Kamera Kalah Lengkap

Karena meluncur sebagai ponsel gaming, Infinix GT 20 Pro tampaknya kurang memperhatikan aspek fotografi. Sistem kamera yang ditawarkannya tergolong kurang lengkap apabila dibandingkan dengan berbagai perangkat di rentang harganya.

Kamera utama Infinix GT 20 Pro memang beresolusi tinggi tetapi hanya menggunakan lensa kedalaman dan makro sebagai tambahan. Lensa ultrawide yang menjadi andalan ponsel dengan harga Rp4 jutaan masih absen dari perangkat tersebut.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar