ASUS TUF Gaming F15
Berita Tablet

Apple Rilis Chip M4 dengan Performa yang Lebih Ngebut

Apple Rilis Chip M4 dengan Performa yang Lebih Ngebut

Gadgetren – Dalam ajang Apple Event yang mengusung tajuk ‘Let Loose’, Apple secara resmi telah memamerkan chip terbarunya yang bernama M4. Chip ini dibuat melalui proses fabrikasi 3nm generasi kedua yang disebut menawarkan efisiensi daya sekaligus performa yang semakin kencang dibandingkan generasi sebelumnya.

Chip M4 dibekali CPU hingga 10 core yang terdiri dari 4 performance core dan 6 efficiency core. Performa CPU M4 diklaim dapat menghadirkan performa hingga 1,5x lebih cepat dibandingkan chip M2.

Sementara GPU-nya memiliki 10 core yang dibangun di atas arsitektur GPU yang telah diperkenalkan pada chip M3. GPU chip ini menawarkan Dynamic Caching, Mesh Shading, dan Ray Tracing yang memungkinkan konten pada layarnya semakin mulus dan hidup.

Melalui Dynamic Caching, GPU M4 memungkinkan mengalokasikan memori lokal secara dinamis dalam perangkat keras dan secara real time untuk meningkatkan pemanfaatan rata-rata GPU sehingga secara signifikan dapat meningkatkan kinerja untuk aplikasi dan game pro yang berat.

Selanjutnya Mesh Shading yang diakselerasi oleh perangkat keras juga terpasang di dalam GPU untuk memberikan kemampuan dan efisiensi yang lebih besar dalam pemrosesan geometri sehingga memungkinkan pemandangan yang lebih kompleks secara visual dalam game dan aplikasi intensif grafis.

Kemudian hadirnya Ray Tracing pada GPU memungkinkan bayangan dan pantulan yang lebih realistis dalam game seperti game Diablo Immortal dan pengalaman grafis yang kaya.

 Apple-M4-Chip-Display-Engine.

Kemudian chip M4 juga mendukung display engine baru yang dapat mengoptimalkan presisi, warna, dan kecerahan yang tinggi melalui Ultra Retina XDR pada iPad Pro dan mendukung refresh rate mulai 10Hz hingga 120Hz.

Selain itu chip M4 dilengkapi Neural Engine dengan 16 core tercepat yang  disebut mampu melakukan hingga 38 triliun operasi per detik yang lebih cepat dari pemrosesan unit PC AI mana pun pada saat ini.

Dengan fitur AI di iPadOS seperti Live Captions untuk teks audio secara langsung dan Visual Look Up yang dapat mengidentifikasi objek di video dan foto, iPad Pro dengan chip M4 memungkinkan menyelesaikan tugas AI dengan cepat dan mudah.

Melalui satu ketukan saja, chip M4 menggunakan Neural Engine dapat dengan mudah mengisolasi subjek dari latar belakang di seluruh video 4K di aplikasi Final Cut Pro.

Disamping memberikan performa mumpuni video, chip M4 mendukung codec video populer seperti H.264, HEVC, dan ProRes, serta juga menghadirkan akselerasi perangkat keras AV1 ke iPad untuk pertama kalinya. Hal ini disebut memungkinkan pengalaman pemutaran video resolusi tinggi yang lebih hemat daya dari layanan streaming.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar